STAINUPASTAINUPA
Jurnal Pengabdian MasyarakatJurnal Pengabdian MasyarakatPemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan semakin penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya di lembaga pendidikan Islam seperti MTs Maarif Al-bajuri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menggunakan teknologi AI untuk perencanaan pembelajaran Islami yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan era digital. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain program pendampingan, yang melibatkan pelatihan intensif, simulasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru MTs Maarif Al-bajuri yang dipilih berdasarkan kriteria pengalaman mengajar dan keterbukaan terhadap teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti program pendampingan, terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman guru tentang konsep dasar AI, keterampilan mengintegrasikan aplikasi AI ke dalam perencanaan pembelajaran, serta kemampuan menyusun materi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islami dengan bantuan teknologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, baik dari segi teknis maupun pemahaman integratif terhadap penerapan AI dalam pendidikan Islam.
Program pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan AI di pendidikan Islam, baik secara teknis maupun integratif.Peningkatan ini terlihat dari pemahaman konsep dasar AI, keterampilan integrasi aplikasi AI dalam perencanaan pembelajaran, dan kemampuan menyusun materi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islami dengan bantuan teknologi.Oleh karena itu, program ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut dan diperluas ke lembaga pendidikan Islam lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan model pembelajaran Islami yang terintegrasi dengan AI secara komprehensif, termasuk evaluasi efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Kedua, studi mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi AI oleh guru di lembaga pendidikan Islam, seperti tingkat kepercayaan diri, dukungan infrastruktur, dan kebijakan sekolah, perlu dilakukan untuk mengidentifikasi strategi yang lebih efektif dalam mendorong pemanfaatan teknologi ini. Ketiga, penelitian tentang potensi AI dalam personalisasi pembelajaran Islami, misalnya dengan mengembangkan sistem rekomendasi konten pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing siswa, dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di era digital. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, serta memberikan rekomendasi praktis bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan dan program yang mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran.
- Analisis Data Human Resources Untuk Pengambilan Keputusan: Penggunaan Analisis Data Dan Artificial Intelligence... doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2161Analisis Data Human Resources Untuk Pengambilan Keputusan Penggunaan Analisis Data Dan Artificial Intelligence doi 10 55606 makreju v1i4 2161
- UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN [TEACHER'S EFFORTS... doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN TEACHERS EFFORTS doi 10 19166 johme v3i2 2332
- Peran Artificial Intelligence dalam Rekrutmen dan Seleksi: Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi dalam MSDM... doi.org/10.56709/stj.v3i1.320Peran Artificial Intelligence dalam Rekrutmen dan Seleksi Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi dalam MSDM doi 10 56709 stj v3i1 320
| File size | 176.55 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
Yogya UMBYogya UMB Selama proses konseling, terlihat peningkatan pemahaman kondisi anak saat ini dan bagaimana mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar sesuai dengan kekhawatiranSelama proses konseling, terlihat peningkatan pemahaman kondisi anak saat ini dan bagaimana mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar sesuai dengan kekhawatiran
STAIMUNSTAIMUN Metode kuantitatif dengan survei digunakan untuk menilai sejauh mana penerapan manajemen kinerja serta upaya pengembangan profesional guru dapat meningkatkanMetode kuantitatif dengan survei digunakan untuk menilai sejauh mana penerapan manajemen kinerja serta upaya pengembangan profesional guru dapat meningkatkan
STAIMUNSTAIMUN Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat daya saing institusi pendidikanTemuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat daya saing institusi pendidikan
ST3BST3B Pembahasan mencakup peran Roh Kudus dalam dunia dan keluarga, penguatan yang diberikan kepada yang lemah, dan pemberian kebijaksanaan. Selain itu, artikelPembahasan mencakup peran Roh Kudus dalam dunia dan keluarga, penguatan yang diberikan kepada yang lemah, dan pemberian kebijaksanaan. Selain itu, artikel
STAINUMADIUNSTAINUMADIUN Badan usaha, baik itu swasta maupun negeri, belum banyak yang membuka diri untuk menerima penyandang disabilitas. Seperti yang diatur dalam UU Nomor 8Badan usaha, baik itu swasta maupun negeri, belum banyak yang membuka diri untuk menerima penyandang disabilitas. Seperti yang diatur dalam UU Nomor 8
STAINUMADIUNSTAINUMADIUN Adapaun peran lembaga zakat ini dalam mensejahterakan mustahik masih dalam kategori pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan spiritual. Sedangkan pemenuhaanAdapaun peran lembaga zakat ini dalam mensejahterakan mustahik masih dalam kategori pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan spiritual. Sedangkan pemenuhaan
IAIN SUIAIN SU Metode yang digunakan adalah metode tematik (maudhûi), yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang profesionalitas guru. Selanjutnya, untukMetode yang digunakan adalah metode tematik (maudhûi), yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang profesionalitas guru. Selanjutnya, untuk
IAIN SUIAIN SU Langkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukanLangkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukan
Useful /
IAIN SUIAIN SU Metode analisis yang digunakan adalah dengan melakukan kristalisasi terhadap beberapa permasalahan pokok, sehingga didapati permasalahan yang paling mendasar.Metode analisis yang digunakan adalah dengan melakukan kristalisasi terhadap beberapa permasalahan pokok, sehingga didapati permasalahan yang paling mendasar.
JOURNALSTKIPPGRISITUBONDOJOURNALSTKIPPGRISITUBONDO Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, termasuk membangkitkan minat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihatBerbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, termasuk membangkitkan minat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
IAIN SUIAIN SU Artikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. BerdasarkanArtikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Berdasarkan
IAIN SUIAIN SU Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi perbankan syariah mencerminkan dimensi kebijakan dasar sebagai respons terhadap perkembangan industri perbankanHasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi perbankan syariah mencerminkan dimensi kebijakan dasar sebagai respons terhadap perkembangan industri perbankan