STITPEMALANGSTITPEMALANG
MadaniyahMadaniyahUsia dini merupakan masa emas (golden age) bagi anak-anak, karena pada usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental yang luar biasa. Masa ini juga merupakan periode pembentukan watak, kepribadian, dan karakter yang utama. Oleh karena itu, penting memberikan pendidikan agama sejak dini. Penanaman nilai-nilai agama sejak usia dini bertujuan untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terhadap ciptaan Allah tentang alam dan seisinya. Selanjutnya, anak diperkenalkan dengan ibadah, terutama salat, wudu, dan membaca doa sehari-hari. Selain itu, juga diajarkan pembiasaan-pembiasaan bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak usia dini, terutama dalam penyampaian materi dan pemilihan metode.Materi aqidah dikenalkan melalui ciptaan Allah, sedangkan ibadah dan akhlak dibentuk melalui pembiasaan, seperti salat berjamaah dan menghormati orang tua.Metode yang bervariasi, seperti bercerita, karyawisata, pembiasaan, dan bermain sambil belajar, diperlukan agar pembelajaran tidak monoton dan mendukung perkembangan optimal anak, serta evaluasi dilakukan setiap pertemuan untuk memantau kemajuan belajar.
Pertama, perlu diteliti bagaimana efektivitas metode bermain sambil belajar dalam meningkatkan pemahaman konsep aqidah pada anak usia dini di berbagai lingkungan sosial, seperti daerah perkotaan dan pedesaan. Kedua, penting mengkaji pengaruh karyawisata ke tempat-tempat religius, seperti masjid atau situs sejarah Islam, terhadap pembentukan kebiasaan ibadah pada anak usia dini secara jangka panjang. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian tentang kombinasi metode pembiasaan dan keteladanan orang tua dalam membentuk akhlak mulia, termasuk bagaimana konsistensi pendidik dan orang tua memengaruhi internalisasi nilai-nilai agama pada anak. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan dalam artikel yang menekankan pentingnya pendekatan terstruktur, namun belum menguji efektivitas perbandingan metode secara empiris dalam konteks berbeda. Dengan memahami dinamika metode dan lingkungan, hasil penelitian dapat memberikan panduan lebih konkret bagi pendidik dan orang tua dalam mengoptimalkan pembelajaran Agama Islam. Selain itu, pendekatan kualitatif mendalam terhadap pengalaman anak dalam aktivitas keagamaan sehari-hari juga bisa membuka wawasan baru tentang cara anak memaknai ajaran agama. Penelitian lanjutan sebaiknya tidak hanya fokus pada hasil belajar, tetapi juga pada proses internalisasi nilai dan faktor-faktor pendukungnya. Dengan demikian, intervensi pendidikan dapat dirancang lebih tepat sasaran dan berkelanjutan. Temuan dari penelitian semacam ini juga dapat menjadi dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam yang lebih adaptif dan relevan. Akhirnya, kolaborasi antara lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat perlu diteliti lebih lanjut sebagai ekosistem pendidikan agama bagi anak usia dini.
| File size | 116.26 KB |
| Pages | 16 |
| Short Link | https://juris.id/p-1py |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
STITPEMALANGSTITPEMALANG Hal ini diungkapkan oleh H. A. Mukti Ali yang menjelaskan bahwa penelitian agama selama ini tidak menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. SehinggaHal ini diungkapkan oleh H. A. Mukti Ali yang menjelaskan bahwa penelitian agama selama ini tidak menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. Sehingga
INSTITUTHIDAYATULLAHBATAMINSTITUTHIDAYATULLAHBATAM Hal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karenaHal ini terlihat karena guru hanya memperhatikan siswa yang pandai saja. Pelaksanaannya dalam pembelajaran PAI belum terlaksana secara maksimal, karena
UMKUMK Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajarHal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar
SHARIAJOURNALS UINJAMBISHARIAJOURNALS UINJAMBI Semakin banyak anggota keluarga, semakin banyak pula pendapat yang muncul. Keluarga berfungsi sebagai tempat perlindungan, cinta, dan berbagi kesedihan.Semakin banyak anggota keluarga, semakin banyak pula pendapat yang muncul. Keluarga berfungsi sebagai tempat perlindungan, cinta, dan berbagi kesedihan.
UMJAMBIUMJAMBI Tabungan sangat dibutuhkan mahasiswa, tidak hanya mereka yang datang dari dalam kota tetapi juga dari luar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiTabungan sangat dibutuhkan mahasiswa, tidak hanya mereka yang datang dari dalam kota tetapi juga dari luar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
STITPEMALANGSTITPEMALANG Keberhasilan pendidikan Islam dinilai dari transfer ilmu, nilai, dan keterampilan kepada peserta didik. Namun, problematika seperti materi yang padat namunKeberhasilan pendidikan Islam dinilai dari transfer ilmu, nilai, dan keterampilan kepada peserta didik. Namun, problematika seperti materi yang padat namun
STITPEMALANGSTITPEMALANG Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas inovasi dalam proses pembelajaran melalui multimedia untuk memperbaiki kualitas prestasi hasil belajar siswa.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membahas inovasi dalam proses pembelajaran melalui multimedia untuk memperbaiki kualitas prestasi hasil belajar siswa.
STITPEMALANGSTITPEMALANG Metode penemuan terbimbing (Guided discovery) dipilih dalam penelitian ini dengan pertimbangan metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarMetode penemuan terbimbing (Guided discovery) dipilih dalam penelitian ini dengan pertimbangan metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
Useful /
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Selain itu, terdapat kesenjangan signifikan antara nilai rapor internal yang rata‑rata 87,19 dengan hasil British Council EnglishScore yang berada padaSelain itu, terdapat kesenjangan signifikan antara nilai rapor internal yang rata‑rata 87,19 dengan hasil British Council EnglishScore yang berada pada
UMKUMK Jenis metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Adapun teknik pengumpulan datanyaJenis metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Adapun teknik pengumpulan datanya
UAJMUAJM Praktik HRM untuk bisnis kecil diklaim kurang diterapkan dibandingkan bisnis besar. Dengan survei untuk mengumpulkan data, 36 pemilik atau manajer usahaPraktik HRM untuk bisnis kecil diklaim kurang diterapkan dibandingkan bisnis besar. Dengan survei untuk mengumpulkan data, 36 pemilik atau manajer usaha
INABJINABJ LATAR BELAKANG: Rata-rata usia harapan hidup manusia terus meningkat, hingga 20 tahun ke depan jumlah persentase manusia yang berusia lebih dari 65 tahunLATAR BELAKANG: Rata-rata usia harapan hidup manusia terus meningkat, hingga 20 tahun ke depan jumlah persentase manusia yang berusia lebih dari 65 tahun