ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaPendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika di dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir dan bertindak siswa berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya sebagai hasil belajar yang meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Motivasi belajar adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo setelah diterapkan pendekatan STEM. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Palopo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil adalah satu kelas yang dipilih secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik, baik analisis statistik deskriptif maupun statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa setelah diterapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan STEM mengalami peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi tinggi. Motivasi belajar siswa meningkat dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.
Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang terlihat dari peningkatan signifikan pada kategori kemampuan berpikir kritis dari sangat rendah menjadi tinggi.Lebih lanjut, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sama, bergerak dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi setelah penerapan pendekatan STEM.Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan merangsang keterlibatan siswa secara aktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara mendalam, dengan fokus pada jenis masalah yang berbeda dan tingkat kesulitan yang bervariasi. Kedua, penting untuk menginvestigasi peran faktor sosial-emosional, seperti kepercayaan diri dan kolaborasi, dalam memediasi hubungan antara pendekatan STEM dan motivasi belajar siswa. Ketiga, penelitian dapat dikembangkan dengan membandingkan efektivitas pendekatan STEM dengan model pembelajaran lain, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran berbasis inkuiri, untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling optimal. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana pendekatan STEM dapat dimanfaatkan secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era industri 4.0.
- Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa | Jurnal Basicedu. pengaruh kompetensi... doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurnal Basicedu pengaruh kompetensi doi 10 31004 basicedu v4i4 522
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- Motivasi Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring | Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika.... etdci.org/journal/kognitif/article/view/416Motivasi Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring Kognitif Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika etdci journal kognitif article view 416
| File size | 401.32 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Peserta penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan total 78 siswa, 26 siswa di setiap wilayah.Peserta penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan total 78 siswa, 26 siswa di setiap wilayah.
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
GOMITGOMIT Penelitian ditujukan kepada 31 siswa kelas X SMA Budi Utomo Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November 2023. Hasil menunjukkan bahwaPenelitian ditujukan kepada 31 siswa kelas X SMA Budi Utomo Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November 2023. Hasil menunjukkan bahwa
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
EJGTAEJGTA Untuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positifUntuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positif
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitianTeknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunyaTemuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan antara aktivitas media sosial dengan keputusan membeli produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektifOleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektif