STAIMTASTAIMTA
EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal)EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal)Pendidikan Islam adalah proses transformatif kesadaran yang berlangsung secara berkelanjutan. Oleh karena itu, tugas dan fungsi pendidikan Islam adalah pendidikan sepanjang hayat yang peka terhadap kebutuhan masyarakat. Konsep ini berarti bahwa tugas dan fungsi pendidikan Islam berfokus pada peserta didik yang berkembang secara dinamis, dari kandungan hingga kematian, mencakup prestasi dan moralitas. Artikel ini menganalisis fungsi-fungsi pendidikan Islam yang berfokus pada pengembangan peserta didik. Tujuan analisis ini adalah untuk meningkatkan kesadaran transformatif, karena hal ini akan membawa bangsa menuju masa depan yang lebih baik.
Pendidikan Islam bertujuan untuk transformasi kesadaran manusia melalui peningkatan, pembinaan, perbaikan, dan penyempurnaan kualitas.Pendidikan ini mencakup transfer pengetahuan teoritis dan pembelajaran berkelanjutan melalui pengembangan fungsi pendengaran, penglihatan, dan hati.Tujuannya adalah menghasilkan manusia muslim yang cerdas secara intelektual, terpuji secara moral, dan cakap secara sosial, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam yang lebih adaptif terhadap perubahan sosial dan teknologi. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang efektivitas pendekatan humanis dalam pendidikan Islam untuk meningkatkan kesadaran moral peserta didik. Terakhir, penelitian tentang integrasi pendidikan Islam dengan kebutuhan masyarakat modern dapat menjadi arah studi yang menjanjikan untuk meningkatkan relevansi pendidikan Islam di era globalisasi.
| File size | 218.03 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIMUNSTAIMUN Implementasi nilai-nilai Islam melalui kebijakan sekolah, pembiasaan keagamaan, dan integrasi dalam pembelajaran menciptakan lingkungan pendidikan yangImplementasi nilai-nilai Islam melalui kebijakan sekolah, pembiasaan keagamaan, dan integrasi dalam pembelajaran menciptakan lingkungan pendidikan yang
UINSATUUINSATU Artikel ini mencoba membingkai kembali signifikansi pendidikan dalam proses pencapaian zaman keemasan Islam dan menekankan tentang pentingnya pendidikanArtikel ini mencoba membingkai kembali signifikansi pendidikan dalam proses pencapaian zaman keemasan Islam dan menekankan tentang pentingnya pendidikan
STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI Pendekatan ini meliputi empat level pendekatan, yaitu pendekatan kontributif, pendekatan aditif, pendekatan transformatif, dan pendekatan aksi sosial.Pendekatan ini meliputi empat level pendekatan, yaitu pendekatan kontributif, pendekatan aditif, pendekatan transformatif, dan pendekatan aksi sosial.
IFRELIFREL Dengan menanamkan nilai Islam dalam model tata kelola, organisasi masyarakat sipil dapat melayani komunitas lebih baik sambil mempertahankan prinsip demokratis,Dengan menanamkan nilai Islam dalam model tata kelola, organisasi masyarakat sipil dapat melayani komunitas lebih baik sambil mempertahankan prinsip demokratis,
ITENASITENAS 82/2001, meskipun pada beberapa periode musim kemarau nilai tersebut melampaui standar. Konsentrasi Pb berfluktuasi antara musim kemarau dan hujan serta 82/2001, meskipun pada beberapa periode musim kemarau nilai tersebut melampaui standar. Konsentrasi Pb berfluktuasi antara musim kemarau dan hujan serta
IAIN SUIAIN SU Artikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadapArtikel ini mengkaji tinjauan fukaha terhadap etika pendidik dalam Islam, khususnya melalui ulasan Imam al‑Nawawî. Berdasarkan analisis isi terhadap
IAIN SUIAIN SU Artikel ini merupakan kajian kepustakaan yang mengkaji pandangan Islam tentang konsep pendidikan kesehatan lingkungan hidup. Ditemukan bahwa meskipun duniaArtikel ini merupakan kajian kepustakaan yang mengkaji pandangan Islam tentang konsep pendidikan kesehatan lingkungan hidup. Ditemukan bahwa meskipun dunia
IAIN SUIAIN SU Kedudukan nilai-nilai agama bahkan tidak boleh berbenturan dengan nilai-nilai hak asasi manusia, dan nilai keagamaan sejajar susunannya dengan nilai-nilaiKedudukan nilai-nilai agama bahkan tidak boleh berbenturan dengan nilai-nilai hak asasi manusia, dan nilai keagamaan sejajar susunannya dengan nilai-nilai
Useful /
STISIPOLRAJAHAJISTISIPOLRAJAHAJI Pertanyaan penelitian dan hal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi Perppu Nomor 2 Tahun 2022 dan membahas mengenaiPertanyaan penelitian dan hal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi Perppu Nomor 2 Tahun 2022 dan membahas mengenai
STTAASTTAA Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,
ITENASITENAS Munculnya makanan cepat saji dan polusi udara mendatangkan kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas, antioksidan menjadi semakinMunculnya makanan cepat saji dan polusi udara mendatangkan kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas, antioksidan menjadi semakin
ITENASITENAS Pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penambahan tulang penguat pada sudu turbin angin sumbu vertikal telah menambah kekakuan sudu secara signifikanPengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penambahan tulang penguat pada sudu turbin angin sumbu vertikal telah menambah kekakuan sudu secara signifikan