CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan Penelitian: Penelitian ini akan melihat sejauh mana video animasi tentang sumber daya alam untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 135/X Bangun Karya, Kec. Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi. Metodologi: Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol non-setara posttest. Penelitian ini berlokasi di sebuah sekolah dasar di Batanghari dengan total 60 siswa. Di kelas eksperimen, ada 30 siswa dan di kelas kontrol, ada 30 siswa. Hasil Temuan: Dengan informasi dan komunikasi teknologi diharapkan anak akan lebih tertarik dan memiliki motivasi yang lebih dalam belajar. Sehingga hasil belajar yang diperoleh akan menjadi maksimal. dapat diketahui jika kelas kontrol memiliki kategori tidak baik dengan persentase 52.1%. Sedangkan untuk kelas eksperimen hasil yang didapat adalah cenderung masuk dalam kategori baik dengan 47.8% atau 11 siswa. Dari hasil diatas dapat disimpulan jika pada kelas kontrol yang menggunakan buku pelajaran konvensional memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas eksperimen yang menggunakan video animasi tentang sumber daya alam. Keterbaruan Penelitian: Melalui pembelajaran yang menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi, maka akan mempermudah siswa untuk belajar. Selain siswa lebih tertarik ada materi yang diajarkan, pembelajarn menggunakan teknologi juga mudah di akses. Pada perkembangan industri 4.0 seperti saat ini, bukan hal tabu untuk mempelajari segala sesuatu melalui teknologi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi tentang sumber daya alam secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan buku pelajaran konvensional.Kelas eksperimen menunjukkan hasil yang sangat positif dalam motivasi belajar siswa karena menggunakan video animasi.Penggunaan teknologi dalam pembelajaran mempermudah siswa untuk belajar dan meningkatkan motivasi mereka.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengeksplorasi penggunaan video animasi dalam berbagai mata pelajaran untuk melihat dampaknya terhadap motivasi belajar siswa di berbagai tingkat pendidikan. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat diintegrasikan dengan metode pengajaran tradisional untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif. Penelitian juga dapat difokuskan pada pengembangan video animasi yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
- Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam | Integrated... doi.org/10.37251/isej.v1i1.28Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam Integrated doi 10 37251 isej v1i1 28
- The impact of etnocontructivism in social affairs on pedagogic competencies | Syahrial | International... ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/20242The impact of etnocontructivism in social affairs on pedagogic competencies Syahrial International ijere iaescore index php IJERE article view 20242
| File size | 309.76 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Pengabdian ini menjadi langkah konkret dalam mendukung kesiapan generasi muda menghadapi tantangan global. Kegiatan pengabdian masyarakat berhasil meningkatkanPengabdian ini menjadi langkah konkret dalam mendukung kesiapan generasi muda menghadapi tantangan global. Kegiatan pengabdian masyarakat berhasil meningkatkan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi
CAHAYA ICCAHAYA IC Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Temuan Utama: Saran yang ditunjukkan dalam studi lain yang serupa dan guru mata pelajaranTeknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Temuan Utama: Saran yang ditunjukkan dalam studi lain yang serupa dan guru mata pelajaran
CAHAYA ICCAHAYA IC Data yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif adalah berupa angka/numerik. Subjek dari penelitian ini adalah 73 siswa-siswi di Mts Syifaul Qulub. HasilData yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif adalah berupa angka/numerik. Subjek dari penelitian ini adalah 73 siswa-siswi di Mts Syifaul Qulub. Hasil
Useful /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Kehadiran pangkalan militer asing menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui sewa dan investasi infrastruktur, tetapi manfaat ini didistribusikanKehadiran pangkalan militer asing menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui sewa dan investasi infrastruktur, tetapi manfaat ini didistribusikan
UMBUMB Hasil menunjukkan bahwa campuran TEG/air menghasilkan peningkatan sekitar 2,0% dalam koefisien perpindahan panas dan penurunan sekitar 1,0% dalam penurunanHasil menunjukkan bahwa campuran TEG/air menghasilkan peningkatan sekitar 2,0% dalam koefisien perpindahan panas dan penurunan sekitar 1,0% dalam penurunan
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kegiatan ini membuktikan pembelajaran bahasa Jepang tidak terbatas pada metode konvensional, namun dapat dikembangkan melalui inovasi digital yang praktis.Kegiatan ini membuktikan pembelajaran bahasa Jepang tidak terbatas pada metode konvensional, namun dapat dikembangkan melalui inovasi digital yang praktis.
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Dengan menjelaskan hubungan-hubungan ini dan lainnya, penelitian kami bertujuan untuk memperbarui keterlibatan dengan fondasi teoretis yang terlupakanDengan menjelaskan hubungan-hubungan ini dan lainnya, penelitian kami bertujuan untuk memperbarui keterlibatan dengan fondasi teoretis yang terlupakan