POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT

Kalao’s Maritime JournalKalao’s Maritime Journal

Pemerintah Indonesia membuka perwakilan pemerintahan dalam bidang transportasi melalui Atase Perhubungan di KBRI Singapura yang memberikan pelayanan publik bersertifikat ISO 9001:2008. Penerapan manajemen mutu pada pelayanan publik yang telah bersertifikat ISO 9001:2008 Atase Perhubungan di Singapura perlu dievaluasi untuk mengetahui tingkat pelayanan yang diberikan yang berkaitan dengan kinerja staf fungsi perhubungan dalam upaya untuk mencapai sasaran mutu dan hambatan yang timbul dari penerapan sistem manajemen mutu merupakan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data primer dari sumber lisan berupa narasumber dari Atase Perhubungan, asisten Atase Perhubungan dan pelaut Indonesia yang menggunakan pelayanan administrasi di Atase Perhubungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pemasalahan dalam penerapan sistem manajemen mutu yakni peningkatan jumlah pelayanan namun belum menjamin kepuasan pelanggan karena masih terdapat kesalahan pengerjaan dokumen karena terbatasnya staf dan terbatasnya waktu pengerjaan serta hambatan lain yang timbul selama penerapan sistem manajemen mutu.

Penelitian menunjukkan peningkatan kinerja staf, namun tidak menjamin kepuasan pelanggan.Hambatan utama berupa kesalahan dokumen, staf tidak memadai, koordinasi terbatas, dan kurangnya pengetahuan pengguna.Upaya seperti sistem komputerisasi, pemberdayaan kadet, kerja sama dengan agen, dan peningkatan staf operasional diperlukan untuk memperbaiki mutu pelayanan.

Penelitian selanjutnya dapat membahas pengembangan program pelatihan intensif bagi staf operasional, sehingga menurunkan tingkat kesalahan dokumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian dapat menilai efektivitas kerja sama dengan agen perizinan kapal yacht dengan pendekatan kuantitatif, untuk memahami dampak kolaborasi terhadap waktu proses dan kepuasan pelaut. Selanjutnya, dirancang sistem informasi layanan digital berbasis web yang memfasilitasi pengajuan dan pelacakan dokumen secara real‑time, sehingga mengurangi beban kerja manual dan mengoptimalkan alur kerja di Atase Perhubungan. Saran‑saran ini mengadopsi temuan penelitian sebelumnya dan bertujuan memperkuat implementasi gerbang mutu serta mengidentifikasi titik-titik perbaikan yang dapat didukung oleh teknologi dan sumber daya manusia.

  1. #manajemen mutu#manajemen mutu
  2. #sistem manajemen mutu#sistem manajemen mutu
Read online
File size1.38 MB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test