CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kerja keras siswa di SMPN 3 Batanghari melalui enam indikator dari angket kerja keras siswa yaitu Menciptakan kondisi etos kerja, Pantang menyerah, Selalu fokus pada pelajaran, Mengerjakan semua tugas kelas dengan baik dan tepat waktu, Tidak putus asa dalam belajar, Berusaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas dan Menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.. . Metodologi: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah total sampling dengan jumlah sampel untuk pengisian kuesioner sebagai teknik pengambilan total sampling sebanyak 160 siswa di SMPN 3 Batanghari. Instrumen yang digunakan merupakan adopsi dari berbagai penelitian dengan menggunakan enam indikator angket kerja keras siswa.. . Temuan Utama: Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa pada indikator pertama siswa dominan berkategori baik, lalu indikator kedua dominan berkategori baik, kemudian indikator ketiga siswa dominan berkategori baik, selanjutnya indikator keempat siswa dominan berkategori baik dan indikator kelima serta keenam siswa dominan berkategori sangat baik. Sehingga karakter kerja keras siswa di SMPN 3 Batanghari berada pada kategori baik.. . Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan penelitian ini terdapat pada indikator yang digunakan, adapun indikator ini meliputi; Menciptakan kondisi etos kerja, Pantang menyerah, Selalu fokus pada pelajaran, Mengerjakan semua tugas kelas dengan baik dan tepat waktu, Tidak putus asa dalam belajar, Berusaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas dan Menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
Penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPN 3 Batanghari secara konsisten menunjukkan karakter kerja keras yang baik pada enam indikator yang diukur, termasuk etos kerja, fokus, penyelesaian tugas tepat waktu, ketahanan menghadapi kesulitan, serta komitmen belajar.Mayoritas indikator berada pada kategori baik, sementara dua indikator terakhir (menyelesaikan tugas hingga tuntas dan menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja) mencapai kategori sangat baik.Secara keseluruhan, siswa telah berhasil menanamkan karakter kerja keras dalam mata pelajaran IPA.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek atau kolaboratif terhadap peningkatan masing‑masing enam indikator kerja keras pada siswa SMP, sehingga dapat diketahui metode mana yang paling efektif dalam menumbuhkan etos kerja, fokus, dan ketahanan belajar. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang melacak perkembangan karakter kerja keras dari kelas 7 hingga kelas 9 dapat mengidentifikasi pola perubahan serta faktor‑faktor pendukung seperti peran guru dan keterlibatan orang tua dalam menjaga konsistensi nilai kerja keras selama masa transisi remaja. Akhirnya, studi perbandingan antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran daring atau blended learning dalam mata pelajaran IPA dapat mengevaluasi sejauh mana teknologi digital berkontribusi pada motivasi, penyelesaian tugas tepat waktu, dan ketahanan menghadapi kesulitan belajar, memberikan rekomendasi kebijakan bagi sekolah dalam mengintegrasikan media digital untuk memperkuat karakter kerja keras siswa.
- Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. analisis kemampuan berpikir kritis siswa materi... doi.org/10.23971/eds.v5i2.732Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains Matematika analisis kemampuan berpikir kritis siswa materi doi 10 23971 eds v5i2 732
- SCIENCE PROCESS SKILLS AND MOTIVATION | Humanities & Social Sciences Reviews. science process skills... doi.org/10.18510/hssr.2019.756SCIENCE PROCESS SKILLS AND MOTIVATION Humanities Social Sciences Reviews science process skills doi 10 18510 hssr 2019 756
- CHARACTERISTICS OF STUDENTS’ ATTITUDE TO PHYSICS IN MUARO JAMBI HIGH SCHOOL | Humanities... mgesjournals.com/hssr/article/view/hssr.2019.7210CHARACTERISTICS OF STUDENTSyCE ATTITUDE TO PHYSICS IN MUARO JAMBI HIGH SCHOOL Humanities mgesjournals hssr article view hssr 2019 7210
- Motivation, Creativity, and Self-Confidence as Forming Factors of Economic Learning Autonomy | Nafiati... doi.org/10.15294/dp.v12i2.13566Motivation Creativity and Self Confidence as Forming Factors of Economic Learning Autonomy Nafiati doi 10 15294 dp v12i2 13566
- Students’ attitude and motivation in mathematical physics | Jufrida | International Journal of... ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/20253StudentsAo attitude and motivation in mathematical physics Jufrida International Journal of ijere iaescore index php IJERE article view 20253
| File size | 352.26 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 27 mahasiswa dari Program Studi PendidikanPenelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 27 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kolaborasi antara institusi pendidikan dan dunia industri diharapkan dapat meningkatkan relevansi keterampilan peserta dan daya saing mereka. Hasil yangKolaborasi antara institusi pendidikan dan dunia industri diharapkan dapat meningkatkan relevansi keterampilan peserta dan daya saing mereka. Hasil yang
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Data yang diperoleh diproses menggunakan metode analisis data Miles & Huberman melalui tahap pengumpulan, reduksi, analisis, dan penyajian hasil analisis.Data yang diperoleh diproses menggunakan metode analisis data Miles & Huberman melalui tahap pengumpulan, reduksi, analisis, dan penyajian hasil analisis.
CAHAYA ICCAHAYA IC Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap siswa Mts Syifaul Qulub terhadap IPA pada tiga indikator yaitu kesenanganTujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap siswa Mts Syifaul Qulub terhadap IPA pada tiga indikator yaitu kesenangan
Useful /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data diambil dari laporan resmi, literatur akademik, dan analisis strategis, dan dianalisis menggunakanDengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data diambil dari laporan resmi, literatur akademik, dan analisis strategis, dan dianalisis menggunakan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil menunjukkan bahwa pemberdayaan memberikan dampak positif paling signifikanAnalisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil menunjukkan bahwa pemberdayaan memberikan dampak positif paling signifikan
EJGTAEJGTA Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positif terkecil n sehingga graf radial Steiner n dari G lengkap. Dalam kertas ini, angkaAngka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positif terkecil n sehingga graf radial Steiner n dari G lengkap. Dalam kertas ini, angka
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Sifat acara yang menawan, dipadukan dengan elemen interaktif dan rasa komunitas yang dibangunnya, muncul sebagai motivator utama untuk mempertahankan langgananSifat acara yang menawan, dipadukan dengan elemen interaktif dan rasa komunitas yang dibangunnya, muncul sebagai motivator utama untuk mempertahankan langganan