IFRELIFREL
Green Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyGreen Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyPendidikan nasional Indonesia menekankan pentingnya pendidikan karakter berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 guna membentuk individu yang berintegritas. Penelitian ini meneliti efektivitas pembelajaran kooperatif dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk mengembangkan karakter siswa. Metode kualitatif dengan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi PAK. Siswa terlibat dalam debat dan kerja sama, yang memperkuat keterampilan sosial dan nilai-nilai moral seperti kasih dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi meliputi perbedaan kemampuan siswa dan dinamika kelompok yang tidak seimbang, sehingga diperlukan manajemen guru yang kompeten. Kesimpulannya, pendidikan karakter melalui PAK dan pembelajaran kooperatif efektif membentuk individu yang siap menghadapi tantangan moral dan sosial di masa depan, serta menciptakan masyarakat yang harmonis.
Pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan strategi pembelajaran kooperatif terbukti efektif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa.Strategi ini memperkuat nilai-nilai moral seperti kasih, tanggung jawab, dan kerja sama, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial di masa depan.Kendala dalam pelaksanaannya dapat diatasi dengan peran aktif guru.Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif dalam PAK menjadi cara penting membentuk generasi berkarakter kuat dan berintegritas.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pembelajaran kooperatif berbasis teknologi, seperti pemanfaatan forum daring atau permainan simulasi keagamaan, memengaruhi pembentukan karakter siswa PAK di era digital. Studi komparatif antarwilayah Indonesia yang berbeda secara kultural juga menarik untuk melihat ragam hambatan dan keberhasilan model ini. Selain itu, penting untuk meneliti keefektifan pelatihan guru secara berkelanjutan dalam mengelola dinamika kelompok agar dampak strategi pembelajaran kooperatif terhadap karakter siswa dapat dipertahankan secara jangka panjang.
- Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa | CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial,... prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/2869Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa CENDEKIA Jurnal Ilmu Sosial prin index php cendikia article view 2869
- Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen | Harati: Jurnal... doi.org/10.54170/harati.v1i2.78Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Harati Jurnal doi 10 54170 harati v1i2 78
- Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama... journal.unj.ac.id/unj/index.php/spatial/article/view/31651Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama journal unj ac unj index php spatial article view 31651
| File size | 591.48 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
IFRELIFREL Artikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam mendorong dialog antaragama di masyarakat multikultural. Ini mengeksamin bagaimana pendidikan agamaArtikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam mendorong dialog antaragama di masyarakat multikultural. Ini mengeksamin bagaimana pendidikan agama
IFRELIFREL Integrasi prinsip etika universal ke dalam pendidikan agama dapat meningkatkan kemampuan bernalar moral siswa. Guru memiliki peran kunci dalam menciptakanIntegrasi prinsip etika universal ke dalam pendidikan agama dapat meningkatkan kemampuan bernalar moral siswa. Guru memiliki peran kunci dalam menciptakan
OJSOJS Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna belas kasihan sebagai ekspresi nyata dari iman Kristen melalui studi teologis atas perumpamaan orangPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna belas kasihan sebagai ekspresi nyata dari iman Kristen melalui studi teologis atas perumpamaan orang
OJSOJS Pendidikan ini tidak sekadar mengedepankan aspek pengetahuan, tetapi juga berfokus pada penanaman nilai-nilai Islam ke dalam perilaku dan sikap sehari-hari.Pendidikan ini tidak sekadar mengedepankan aspek pengetahuan, tetapi juga berfokus pada penanaman nilai-nilai Islam ke dalam perilaku dan sikap sehari-hari.
OJSOJS Melalui pengumpulan dan analisis berbagai sumber literatur, termasuk buku, laporan penelitian, dan dokumen resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Melalui pengumpulan dan analisis berbagai sumber literatur, termasuk buku, laporan penelitian, dan dokumen resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
PENERBITPENERBIT Menghargai peredaan agama juga merupakan tuntutan yang disampaikan turun-temurun di dalam keluarga. Sehingga tidak jarang ada keyakinan dalam masyarakatMenghargai peredaan agama juga merupakan tuntutan yang disampaikan turun-temurun di dalam keluarga. Sehingga tidak jarang ada keyakinan dalam masyarakat
STTS ABDA AGUNGSTTS ABDA AGUNG Itu sebabnya, tujuan dari penelitian ini adalah menelisik perspektif Kristen tentang Rancangan Undang-Undang Pesantren Pasal 69 dan 70 tersebut. MetodeItu sebabnya, tujuan dari penelitian ini adalah menelisik perspektif Kristen tentang Rancangan Undang-Undang Pesantren Pasal 69 dan 70 tersebut. Metode
IAIN SALATIGAIAIN SALATIGA Dalam hal kontinuitas ini, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad Ibn Hanbal, Muhammad Abduh, Rasyid Ridla, Nurcholish Madjid dan Alwi Shihab mengakui adanya kontinuitasDalam hal kontinuitas ini, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad Ibn Hanbal, Muhammad Abduh, Rasyid Ridla, Nurcholish Madjid dan Alwi Shihab mengakui adanya kontinuitas
Useful /
OJSOJS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 LewolemaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Lewolema
OJSOJS 000 < 0. 05, sedangkan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sesuai hasil pengujian yang dilakukan di peroleh thitung lebih besar dari000 < 0. 05, sedangkan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sesuai hasil pengujian yang dilakukan di peroleh thitung lebih besar dari
OJSOJS Jika dibandingkan, hasil belajar melalui indera penglihatan dan pendengaran menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sekitar 75% informasi diperoleh melaluiJika dibandingkan, hasil belajar melalui indera penglihatan dan pendengaran menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sekitar 75% informasi diperoleh melalui
UTUT Penelitian menemukan bahwa minat masyarakat terhadap wisata online cukup tinggi. Masyarakat melihat pentingnya mendesak dalam memenuhi kebutuhan wisataPenelitian menemukan bahwa minat masyarakat terhadap wisata online cukup tinggi. Masyarakat melihat pentingnya mendesak dalam memenuhi kebutuhan wisata