RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS

Advanced Journal of STEM EducationAdvanced Journal of STEM Education

Pemahaman sains merupakan komponen penting dari literasi sains, yang merupakan tujuan utama pembelajaran sains. Pemahaman ini dapat meningkatkan literasi sains siswa dan memungkinkan mereka mencapai hasil pembelajaran sains yang berkualitas. Penelitian ini mengeksplorasi pemahaman siswa sekolah dasar terhadap hakikat sains di tiga wilayah: pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap hakikat sains di tiga wilayah berbeda, yang memengaruhi pemahaman siswa terhadap proses sains dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Data dikumpulkan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei, di mana data diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan kepada siswa dalam bentuk Google Forms dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Peserta penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan total 78 siswa, 26 siswa di setiap wilayah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota mencapai hasil yang memuaskan. Siswa merespons cukup baik terhadap setiap pernyataan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa siswa di tiga wilayah tersebut baik dalam memproses pengetahuan dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hakikat sains memainkan peran penting dalam pembelajaran sains dan kehidupan sehari-hari siswa.Hakikat sains adalah elemen penting dalam literasi sains, yang merupakan tujuan utama pembelajaran sains.Namun, hingga saat ini, materi ini belum pernah diajarkan kepada siswa karena tidak termasuk dalam bahan ajar di sekolah.Hakikat sains sangat penting bagi siswa untuk dipahami sebagai aspek yang membentuk dasar pemahaman bagaimana sains bekerja, bagaimana pengetahuan ilmiah diperoleh, dan bagaimana ilmuwan beroperasi dalam masyarakat.Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota hampir sama.Hal ini dapat dilihat dari tidak terlalu besar perbedaan persentase, yang masih berada dalam kategori Baik.Meskipun hakikat sains tidak secara eksplisit termasuk dalam kurikulum, siswa harus memperoleh pemahaman menyeluruh tentang hakikat sains untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran mereka agar tujuan pembelajaran sains dapat dicapai dengan baik.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis konteks sejarah dan investigasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hakikat sains. Selain itu, penelitian dapat mengevaluasi perbedaan signifikansi antara wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota dalam hal akses fasilitas pendidikan dan pengaruhnya terhadap pemahaman siswa. Terakhir, penelitian dapat mengembangkan instrumen pengukuran alternatif untuk meningkatkan akurasi data, seperti wawancara atau observasi langsung, untuk mengatasi keterbatasan kuesioner saat ini.

  1. Understanding of Nature of Science Pre-Service Students and Elementary School Teachers in the Digital... journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/3251Understanding of Nature of Science Pre Service Students and Elementary School Teachers in the Digital journal lppmunindra ac index php Formatif article view 3251
  2. The Effect of Nature of Science (NoS) Explicit Learning Design on Students’ NoS Comprehension... syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/7167The Effect of Nature of Science NoS Explicit Learning Design on StudentsyCE NoS Comprehension syekhnurjati ac jurnal index php ibtida article view 7167
  3. Understanding the Nature of Science for Elementary School Students in Rural, Suburban, and Urban Areas... journals.researchsynergypress.com/index.php/ajosed/article/view/2990Understanding the Nature of Science for Elementary School Students in Rural Suburban and Urban Areas journals researchsynergypress index php ajosed article view 2990
  4. The Nature of Science and the Next Generation Science Standards: Analysis and Critique: Journal of Science... doi.org/10.1007/s10972-016-9474-3The Nature of Science and the Next Generation Science Standards Analysis and Critique Journal of Science doi 10 1007 s10972 016 9474 3
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size385.55 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test