IAISAMBASIAISAMBAS

Jurnal Ilmiah EdukatifJurnal Ilmiah Edukatif

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin.Hal ini dapat diketahui dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I dan siklus II.Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada siklus I dengan kriteria kurang aktif dan pada siklus II dengan kriteria sangat aktif.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran Group Investigation dapat diterapkan di tingkat pendidikan lainnya, seperti di sekolah menengah, untuk melihat apakah hasilnya konsisten dalam meningkatkan aktivitas belajar. Selain itu, penelitian lebih lanjut bisa mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model ini di kelas, sehingga strategi penanganan bisa dirumuskan. Pertanyaan penelitian lainnya yang menarik untuk diteliti adalah bagaimana perbandingan efisiensi antara model pembelajaran Group Investigation dan metode pembelajaran lain dalam konteks pembelajaran IPS.

  1. #agama islam#agama islam
  2. #materi ajar bipa#materi ajar bipa
Read online
File size570.22 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1n2
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test