PNBPNB

International Journal of Green Tourism Research and ApplicationsInternational Journal of Green Tourism Research and Applications

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan serta upaya yang dilakukan oleh departemen Front Office di Alila Villas Uluwatu dalam menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan departemen Front Office di Alila Villas Uluwatu tergolong baik dan optimal. Kualitas pelayanan dinilai berdasarkan lima variabel, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki persentase ulasan positif yang lebih tinggi dibandingkan ulasan negatif. Saran yang dapat diberikan adalah memberikan informasi yang lebih jelas mengenai lokasi di setiap bagian Front Office seperti lobi dan villa.

Kualitas pelayanan departemen Front Office di Alila Villas Uluwatu berdasarkan lima variabel yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy menunjukkan persentase ulasan positif yang lebih tinggi daripada ulasan negatif, dengan variabel tangible sebagai yang paling dominan.Variabel tangible memiliki indikator kebersihan yang paling berpengaruh terhadap ulasan positif, namun juga memiliki indikator lokasi strategis yang menjadi faktor dominan dalam ulasan negatif karena minimnya informasi lokasi.Upaya yang dilakukan departemen Front Office untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan meliputi kegiatan pembersihan rutin, layanan buggy, pemindahan tamu ke villa yang lebih dekat ke lobi, pelatihan staf, serta penanganan keluhan secara cepat dan profesional.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang efektivitas layanan buggy dalam mengatasi keluhan terkait lokasi villa yang kurang strategis, dengan fokus pada kepuasan tamu jangka panjang dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Kedua, penting untuk mengeksplorasi bagaimana pelatihan berkelanjutan terhadap staf Front Office memengaruhi dimensi responsiveness dan assurance, termasuk frekuensi dan jenis pelatihan yang paling efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan secara konsisten. Ketiga, perlu dikaji lebih dalam tentang sistem komunikasi informasi lokasi kepada tamu sejak awal check-in, termasuk penggunaan media digital atau peta interaktif, untuk mengurangi kesalahpahaman dan meningkatkan pengalaman tamu secara proaktif, terutama bagi tamu yang tinggal di villa jauh dari pusat fasilitas. Penelitian-penelitian ini dapat membantu hotel serupa mengembangkan strategi pelayanan yang lebih responsif dan personal tanpa hanya mengandalkan perbaikan reaktif pasca keluhan.

  1. Pengembangan Pantai Dreamland Sebagai Daerah Tujuan Wisata | JURNAL DESTINASI PARIWISATA. pengembangan... ojs.unud.ac.id/index.php/destinasipar/article/view/46226Pengembangan Pantai Dreamland Sebagai Daerah Tujuan Wisata JURNAL DESTINASI PARIWISATA pengembangan ojs unud ac index php destinasipar article view 46226
  2. Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok | Rahman... ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/5620Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok Rahman ejournal bsi ac ejurnal index php khasanah article view 5620
  3. Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok | Rahman... doi.org/10.31294/khi.v10i1.5620Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok Rahman doi 10 31294 khi v10i1 5620
  4. Analysis of service quality by front office department at Alila Villas Uluwatu | International Journal... doi.org/10.31940/ijogtra.v3i1.2072Analysis of service quality by front office department at Alila Villas Uluwatu International Journal doi 10 31940 ijogtra v3i1 2072
File size173.9 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test