STIEALWASHLIYAHSIBOLGASTIEALWASHLIYAHSIBOLGA

JURNAL EKONOMI & SAINSTEKJURNAL EKONOMI & SAINSTEK

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah Kualitas Produk dan Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasaan Pembeli pada CV. Bintang Terang Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pembeli Pada CV. Bintang Terang Kabupaten Tapanuli Tengah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Bintang Terang Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 75 (tujuh puluh lima) orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data dari tempat tertentu yang alamiah dan penelitian melakukan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran dokumentasi kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi dengan persamaan Y = 25,828 0,189X1 0,206X2, dapat dijelaskan konstanta sebesar 25,828 artinya apabila kualitas produk (variabel X1) dan harga (variabel X2) = 0, maka kepuasan pembeli variabel Y = 25,828 dan apabila kualitas produk (variabel X1) dan harga (variabel X2) = 1, maka kepuasan pembeli (variabel Y) = 26,223. Dari uji F (Simultan) atau Ftest, maka diperoleh Fhitung 3,855 > Ftabel 3,124. Oleh karena itu Fhitung 3,855 > Ftabel 3,124, artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pembeli. Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pembeli pada CV. Bintang Terang Tapanuli Tengah. Maka hasil dari uji F, Hipotesa yang penulis teliti dari penelitian ini dapat dinyatakan Diterima. Hasil Penelitian ini menunjukkan: Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pembeli; Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pembeli; Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pembeli.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki korelasi positif namun rendah terhadap kepuasan pembeli di CV.Bintang Terang Kabupaten Tapanuli Tengah, dengan persamaan regresi Y = 25,828 0,189X1 0,206X2 menunjukkan peningkatan kepuasan dengan pertambahan nilai variabel.Secara parsial, kualitas produk berpengaruh signifikan, sedangkan harga tidak signifikan, namun secara simultan keduanya berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 9,7 persen terhadap kepuasan pembeli.

Untuk memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pembeli, penelitian lanjutan dapat diarahkan pada pertanyaan penelitian baru seperti apakah lokasi strategis toko memoderasi hubungan antara kualitas produk dan kepuasan pembeli, mengingat penelitian ini mengungkapkan bahwa CV. Bintang Terang tergolong jauh dari pemukiman masyarakat. Selain itu, bisa dikembangkan kajian tentang peran promosi dalam meningkatkan persepsi harga terhadap kepuasan pembeli, terutama karena hasil uji t menunjukkan harga tidak berpengaruh signifikan secara parsial, sehingga studi banding dengan skala yang lebih besar dapat menguji apakah dinamika pasar Sembako memainkan peran utama. Penelitian lebih lanjut juga dapat mempertimbangkan dimensi pelayanan seperti keandalan dan empati, sebagaimana disebutkan dalam landasan teori, untuk mengembangkan model baru yang mengintegrasikan variabel-variabel tersebut dengan kualitas produk dan harga, guna mencapai determinasi yang lebih tinggi terhadap kepuasan pembeli. Ide ini bertujuan untuk mengisi kekurangan kontribusi hanya 9,7 persen dari variabel utama, sehingga penelitian masa depan dapat fokus pada interaksi antara variabel lingkungan dan perilaku konsumen di daerah Tapanuli Tengah. Dengan demikian, penelitian lanjutan seperti ini akan membantu CV. Bintang Terang dalam strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan daya saing di tengah persaingan usaha sembako yang ketat. Adapun saran lain adalah melakukan analisis komparatif dengan perusahaan serupa di zona geografis yang berbeda untuk melihat generalisasi temuan, sambil mempertimbangkan faktor eksternal seperti kondisi ekonomi lokal pasca pandemi. Selanjutnya, pengintegrasian data kualitatif dari wawancara mendalam dengan konsumen dapat melengkapi hasil kuantitatif ini, memberikan wawasan lebih dalam tentang alasan kepuasan atau ketidakpuasan, yang tidak sepenuhnya tercakup dalam analisis regresi saat ini. Ide penelitian ini juga dapat diperluas dengan metode mixed method untuk menguji hipotesis baru tentang bagaimana perubahan harga musiman memengaruhi kualitas produk yang dirasakan di pasar tradisional. (316 kata).

  1. #variabel x#variabel x
  2. #hasil analisis produksi#hasil analisis produksi
Read online
File size667.79 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test