ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Bullying merupakan masalah sosial yang sering terjadi di sekolah, yang dapat mempengaruhi kualitas kehidupan dan prestasi akademik siswa. Pencegahan dan penanganan bullying di sekolah diperlukan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi effektivitas strategi pencegahan dan penanganan bullying yang telah diimplementasikan di sejumlah sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan survei terhadap siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencegahan dan penanganan bullying yang efektif mencakup program edukasi untuk siswa, pelatihan untuk guru, dan kerjasama antara sekolah dan orang tua. Namun, terlalu banyaknya metode yang terfokus pada pelaporan dan penegakan hukum juga memiliki efek buruk.

Pencegahan dan penanganan penyimpangan perilaku di sekolah perlu dilakukan secara berkelanjutan.Program edukasi dan pelatihan yang berkelanjutan penting untuk menyebarkan kesadaran di antara para pemain kunci dalam ekosistem pendidikan.Selain itu, evaluasi terus-meneru metode yang berlaku perlu dilakukan demi mengevaluasi kinerja dan meningkatkan efektivitasnya.Penelitian lanjutan juga perlu untuk mengungkapkan dampak jangka panjang dari program pencegahan dan penanganan bullying pada prestasi akademik serta perkembangan sosio-emosional siswa.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari strategi pencegahan dan penanganan bullying terhadap prestasi akademik dan perkembangan emosional siswa. Selain itu, perlu ada studi untuk mempelajari pengaruh kesadaran dan persepsi orang tua pada efektivitas program pencegahan bullying di sekolah. Dalam kesempatan yang sama, penelitian juga bisa memfokuskan pada perbandingan antara berbagai metode pengajaran yang digunakan dalam program pencegahan bullying di sekolah, seperti pembelajaran berbasis masalah yang diajarkan melalui media interaktif. Bagian lain dari saran penelitian lanjutan adalah mengembangkan program edukasi yang lebih holistik dan mengamati dampak langsung dari program tersebut terhadap lingkungan belajar sekelas yang ramah dan mendukung.

  1. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar... doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1409Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL terhadap Hasil Belajar doi 10 51574 kognitif v4i1 1409
File size215.74 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test