LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA

Jurnal LiterasiologiJurnal Literasiologi

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan kemampuan anak mengenal angka 1-10 melalui media kartu angka bergambar di TK Islam Fatmawati. Subjek 21 anak kelompok B semester II 2018/2019. Data kuantitatif diperoleh dari tes formatif setiap siklus, kualitatif dari observasi. Hasil: sebelum tindakan 76,19% belum mengenal angka; setelah siklus I dan II 0% belum mengenal, 85,71% sudai mengenal angka. Media kartu angka efektif meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak usia dini.

Penggunaan media kartu angka bergambar meningkatkan kemampuan mengenal angka anak TK Kelompok B TK Islam Fatmawati dari 9,52% menjadi 90,45% mahir.Keberhasilan dipengaruhi metode guru yang menyenangkan, alat peraga mencukupi, dan latihan berulang.Media ini layak diadopsi untuk memperkenalkan konsep bilangan secara visual dan konkret.

Bagaimana pengaruh media kartu angka digital berbasis augmented reality terhadap motivasi dan hasil belajar mengenal angka anak TK di daerah pedesaan? Apakah pendampingan orang tua melalui kegiatan kartu angka di rumah dapat mempercepat penguasaan bilangan 1-20 anak yang berkembang lambat? Studi lintas sekolah dapat membandingkan efektivitas kartu angka bewarna berbeda terhadap anak visual, auditori, dan kinestetik untuk menentukan desain terbaik.

  1. #anak usia#anak usia
  2. #alat data#alat data
Read online
File size224.82 KB
Pages15
Short Linkhttps://juris.id/p-1nh
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test