OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, media pembelajaran kini memegang peranan penting dalam mendukung proses pendidikan. Hal ini mendorong para pendidik untuk memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang terus berkembang sebagai sarana bantu dalam penyampaian materi, sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih optimal. Perubahan teknologi memberikan pengaruh besar dalam ranah pendidikan, khususnya pada aspek proses pembelajaran. Saat ini, media audio visual, teknologi, dan sumber daya digital menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menguraikan betapa pentingnya penggunaan media tersebut dalam meningkatkan proses dan hasil belajar pada semua tingkat pendidikan. Jika dibandingkan, hasil belajar melalui indera penglihatan dan pendengaran menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sekitar 75% informasi diperoleh melalui penglihatan, sementara hanya 13% melalui pendengaran, dan sisanya 12% melalui indera lainnya. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media audio visual, teknologi, dan sumber daya digital memberikan kontribusi besar terhadap tercapainya pembelajaran yang efektif. Di samping mempermudah siswa dalam memahami materi ajar, hal ini juga mendorong guru untuk lebih kreatif dalam merancang penyampaian materi, menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik, dan menentukan media yang sesuai serta optimal.

Media audio visual merupakan sarana bantu dalam kegiatan pembelajaran yang berfungsi menyampaikan informasi kepada siswa melalui penglihatan dan pendengaran, dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman materi serta mencapai hasil belajar yang maksimal.Pemanfaatan media dalam pembelajaran meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, memperkuat daya ingat siswa, meningkatkan pemahaman, serta menciptakan suasana yang lebih menarik dan interaktif.Media dan teknologi kini menjadi bagian penting dalam pendidikan di era digital, meskipun penggunaannya perlu mempertimbangkan berbagai aspek penting agar pembelajaran tetap efektif.

Pertama, perlu diteliti bagaimana efektivitas kombinasi media audio visual dan sumber daya digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, untuk melihat apakah teknologi memberi manfaat yang merata bagi semua siswa. Kedua, penelitian lanjutan bisa mengkaji strategi pelatihan berbasis teknologi yang paling efektif bagi guru dalam mengintegrasikan media digital ke dalam pembelajaran sehari-hari, terutama di daerah dengan keterbatasan infrastruktur dan akses internet. Ketiga, sebaiknya dikembangkan studi tentang desain media pembelajaran digital interaktif yang disesuaikan dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik secara terintegrasi, untuk mengetahui bagaimana personalisasi media dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam jangka panjang.

  1. #sumber daya digital#sumber daya digital
Read online
File size153.22 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test