ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaTujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana miskonsepsi mahasiswa dalam memahami konsep pecahan. Penelitian ini melibatkan dua puluh satu (21) orang mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Instrumen yang kami gunakan berupa soal isian (8 nomor). Dalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya serta memberikan penilaian CRI (0-5) sesuai dengan derajat kepercayaannya saat menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRI mampu mengungkap miskonsepsi yang dilakukan mahasiswa saat menyelesaikan masalah pecahan dengan kategori rendah dengan persentase 44,6%. Profil miskonsepsi mahasiswa pendidikan matematika angkatan pertama, yakni angkatan 2019, sebesar 31,8%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa angkatan pertama tersebut memiliki miskonsepsi tergolong tinggi berdasarkan hasil identifikasi menggunakan teknik CRI, sehingga pemahaman konsep pecahan yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut masih perlu perbaikan. Mungkin hal ini disebabkan oleh pembelajaran pada tingkat sebelumnya (SMA atau sederajat) yang kurang mempertajam konsep tersebut.
Pemahaman mahasiswa terhadap konsep pecahan tergolong tinggi dengan persentase 44,6%.Rata-rata mahasiswa mengalami miskonsepsi sebesar 31,8%, dengan profil miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2019.Hasil identifikasi menggunakan CRI menunjukkan bahwa miskonsepsi ini perlu ditangani karena dapat menghambat penguasaan konsep matematika selanjutnya, yang kemungkinan besar berasal dari pembelajaran sebelumnya di tingkat SMA yang kurang mendalam.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana strategi pembelajaran berbasis visualisasi konkret, seperti penggunaan alat peraga fraksi berbasis konteks budaya lokal, dapat mengubah miskonsepsi mahasiswa tentang pecahan, terutama pada konsep part-whole non-kongruen yang sering salah dipahami. Selain itu, perlu diteliti apakah pelatihan metode CRI bagi guru prajabatan mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan mengoreksi miskonsepsi sejak dini, sehingga dapat mencegah penyebaran kesalahan konseptual dari tingkat sekolah menengah ke perguruan tinggi. Terakhir, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melacak perkembangan pemahaman mahasiswa dari masa SMA hingga perguruan tinggi, guna memahami bagaimana dan kapan miskonsepsi pecahan terbentuk, serta bagaimana intervensi pembelajaran yang tepat di setiap tahap dapat memperbaiki dasar pemahaman mereka secara berkelanjutan.
- Profil Miskonsepsi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Pecahan dengan menggunakan Certainty of Response Index... etdci.org/journal/kognitif/article/view/440Profil Miskonsepsi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Pecahan dengan menggunakan Certainty of Response Index etdci journal kognitif article view 440
- Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Persamaan Garis Lurus Di Era Pandemi COVID-19 | Kognitif:... doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.86Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Persamaan Garis Lurus Di Era Pandemi COVID 19 Kognitif doi 10 51574 kognitif v1i2 86
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012038Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1572 1 012038
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/0031-9120/34/5/304Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 0031 9120 34 5 304
| File size | 307.7 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ETDCIETDCI Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) produk e-LKPD untuk materi dan media dikategorikan sangat valid; (2) siswa memberikan respon sangat baik;Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) produk e-LKPD untuk materi dan media dikategorikan sangat valid; (2) siswa memberikan respon sangat baik;
ETDCIETDCI Berpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirianBerpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian
ETDCIETDCI Secara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematikaSecara keseluruhan, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
ETDCIETDCI Karena model pembelajaran ini menuntut siswa secara mandiri dalam bereksplorasi mengumpulkan informasi, menelaah informasi dan menyimpulkan informasi gunaKarena model pembelajaran ini menuntut siswa secara mandiri dalam bereksplorasi mengumpulkan informasi, menelaah informasi dan menyimpulkan informasi guna
Useful /
PNBPNB Saran yang dapat diberikan adalah memberikan informasi yang lebih jelas mengenai lokasi di setiap bagian Front Office seperti lobi dan villa. KualitasSaran yang dapat diberikan adalah memberikan informasi yang lebih jelas mengenai lokasi di setiap bagian Front Office seperti lobi dan villa. Kualitas
UMMUMM Dari sudut pandang Al Farabi tentang konsep negara ideal, tanggung jawab untuk memenuhi kriteria utama negara ditentukan oleh pemimpin dan dukungan kerjaDari sudut pandang Al Farabi tentang konsep negara ideal, tanggung jawab untuk memenuhi kriteria utama negara ditentukan oleh pemimpin dan dukungan kerja
UNIDAUNIDA Banyak studi ilmiah menyatakan bahwa susu hewani tidak dapat digantikan oleh PBMA dari segi nutrisi. Namun, tidak semua konsumen menyadari hal ini. OlehBanyak studi ilmiah menyatakan bahwa susu hewani tidak dapat digantikan oleh PBMA dari segi nutrisi. Namun, tidak semua konsumen menyadari hal ini. Oleh
UNIDAUNIDA angulata sebagai aktivator SOD1 alami menggunakan pendekatan docking molekul in silico. Empat puluh sembilan ligan yang diambil dari konstituen aktif P.angulata sebagai aktivator SOD1 alami menggunakan pendekatan docking molekul in silico. Empat puluh sembilan ligan yang diambil dari konstituen aktif P.