OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 60 orang yang kemudian diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 4.173 > 1.671. Dengan nilai probabilitas adalah 0.000 < 0.05, sedangkan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sesuai hasil pengujian yang dilakukan di peroleh thitung lebih besar dari ttabel atau 3.444 > 1.671 dengan tarif 5% nilai probabilitas 0.000 < 0.05. Dengan demikian sangat diperlukan minat belajar dan disiplin terhadap hasil belajar sehingga mempunyai peningkatan dalam pembelajara.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru dapat disimpulkan.Terdapat pengaruh signifikan minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2024/2025.Terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2024/2025.Terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAS PGRI Gelekat Lewo Boru Tahun Pelajaran 2024/2025.

Pertama, penelitian lanjutan dapat menguji pengaruh minat belajar dan disiplin belajar dalam konteks pembelajaran daring atau luar kelas untuk memahami adaptasi siswa terhadap metode pembelajaran yang berbeda. Kedua, studi lebih lanjut bisa mengeksplorasi pengaruh faktor eksternal lain, seperti kualitas guru atau lingkungan sekolah, terhadap hasil belajar dalam hubungannya dengan minat dan disiplin belajar. Ketiga, penelitian dapat mengembangkan dan menguji intervensi pendidikan untuk meningkatkan minat dan disiplin belajar siswa, serta mengevaluasi dampaknya pada kinerja akademis jangka panjang.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas v#siswa kelas v
Read online
File size288.52 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test