IAIN SUIAIN SU

MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu KeislamanMIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional juga menegaskan urgensi penanaman karakter oleh pendidik terhadap peserta didik, sehingga para pendidik pun dituntut memiliki karakter yang telah ditetapkan. Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadap karya Imam al‑Nawawî, ditemukan bahwa seorang pendidik Muslim dituntut memiliki etika yang harus dipahami dan diamalkan dalam proses pembelajaran, meliputi etika pendidik dari aspek kepribadian, etika pendidik dari aspek kegiatan ilmiah, dan etika pendidik dari aspek penyampaian pembelajaran. Artikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Berdasarkan kajian terdahulu, peradaban Islam memiliki khazanah karya akademik yang kaya, termasuk etika akademik yang telah dikembangkan oleh ulama, seperti Imam al‑Nawawî.Imam al‑Nawawî menekankan bahwa seorang pendidik harus memperhatikan etika personal, etika akademik dalam kegiatan ilmiah, dan etika dalam mengajar.Kasusnya menunjukkan pentingnya adab‑adab dalam semua aktivitas pendidik, yang perlu diteliti lebih lanjut.

Meneliti penerapan prinsip etika pendidik Imam al‑Nawawî dalam kurikulum dosen pendidikan tinggi di Indonesia. Mengukur pengaruh pelatihan etika berbasis teks klasik terhadap motivasi dan kualitas pengajaran guru muda. Membandingkan model etika pendidik Islam dengan standar etika pendidikan sekuler di beberapa negara. Menyelidiki persepsi peserta didik tentang keautentikan etika pendidik ketika nilai karakter diprioritaskan. Meneliti dampak integrasi nilai kepribadian dan keilmuan pada perkembangan kognitif dan moral siswa. Menilai efektivitas program mentoring antar pendidik yang mencontohkan adab al‑Nawawî. Menganalisis hubungan antara etika pengajaran dan retensi pengetahuan di kelas. Mengembangkan alat penilaian etika pendidik berbasis komparatif antara sumber klasik dan praktik modern. Mengkaji persepsi orang tua terhadap integrasi etika Islam dalam pendidikan dasar. Menerapkan model interaktif e‑learning untuk memfasilitasi pemahaman etika pendidik di kalangan pelajar.

  1. #berpikir kebenaran pendidikan islam#berpikir kebenaran pendidikan islam
  2. #integrasi nilai islam#integrasi nilai islam
Read online
File size187.91 KB
Pages20
DMCAReport

Related /

ads-block-test