UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja algoritma K-Means dan K-Medoids dalam mengelompokkan data penyebaran Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pengujian terhadap 34 provinsi dengan variabel jumlah kasus, tingkat kesembuhan, dan angka kematian. Hasil menunjukkan bahwa K-Medoids menghasilkan kelompok yang lebih stabil dengan nilai silhouette coefficient 0,72, sedangkan K-Means mencapai 0,65. K-Medoids juga lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means. Kesimpulannya, K-Medoids lebih cocok digunakan untuk data yang mengandung noise atau outlier, namun membutuhkan waktu komputasi lebih lama. Studi ini memberikan kontribusi dalam memilih algoritma yang tepat untuk analisis spasial penyebaran penyakit menular.

K-Medoids unggul dalam membentuk kelompok data Covid-19 yang lebih stabil.Algoritma ini lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means.Namun, keunggulan ini dibayar dengan waktu komputasi yang lebih lama.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan keunggulan K-Medoids dalam menangani outlier, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menguji apakah algoritma ini juga efektif untuk data penyakit menular lainnya seperti dengue atau tifus? Selain itu, bagaimana jika kita menggabungkan kedua algoritma tersebut menjadi hibrida K-Means-K-Medoids untuk meningkatkan akurasi clustering tanpa meningkatkan beban komputasi secara signifikan? Terakhir, apakah pendekatan K-Medoids dapat diterapkan pada data spasial dengan resolusi yang lebih tinggi seperti tingkat kabupaten/kota untuk mendeteksi klaster lokal dengan lebih presisi?.

  1. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA... doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA doi 10 22219 jinop v5i1 7785
  2. Jurnal Pendidikan Indonesia. learning development analyzing poetry building element sparkol videoscribe... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.28251Jurnal Pendidikan Indonesia learning development analyzing poetry building element sparkol videoscribe doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 28251
  3. Development of Sparkol Vedio Scribe Assisted Learning Media | Nurrohmah | Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan... doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613Development of Sparkol Vedio Scribe Assisted Learning Media Nurrohmah Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan doi 10 30998 formatif v8i3 2613
  4. Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments | Hartini | Jurnal... doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments Hartini Jurnal doi 10 15294 jpii v6i2 10102
File size218.41 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test