STAINUPASTAINUPA

Jurnal Pengabdian MasyarakatJurnal Pengabdian Masyarakat

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan semakin penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya di lembaga pendidikan Islam seperti MTs Maarif Al-bajuri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menggunakan teknologi AI untuk perencanaan pembelajaran Islami yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan era digital. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain program pendampingan, yang melibatkan pelatihan intensif, simulasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru MTs Maarif Al-bajuri yang dipilih berdasarkan kriteria pengalaman mengajar dan keterbukaan terhadap teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti program pendampingan, terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman guru tentang konsep dasar AI, keterampilan mengintegrasikan aplikasi AI ke dalam perencanaan pembelajaran, serta kemampuan menyusun materi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islami dengan bantuan teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, baik dari segi teknis maupun pemahaman integratif terhadap penerapan AI dalam pendidikan Islam.

Program pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan AI di pendidikan Islam, baik secara teknis maupun integratif.Peningkatan ini terlihat dari pemahaman konsep dasar AI, keterampilan integrasi aplikasi AI dalam perencanaan pembelajaran, dan kemampuan menyusun materi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islami dengan bantuan teknologi.Oleh karena itu, program ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut dan diperluas ke lembaga pendidikan Islam lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan model pembelajaran Islami yang terintegrasi dengan AI secara komprehensif, termasuk evaluasi efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Kedua, studi mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi AI oleh guru di lembaga pendidikan Islam, seperti tingkat kepercayaan diri, dukungan infrastruktur, dan kebijakan sekolah, perlu dilakukan untuk mengidentifikasi strategi yang lebih efektif dalam mendorong pemanfaatan teknologi ini. Ketiga, penelitian tentang potensi AI dalam personalisasi pembelajaran Islami, misalnya dengan mengembangkan sistem rekomendasi konten pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing siswa, dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di era digital. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, serta memberikan rekomendasi praktis bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan dan program yang mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran.

  1. Analisis Data Human Resources Untuk Pengambilan Keputusan: Penggunaan Analisis Data Dan Artificial Intelligence... doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2161Analisis Data Human Resources Untuk Pengambilan Keputusan Penggunaan Analisis Data Dan Artificial Intelligence doi 10 55606 makreju v1i4 2161
  2. UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN [TEACHER'S EFFORTS... doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN TEACHERS EFFORTS doi 10 19166 johme v3i2 2332
  3. Peran Artificial Intelligence dalam Rekrutmen dan Seleksi: Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi dalam MSDM... doi.org/10.56709/stj.v3i1.320Peran Artificial Intelligence dalam Rekrutmen dan Seleksi Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi dalam MSDM doi 10 56709 stj v3i1 320
  1. #kompetensi guru tahfidz#kompetensi guru tahfidz
  2. #kompetensi guru pai#kompetensi guru pai
Read online
File size176.55 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test