OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerDengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, media pembelajaran kini memegang peranan penting dalam mendukung proses pendidikan. Hal ini mendorong para pendidik untuk memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang terus berkembang sebagai sarana bantu dalam penyampaian materi, sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih optimal. Perubahan teknologi memberikan pengaruh besar dalam ranah pendidikan, khususnya pada aspek proses pembelajaran. Saat ini, media audio visual, teknologi, dan sumber daya digital menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menguraikan betapa pentingnya penggunaan media tersebut dalam meningkatkan proses dan hasil belajar pada semua tingkat pendidikan. Jika dibandingkan, hasil belajar melalui indera penglihatan dan pendengaran menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sekitar 75% informasi diperoleh melalui penglihatan, sementara hanya 13% melalui pendengaran, dan sisanya 12% melalui indera lainnya. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media audio visual, teknologi, dan sumber daya digital memberikan kontribusi besar terhadap tercapainya pembelajaran yang efektif. Di samping mempermudah siswa dalam memahami materi ajar, hal ini juga mendorong guru untuk lebih kreatif dalam merancang penyampaian materi, menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik, dan menentukan media yang sesuai serta optimal.
Media audio visual merupakan sarana bantu dalam kegiatan pembelajaran yang berfungsi menyampaikan informasi kepada siswa melalui penglihatan dan pendengaran, dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman materi serta mencapai hasil belajar yang maksimal.Pemanfaatan media dalam pembelajaran meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, memperkuat daya ingat siswa, meningkatkan pemahaman, serta menciptakan suasana yang lebih menarik dan interaktif.Media dan teknologi kini menjadi bagian penting dalam pendidikan di era digital, meskipun penggunaannya perlu mempertimbangkan berbagai aspek penting agar pembelajaran tetap efektif.
Pertama, perlu diteliti bagaimana efektivitas kombinasi media audio visual dan sumber daya digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, untuk melihat apakah teknologi memberi manfaat yang merata bagi semua siswa. Kedua, penelitian lanjutan bisa mengkaji strategi pelatihan berbasis teknologi yang paling efektif bagi guru dalam mengintegrasikan media digital ke dalam pembelajaran sehari-hari, terutama di daerah dengan keterbatasan infrastruktur dan akses internet. Ketiga, sebaiknya dikembangkan studi tentang desain media pembelajaran digital interaktif yang disesuaikan dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik secara terintegrasi, untuk mengetahui bagaimana personalisasi media dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam jangka panjang.
| File size | 153.22 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
IIM JAMBIIIM JAMBI Seorang guru tugasnya tidak hanya melakukan proses transfer of knowledge kepada peserta didik, akan tetapi seorang guru harus bisa menfasilitasi pesertaSeorang guru tugasnya tidak hanya melakukan proses transfer of knowledge kepada peserta didik, akan tetapi seorang guru harus bisa menfasilitasi peserta
OJSOJS Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalamPenelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam
OJSOJS Oleh karena itu 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Oleh karena itu disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadapOleh karena itu 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Oleh karena itu disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap
OJSOJS Perumpamaan ini menampilkan tindakan belas kasihan sebagai pusat dari respons iman yang sejati, menembus batas etnis, agama, dan budaya. Dalam era pendidikanPerumpamaan ini menampilkan tindakan belas kasihan sebagai pusat dari respons iman yang sejati, menembus batas etnis, agama, dan budaya. Dalam era pendidikan
OJSOJS Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkanBerdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan
OJSOJS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Model Picture and Picture merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif berbasis visual yang bertujuan untukPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Model Picture and Picture merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif berbasis visual yang bertujuan untuk
UNUKALTIMUNUKALTIM Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru dan siswa terhadap layanan perpustakaan di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptifPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru dan siswa terhadap layanan perpustakaan di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif
INDOSCIENCEINDOSCIENCE Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan LMS Moodle mampu menjangkau calon talenta diMetode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan LMS Moodle mampu menjangkau calon talenta di
Useful /
STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting evaluasi dalam pembelajaran di satuan pendidikan di Indonesia. Secara teori, evaluasi pembelajaranTujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting evaluasi dalam pembelajaran di satuan pendidikan di Indonesia. Secara teori, evaluasi pembelajaran
UNIKOMUNIKOM Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan dan pencatatan. Objek penelitian ini adalah manga yang berjudul Hikaru ga Shinda NatsuData dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan dan pencatatan. Objek penelitian ini adalah manga yang berjudul Hikaru ga Shinda Natsu
STTS ABDA AGUNGSTTS ABDA AGUNG Hukuman mati merupakan bentuk pembalasan terhadap kejahatan yang secara sah dilakukan, namun sikap etis Kristen menolaknya karena mengakui bahwa manusiaHukuman mati merupakan bentuk pembalasan terhadap kejahatan yang secara sah dilakukan, namun sikap etis Kristen menolaknya karena mengakui bahwa manusia
STTS ABDA AGUNGSTTS ABDA AGUNG Jadi, Gereja Lokal harus kembali memahamkan istilah program Gereja yang berbeda dengan Pendidikan Agama Kristen non Formal kepada pemerintah pusat, GerejaJadi, Gereja Lokal harus kembali memahamkan istilah program Gereja yang berbeda dengan Pendidikan Agama Kristen non Formal kepada pemerintah pusat, Gereja