ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaSalah satu permasalahan yang dihadapi guru pada materi persamaan lingkaran adalah belum adanya bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan-kegiatan terstruktur seperti Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD persamaan lingkaran berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kami menggunakan instrumen lembar validasi, respon peserta didik, observasi, wawancara, dan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) produk e-LKPD untuk materi dan media dikategorikan sangat valid; (2) siswa memberikan respon sangat baik; (3) e-LKPD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian juga menyarankan bahwa ditemukan beberapa kendala saat menggunakan aplikasi tersebut, sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.Pertama, pengembangan e-LKPD melibatkan analisis kurikulum dan materi.Dari hasil penelitian, e-LKPD dikategorikan valid berdasarkan penilaian ahli dan memenuhi kriteria efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat didukung oleh beberapa fitur pada aplikasi e-LKPD, meskipun masih terdapat beberapa kendala berkaitan implementasinya.
Untuk penelitian lanjutan, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam tentang dampak penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning pada materi matematika lain selain persamaan lingkaran. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi bagaimana e-LKPD dapat dioptimalkan untuk digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran, termasuk pembelajaran daring dan tatap muka. Selain itu, penelitian juga dapat mengevaluasi efektivitas e-LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tingkat sekolah yang berbeda, seperti SMA atau perguruan tinggi. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang manfaat dan keterbatasan penggunaan e-LKPD berbasis Guided Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
- Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
- Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning | Jurnal Riset... doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning Jurnal Riset doi 10 21831 jrpm v6i1 21396
| File size | 782.69 KB |
| Pages | 18 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program kegiatan yang dilakukan mahasiswa antara lain: Asistensi guru dalam proses belajar mengajar; Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)Program kegiatan yang dilakukan mahasiswa antara lain: Asistensi guru dalam proses belajar mengajar; Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)
IPBIPB Penerapan model ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih aktif dan kritis. Disarankan kepada guru untuk menerapkan modelPenerapan model ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih aktif dan kritis. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model
UNDIKSHAUNDIKSHA Oleh karena itu, PBL efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. PBL secara signifikan meningkatkanOleh karena itu, PBL efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. PBL secara signifikan meningkatkan
ETDCIETDCI Pelaksanaan pembelajaran di SMP Krida Utama meliputi tiga tahapan. Namun, pengajaran belum efektif karena kendala guru dan siswa yang mempengaruhi hasilPelaksanaan pembelajaran di SMP Krida Utama meliputi tiga tahapan. Namun, pengajaran belum efektif karena kendala guru dan siswa yang mempengaruhi hasil
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui kuliah kerja amaliah (KKA) dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menangani permasalahan masyarakat pesisir DesaPemberdayaan masyarakat pesisir melalui kuliah kerja amaliah (KKA) dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menangani permasalahan masyarakat pesisir Desa
IPBIPB Tingkat keberlanjutan di wilayah pesisir, perbukitan, dan dataran masing‑masing sebesar 53,16 %, 55,44 %, dan 56,94 %. Nilai ≥ 50 % menunjukkanTingkat keberlanjutan di wilayah pesisir, perbukitan, dan dataran masing‑masing sebesar 53,16 %, 55,44 %, dan 56,94 %. Nilai ≥ 50 % menunjukkan
MARANATHAMARANATHA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien dengan presbikusis di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presbikusis lebihPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien dengan presbikusis di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presbikusis lebih
UNILAUNILA Pemberian ektomikoriza dan Bio-Nature 50 dengan konsentrasi 0,1 % dapat meningkatkan pertumbuhan damar mata kucing. Pemberian Bio-Nature 50 dengan konsentrasiPemberian ektomikoriza dan Bio-Nature 50 dengan konsentrasi 0,1 % dapat meningkatkan pertumbuhan damar mata kucing. Pemberian Bio-Nature 50 dengan konsentrasi