IAIN SUIAIN SU
MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu KeislamanMIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu KeislamanKebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional juga menegaskan urgensi penanaman karakter oleh pendidik terhadap peserta didik, sehingga para pendidik pun dituntut memiliki karakter yang telah ditetapkan. Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadap karya Imam al‑Nawawî, ditemukan bahwa seorang pendidik Muslim dituntut memiliki etika yang harus dipahami dan diamalkan dalam proses pembelajaran, meliputi etika pendidik dari aspek kepribadian, etika pendidik dari aspek kegiatan ilmiah, dan etika pendidik dari aspek penyampaian pembelajaran. Artikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.
Berdasarkan kajian terdahulu, peradaban Islam memiliki khazanah karya akademik yang kaya, termasuk etika akademik yang telah dikembangkan oleh ulama, seperti Imam al‑Nawawî.Imam al‑Nawawî menekankan bahwa seorang pendidik harus memperhatikan etika personal, etika akademik dalam kegiatan ilmiah, dan etika dalam mengajar.Kasusnya menunjukkan pentingnya adab‑adab dalam semua aktivitas pendidik, yang perlu diteliti lebih lanjut.
Meneliti penerapan prinsip etika pendidik Imam al‑Nawawî dalam kurikulum dosen pendidikan tinggi di Indonesia. Mengukur pengaruh pelatihan etika berbasis teks klasik terhadap motivasi dan kualitas pengajaran guru muda. Membandingkan model etika pendidik Islam dengan standar etika pendidikan sekuler di beberapa negara. Menyelidiki persepsi peserta didik tentang keautentikan etika pendidik ketika nilai karakter diprioritaskan. Meneliti dampak integrasi nilai kepribadian dan keilmuan pada perkembangan kognitif dan moral siswa. Menilai efektivitas program mentoring antar pendidik yang mencontohkan adab al‑Nawawî. Menganalisis hubungan antara etika pengajaran dan retensi pengetahuan di kelas. Mengembangkan alat penilaian etika pendidik berbasis komparatif antara sumber klasik dan praktik modern. Mengkaji persepsi orang tua terhadap integrasi etika Islam dalam pendidikan dasar. Menerapkan model interaktif e‑learning untuk memfasilitasi pemahaman etika pendidik di kalangan pelajar.
| File size | 187.91 KB |
| Pages | 20 |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilaluiAgar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
STAIMUNSTAIMUN Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti kurangnya pemahaman siswa, keterbatasan fasilitas, dan perlunya penguatan dukunganMeskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti kurangnya pemahaman siswa, keterbatasan fasilitas, dan perlunya penguatan dukungan
UINSATUUINSATU Secara sistemik, pendidikan telah memiliki fondasi yang kuat dengan kurikulum, infrastruktur, dan aspek-aspek lain yang memadai. Proses pembelajaran diSecara sistemik, pendidikan telah memiliki fondasi yang kuat dengan kurikulum, infrastruktur, dan aspek-aspek lain yang memadai. Proses pembelajaran di
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara anak sebelum, proses, dan sesudah menggunakan media pop-up book pada setiap siklus diTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara anak sebelum, proses, dan sesudah menggunakan media pop-up book pada setiap siklus di
STTAASTTAA Alkitab, sebagai firman Tuhan yang diilhamkan oleh Roh Kudus, tidak hanya akurat dalam hal doktrin dan etika, tetapi juga dalam sejarah dan sains. PenulisAlkitab, sebagai firman Tuhan yang diilhamkan oleh Roh Kudus, tidak hanya akurat dalam hal doktrin dan etika, tetapi juga dalam sejarah dan sains. Penulis
STTAASTTAA Di sisi lain, model sekolah telah menjadi saluran berkat bagi banyak orang, di mana guru, murid, dan orangtua dapat mengenal Yesus Kristus sebagai JuruselamatDi sisi lain, model sekolah telah menjadi saluran berkat bagi banyak orang, di mana guru, murid, dan orangtua dapat mengenal Yesus Kristus sebagai Juruselamat
IAIN SUIAIN SU Namun kemudian berkembang merambah kepada seluruh aspek kehidupan dunia manusia, dan juga masuk ke dalam berbagai pemikiran para filsuf dan kaum intelektualNamun kemudian berkembang merambah kepada seluruh aspek kehidupan dunia manusia, dan juga masuk ke dalam berbagai pemikiran para filsuf dan kaum intelektual
IAIN SUIAIN SU Dapat disimpulkan bahwa pengembangan kompetensi guru pendidikan agama Islam di wilayah Kota Lhokseumawe di antaranya adalah pengembangan kompetensi profesionalismeDapat disimpulkan bahwa pengembangan kompetensi guru pendidikan agama Islam di wilayah Kota Lhokseumawe di antaranya adalah pengembangan kompetensi profesionalisme
Useful /
JBE UPIYPTKJBE UPIYPTK Penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, sedangkan struktur modal, pergantian CEO,Penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, sedangkan struktur modal, pergantian CEO,
LENTERANUSALENTERANUSA Kesimpulannya, mengintegrasikan pendidikan Blockchain ke dalam kurikulum pendidikan tinggi adalah penting untuk mempersiapkan generasi masa depan menghadapiKesimpulannya, mengintegrasikan pendidikan Blockchain ke dalam kurikulum pendidikan tinggi adalah penting untuk mempersiapkan generasi masa depan menghadapi
LENTERANUSALENTERANUSA Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kesadaran awal tentang pentingnya perencanaan karir, namun memerlukan lebih banyak informasiHasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kesadaran awal tentang pentingnya perencanaan karir, namun memerlukan lebih banyak informasi
STTAASTTAA Pemimpin gereja perlu memahami proses perubahan, membedakan antara yang mutlak dan relatif dalam Alkitab, dan memfokuskan pada panggilan Tuhan yang utama.Pemimpin gereja perlu memahami proses perubahan, membedakan antara yang mutlak dan relatif dalam Alkitab, dan memfokuskan pada panggilan Tuhan yang utama.