CAHAYA ICCAHAYA IC

Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education Journal

Tujuan Penelitian: Penelitian ini akan melihat sejauh mana video animasi tentang sumber daya alam untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 135/X Bangun Karya, Kec. Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi. Metodologi: Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol non-setara posttest. Penelitian ini berlokasi di sebuah sekolah dasar di Batanghari dengan total 60 siswa. Di kelas eksperimen, ada 30 siswa dan di kelas kontrol, ada 30 siswa. Hasil Temuan: Dengan informasi dan komunikasi teknologi diharapkan anak akan lebih tertarik dan memiliki motivasi yang lebih dalam belajar. Sehingga hasil belajar yang diperoleh akan menjadi maksimal. dapat diketahui jika kelas kontrol memiliki kategori tidak baik dengan persentase 52.1%. Sedangkan untuk kelas eksperimen hasil yang didapat adalah cenderung masuk dalam kategori baik dengan 47.8% atau 11 siswa. Dari hasil diatas dapat disimpulan jika pada kelas kontrol yang menggunakan buku pelajaran konvensional memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas eksperimen yang menggunakan video animasi tentang sumber daya alam. Keterbaruan Penelitian: Melalui pembelajaran yang menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi, maka akan mempermudah siswa untuk belajar. Selain siswa lebih tertarik ada materi yang diajarkan, pembelajarn menggunakan teknologi juga mudah di akses. Pada perkembangan industri 4.0 seperti saat ini, bukan hal tabu untuk mempelajari segala sesuatu melalui teknologi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi tentang sumber daya alam secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan buku pelajaran konvensional.Kelas eksperimen menunjukkan hasil yang sangat positif dalam motivasi belajar siswa karena menggunakan video animasi.Penggunaan teknologi dalam pembelajaran mempermudah siswa untuk belajar dan meningkatkan motivasi mereka.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengeksplorasi penggunaan video animasi dalam berbagai mata pelajaran untuk melihat dampaknya terhadap motivasi belajar siswa di berbagai tingkat pendidikan. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat diintegrasikan dengan metode pengajaran tradisional untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif. Penelitian juga dapat difokuskan pada pengembangan video animasi yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

  1. Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam | Integrated... doi.org/10.37251/isej.v1i1.28Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam Integrated doi 10 37251 isej v1i1 28
  2. The impact of etnocontructivism in social affairs on pedagogic competencies | Syahrial | International... ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/20242The impact of etnocontructivism in social affairs on pedagogic competencies Syahrial International ijere iaescore index php IJERE article view 20242
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #motivasi siswa smk#motivasi siswa smk
File size309.76 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test