ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi PISA di konteks lokal Papua. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP di salah satu sekolah di Papua. Instrumen utama berupa soal matematika berkonteks lokal yang dikembangkan berdasarkan kerangka PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan utama terjadi pada tahap transformasi, proses keterampilan, dan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab kesalahan meliputi pemahaman soal yang kurang, keterbatasan kemampuan matematis, dan kurangnya kontak dengan soal berbasis konteks. Penelitian ini menyarankan perlunya pengintegrasian konteks lokal dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan literasi matematika siswa.

Siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi PISA berkonteks lokal terutama pada tahap transformasi dan proses keterampilan.Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konteks soal dan keterbatasan kemampuan matematis.Integrasi konteks lokal dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan untuk mendukung pengembangan literasi matematika siswa.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana pengembangan modul matematika berbasis konteks lokal Papua dapat memengaruhi kemampuan bernalar matematis siswa SMP, dengan membandingkan hasil sebelum dan sesudah penerapan modul tersebut. Kedua, penting untuk mengeksplorasi bagaimana faktor budaya dan lingkungan sosial di Papua memengaruhi cara siswa memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika kontekstual, melalui studi etnografi di beberapa wilayah berbeda. Ketiga, perlu dikaji efektivitas pelatihan guru dalam mengembangkan soal matematika berkonteks lokal terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan penurunan tingkat kesalahan siswa, dengan melibatkan guru dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar. Penelitian-penelitian ini dapat melengkapi temuan saat ini dengan memperkuat aspek intervensi, konteks budaya, dan kapasitas pendidik dalam menerapkan pembelajaran matematika yang relevan secara lokal.

  1. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP... doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP doi 10 24127 ajpm v9i4 2685
  2. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1657/1/012035Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1657 1 012035
  3. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/index. analisis kesalahan siswa aritmatika sosial prosedur... doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406e jurnal lppmunsera index php gauss index analisis kesalahan siswa aritmatika sosial prosedur doi 10 30656 gauss v2i1 1406
  4. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman's error... doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newmans error doi 10 21831 pg v15i2 30990
  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #literasi siswa#literasi siswa
File size188.73 KB
Pages4
DMCAReportReport

ads-block-test