CAHAYA ICCAHAYA IC

Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education Journal

Tujuan penelitian: Penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMP 22 Kota Jambi pada indikator Lancar dalam mengekspresikan ide secara lisan dan tertulis, Tidak ada masalah ketika dihadapkan dengan masalah, Senang dengan hal-hal yang menantan, Hargai kesempatan itu. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 101 siswa di SMPN 22 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Temuan Utama: Saran yang ditunjukkan dalam studi lain yang serupa dan guru mata pelajaran sains di sekolah menengah pertama diharapkan studi lain dapat menjadi spesifik dalam menggambarkan kreativitas siswa belajar mata pelajaran sains dan yang kedua dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi sebagai persiapan bagi guru sains untuk dapat memahami dan membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas siswa ke kursus dari IPA untuk mencapai hasil yang optimal.

Dari hasil analisis data yang terdapat pada Indikato ini menunjukkan hasil yang cukup baik.Untuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru dapat berperan penting dalam meningkatkannya.Saran yang ditunjukkan dalam penelitian lain yang serupa dan guru mata pelajaran sains di sekolah menengah pertama adalah yang diharapkan studi lain dapat menjadi spesifik dalam menggambarkan kreativitas siswa belajar mata pelajaran IPA dan yang kedua dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi sebagai persiapan bagi guru sains untuk dapat memahami dan membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas siswa ke kursus dari IPA untuk mencapai hasil yang optimal.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis eksperimen terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA, terutama melalui praktek langsung di laboratorium. Selain itu, perlu diidentifikasi faktor-faktor spesifik seperti kondisi sekolah, latar belakang siswa, atau peran orang tua yang memengaruhi kreativitas. Studi lanjut juga disarankan menggabungkan konsep kreativitas dengan pendekatan teknologi digital untuk memotivasi siswa dalam era revolusi industri 4.0.

  1. Motivation, Creativity, and Self-Confidence as Forming Factors of Economic Learning Autonomy | Nafiati... doi.org/10.15294/dp.v12i2.13566Motivation Creativity and Self Confidence as Forming Factors of Economic Learning Autonomy Nafiati doi 10 15294 dp v12i2 13566
  2. Improving Science Attitude and Creative Thinking through Science Education Project: A Design, Implementation... doi.org/10.11114/jets.v3i4.771Improving Science Attitude and Creative Thinking through Science Education Project A Design Implementation doi 10 11114 jets v3i4 771
  3. The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda | Sukasni | International Journal... doi.org/10.5296/ije.v9i3.11705The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda Sukasni International Journal doi 10 5296 ije v9i3 11705
  1. #motivasi siswa smk#motivasi siswa smk
File size312.38 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test