STIE AASSTIE AAS

International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR)International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi produk, harga, dan promosi penjualan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Mitsubishi di Surakarta baik secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Hasil uji t menunjukkan bahwa variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Hasil uji F diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau sig. = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi produk, harga, dan promosi memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. 3) Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,840 0,294X1 0,291X2 0,371X3. 4) Koefisien determinasi dari keputusan pembelian sebesar 68,6% ditentukan oleh variasi produk, harga, dan promosi, sedangkan sisanya sebesar 31,4% (100% - 68,6%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Uji F menunjukkan bahwa variasi produk, harga, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Mitsubishi di Surakarta.Variasi produk, harga, dan promosi masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 68,6% varians keputusan pembelian dijelaskan oleh variasi produk, harga, dan promosi, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Pertimbangkan penelitian lanjutan yang mengeksplorasi apakah variasi produk, harga, dan promosi masih relevan dalam konteks konsumen di Surakarta dengan mempertimbangkan perubahan teknologi kendaraan listrik, dengan fokus pada studi komparatif antara mobil Mitsubishi dan merek saingan lainnya untuk melihat apakah faktor-faktor tersebut memiliki intensitas berbeda. Selain itu, ide penelitian baru bisa melibatkan investigasi tentang dampak budaya lokal Surakarta terhadap preferensi konsumen, seperti bagaimana nilai-nilai sosial atau norma tradisional memodulasi pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil. Penelitian tambahan dapat dilakukan untuk menguji model baru termasuk variabel moderator seperti pendapatan konsumen atau kepuasan pasca-pembelian, dengan harapan memberikan wawasan lebih dalam tentang mengapa 31,4% varians keputusan tidak dijelaskan oleh studi ini. Ide lain adalah mengembangkan penelitian longitudinal yang memantau perubahan keputusan konsumen selama beberapa tahun, khususnya bagaimana fluktuasi ekonomi nasional memengaruhi efektivitas promosi penjualan dan penetapan harga mobil Mitsubishi di Surakarta.

  1. #hasil analisis produksi#hasil analisis produksi
Read online
File size550.44 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test