RIAURIAU

IPTEKIN Jurnal Kebijakan Pembangunan dan InovasiIPTEKIN Jurnal Kebijakan Pembangunan dan Inovasi

Pengembangan sumberdaya manusia untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan daerah dapat dilakukan melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Sedangkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan pola integrasi ke dalam mata pelajaran seni budaya, muatan lokal, dan mata pelajaran sain teknologi terkait. Kata kunci : kompetensi, pendidikan, unggulan daerah, kelapa.

Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa.Strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan pola integrasi ke dalam mata pelajaran seni budaya, muatan lokal, dan mata pelajaran sain teknologi terkait.Pengembangan kurikulum dilakukan melalui pembentukan tim pengembang kurikulum (Silabus, Rencana operasional Pembelajaraan, Pelaksanaan Instrumen Penilaian, Bahan Ajar, dan Media Pembelajaran) sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Untuk melanjutkan penelitian ini, salah satu arah studi yang menarik adalah mengeksplorasi bagaimana implementasi kurikulum terintegrasi di SMK berbasis kelapa memengaruhi tingkat kesiapan lulusan dalam industri pengolahan kelapa, apakah melalui survei longitudinal terhadap alumni atau analisis dampak terhadap produktivitas petani setempat. Selain itu, penelitian baru bisa mempertanyakan efektivitas model integrasi mata pelajaran tersebut dibandingkan dengan sekolah di daerah lain yang menggunakan pendekatan berbeda, sehingga bisa menghasilkan rekomendasi adaptasi yang lebih luas. Kemudian, penting juga untuk mengkaji potensi pengembangan program kecakapan tambahan seperti pemasaran digital produk olahan kelapa bagi siswa SMK, dengan fokus pada studi kasus di Indragiri Hilir untuk melihat bagaimana inovasi ini dapat meningkatkan daya saing regional dalam rantai pasok global. Penelitian lanjutan semacam ini tidak hanya mengembangkan temuan sebelumnya tentang strategi pengembangan sekolah berbasis lokal, tetapi juga mengintegrasikan aspek ekonomi digital yang belum dijelajahi, memberikan wawasan baru tentang pembelajaran vokasional yang berkelanjutan. Melalui pertanyaan penelitian seperti Seberapa besar kontribusi kurikulum terintegrasi terhadap inovasi wirausaha siswa di bidang kelapa?, atau Bagaimana perbandingan hasil belajar antara pendidikan berbasis lokal konvensional dan model integratif?, para peneliti bisa mengembangkan kerangka kerja yang lebih komprehensif. Ini akan membantu dalam menyusun bahan ajar baru yang lebih relevan dengan kebutuhan industri, sekaligus mempertimbangkan saran pembentukan tim kurikulum yang lebih inklusif untuk melibatkan stakeholder lokal. Dengan pendekatan ini, penelitian dapat menghasilkan output yang siap pakai untuk kebijakan pendidikan, mendorong keterhubungan antara sekolah dan dunia kerja secara lebih efektif. Penelitian tentang potensi skala kecil seperti pengolahan lidi kelapa juga bisa diperluas menjadi studi banding internasional, mengungkap peluang ekspor dan tantangan regulasi. (248 kata).

  1. #kab indragiri hilir#kab indragiri hilir
Read online
File size346.23 KB
Pages12
Short Linkhttps://juris.id/p-1oJ
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test