ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Kelas percepatan telah menjadi program penting di sekolah untuk siswa berbakat. Penelitian ini menganalisis perbedaan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler, serta menggambarkan prospek dan masalah kelas percepatan di Indonesia. Analisis dilakukan melalui tiga paradigma—psikologi, kurikulum, dan ekonomi—untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan keberadaan kelas percepatan, serta implikasinya bagi kebutuhan siswa berbakat di Indonesia.

Kurikulum sebagai sistem terencana memungkinkan implementasi program kelas percepatan yang mempercepat proses belajar siswa, khususnya siswa berbakat, sehingga meningkatkan pencapaian mereka.Analisis cost‑effectiveness menunjukkan adanya perbedaan signifikan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler.Oleh karena itu, Indonesia sebaiknya memperluas penerapan kelas percepatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan meskipun terdapat beberapa tantangan.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang kelas percepatan terhadap prestasi akademik dan kesejahteraan sosial emosional siswa, dengan desain studi longitudinal yang melacak perkembangan siswa selama beberapa tahun. Selain itu, diperlukan studi komparatif antara berbagai model percepatan, seperti grade‑skipping, kurikulum compacting, dan pembelajaran berbasis proyek, untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan pencapaian belajar. Selanjutnya, analisis biaya‑manfaat yang lebih rinci pada program percepatan di berbagai wilayah Indonesia dapat membantu pembuat kebijakan dalam alokasi sumber daya, memastikan bahwa program tersebut berkelanjutan dan memberikan nilai tambah yang optimal bagi sistem pendidikan nasional.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
Read online
File size737.35 KB
Pages9
Short Linkhttps://juris.id/p-1mb
DMCAReport

Related /

ads-block-test