OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna belas kasihan sebagai ekspresi nyata dari iman Kristen melalui studi teologis atas perumpamaan orang Samaria yang baik hati dalam Lukas 10:30β37, serta mengaitkannya dengan implementasi nilai-nilai tersebut dalam konteks Pendidikan Agama Kristen (PAK). Perumpamaan ini menampilkan tindakan belas kasihan sebagai pusat dari respons iman yang sejati, menembus batas etnis, agama, dan budaya. Dalam era pendidikan yang cenderung akademik dan kognitif, penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan dimensi afektif dan etis dalam pembelajaran PAK, khususnya pembentukan karakter yang peduli, empatik, dan aktif menolong sesama. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan teologis-biblika dan refleksi praktis, yang bertumpu pada eksegesis teks Lukas 10:30β37 serta analisis relevansinya terhadap kurikulum dan praktik pendidikan Kristen. Hasil kajian menunjukkan bahwa tindakan belas kasihan bukan hanya etika sosial, tetapi merupakan manifestasi iman yang hidup dan berpusat pada kasih Allah, sehingga PAK harus menjadi sarana pembentukan peserta didik yang tidak hanya tahu tentang Kristus, tetapi juga hidup seperti Kristus dengan kasih yang aktif dan tanpa batas.
Penelitian menunjukkan bahwa perumpamaan Orang Samaria mengajarkan bahwa kasih harus melampaui batas ras, etnis, agama, dan budaya, menjadikan setiap orang sebagai sesama yang layak diperlakukan dengan belas kasihan.Kemerosotan nilai kasih di kalangan orang percaya dipengaruhi oleh kurangnya dedikasi kepada Allah dan pengaruh budaya hedonβmaterialistik, yang menghambat misi kristiani.Oleh karena itu, Pendidikan Agama Kristen perlu memperkuat pembinaan spiritual dan karakter melalui program pemuridan serta praktik kasih yang nyata guna menumbuhkan iman transformatif.
Pertama, perlu dilakukan penelitian kuantitatif yang menguji hubungan antara pembelajaran perumpamaan Orang Samaria dalam kelas PAK dan peningkatan tingkat empati serta perilaku prososial siswa, sehingga dapat mengukur secara empiris dampak nilai belas kasihan terhadap tindakan nyata siswa. Kedua, sebuah studi kualitatif longitudinal dapat mengeksplorasi bagaimana pengalaman pribadi guru dan siswa dalam menerapkan ajaran belas kasihan memengaruhi perkembangan spiritual mereka selama beberapa tahun, memberikan wawasan tentang proses internalisasi nilai kasih. Ketiga, penelitian interdisipliner dapat menyelidiki potensi media digital, seperti video animasi atau aplikasi interaktif, untuk menyampaikan perumpamaan tersebut kepada generasi milenial, serta menilai efektivitas media baru dalam meningkatkan pemahaman teologis dan motivasi altruistik. Semua penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur teologi praktis serta memberikan panduan konkret bagi pendidik dalam mengintegrasikan nilai belas kasihan ke dalam kurikulum PAK.
| File size | 226.23 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | Report |
Related /
IFRELIFREL Artikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam mendorong dialog antaragama di masyarakat multikultural. Ini mengeksamin bagaimana pendidikan agamaArtikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam mendorong dialog antaragama di masyarakat multikultural. Ini mengeksamin bagaimana pendidikan agama
ITB ADITB AD Hasil regresi menunjukkan nilai konstanta 2,893 dan koefisien determinasi sebesar 56,8%, menandakan bahwa disiplin kerja (X1) dan budaya organisasi (X2)Hasil regresi menunjukkan nilai konstanta 2,893 dan koefisien determinasi sebesar 56,8%, menandakan bahwa disiplin kerja (X1) dan budaya organisasi (X2)
IFRELIFREL Artikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam membentuk perkembangan moral siswa melalui analisis komparatif berbagai sistem pendidikan. DenganArtikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam membentuk perkembangan moral siswa melalui analisis komparatif berbagai sistem pendidikan. Dengan
OJSOJS Pendidikan Agama Islam adalah suatu proses pembelajaran yang disusun untuk menginternalisasi dan memperkuat nilai-nilai Islam secara menyeluruh dalam diriPendidikan Agama Islam adalah suatu proses pembelajaran yang disusun untuk menginternalisasi dan memperkuat nilai-nilai Islam secara menyeluruh dalam diri
OJSOJS Secara umum, Kurikulum 2013 PAI bertujuan untuk membentuk karakter dan akhlak siswa, meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Selain itu, penelitianSecara umum, Kurikulum 2013 PAI bertujuan untuk membentuk karakter dan akhlak siswa, meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Selain itu, penelitian
PENERBITPENERBIT Demikian juga sebagai pemeluk Hindu dari suku Batak Karo, menjaga erat dan harmonisnya hubungan sebagai orang Karo. Penerimaan terhadap orang lain sebagaiDemikian juga sebagai pemeluk Hindu dari suku Batak Karo, menjaga erat dan harmonisnya hubungan sebagai orang Karo. Penerimaan terhadap orang lain sebagai
STTS ABDA AGUNGSTTS ABDA AGUNG Hasil dan pembahasan memaparkan bahwa Katekisasi dan Sekolah Minggu merupakan bagian dari program Pembinaan Warga Gereja yang berbeda dengan PendidikanHasil dan pembahasan memaparkan bahwa Katekisasi dan Sekolah Minggu merupakan bagian dari program Pembinaan Warga Gereja yang berbeda dengan Pendidikan
IAIN SALATIGAIAIN SALATIGA Kajian ini menunjukkan bahwa paradigma us}u>l fiqh inklusif sangat diperlukan oleh kaum Muslim dan bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim, karena paradigmaKajian ini menunjukkan bahwa paradigma us}u>l fiqh inklusif sangat diperlukan oleh kaum Muslim dan bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim, karena paradigma
Useful /
OJSOJS Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persamaan dasar akuntansi, antara lain: 1) Kurang mampu menganalisisHasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persamaan dasar akuntansi, antara lain: 1) Kurang mampu menganalisis
CAHAYA ICCAHAYA IC Gaya kepemimpinan demokratis dan kualitas kehidupan kerja merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu, sekolah perlu menerapkanGaya kepemimpinan demokratis dan kualitas kehidupan kerja merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu, sekolah perlu menerapkan
OJSOJS Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara parsial disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa adalah π‘ βππ‘π’ππ disiplinHasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara parsial disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa adalah π‘ βππ‘π’ππ disiplin
OJSOJS Hal ini menunjukkan bahwa model Picture and Picture memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model ini direkomendasikanHal ini menunjukkan bahwa model Picture and Picture memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model ini direkomendasikan