STIM LPISTIM LPI

Jurnal Online Manajemen ELPEIJurnal Online Manajemen ELPEI

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Kab. Mamasa, 2) untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Kab. Mamasa, 3) untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh kedisiplinan dan kompetensi terhadap kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Kab. Mamasa. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan angket. Sampel guru sebanyak 70 responden. Pengolahan data terdiri atas analisis deskripsi, analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

Kedisiplinan dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru secara terpisah maupun bersama.Hasil uji statistik menunjukkan kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan pada tingkat 5%, sehingga hipotesis penelitian diterima.Kedisiplinan serta kompetensi yang baik dapat meningkatkan kualitas kerja guru dalam mencapai tujuan pendidikan.

Penelitian selanjutnya dapat memperluas studi ke daerah lain untuk membandingkan pengaruh kedisiplinan dan kompetensi terhadap kinerja guru di lingkungan pendidikan berbeda. Selain itu, perlu diteliti interaksi antara kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kedisiplinan dan kompetensi dalam memengaruhi kinerja guru. Studi lanjutan juga disarankan menguji pengaruh faktor eksternal seperti fasilitas dan dukungan administratif terhadap peningkatan kinerja guru di madrasah.

Read online
File size479.76 KB
Pages12
Short Linkhttps://juris.id/p-1kf
DMCAReport

Related /

ads-block-test