STAIQSTAIQ

Jurnal Pena IslamJurnal Pena Islam

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan kompetensi profesional guru tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang, serta mencari tahu upaya kepala sekolah dan guru tahfidz dalam meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam pengajaran serta hambatan dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala departemen BPS, guru tahfidz tingkat, dan guru tahfidz senior. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan (mulai Januari hingga Juni) tahun ajaran 2023-2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah, Kepala Divisi Tahfidz, dan Guru Tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang telah melakukan setiap upaya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru tahfidz, yaitu dengan mengikuti bimbingan pelatihan, rapat evaluasi rutin, lokakarya, Al-Quran, dan juga menjalankan program yang diadakan di sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru tahfidz. Berdasarkan hal ini, dapat dilihat bahwa tugas dan tanggung jawab yang dilakukan telah dilaksanakan dengan baik.

Kondisi kompetensi profesional guru tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang masih kurang memadai karena guru tahfidz belum sepenuhnya memiliki gelar sarjana dan pengetahuan yang mendalam tentang metodologi pembelajaran, pengalaman mengajar, serta penguasaan bidang studi tahfidz.Upaya peningkatan kompetensi profesional guru tahfidz dilakukan melalui kegiatan seperti mengikuti pelatihan, latihan, lokakarya, rapat evaluasi bulanan, ujian kompetensi persemester, dan seminar internal yang fokus pada pengembangan keterampilan pengajaran, penguasaan materi, serta kemampuan komunikasi dengan siswa.Hambatan yang terjadi termasuk minimnya pelatihan bagi pengajar baru, kurangnya pengalaman mengajar, dan kurangnya motivasi untuk berkolaborasi, namun solusinya melalui rapat evaluasi rutin, diskusi terbuka, dan dorongan untuk mengikuti pendidikan formal keguruan.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana perbandingan program peningkatan kompetensi guru tahfidz antara sekolah boarding di daerah urban dan rural dapat memengaruhi efektivitas pengajaran tahfidz, dengan mengumpulkan data dari survei lapangan dan analisis performa siswa untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat direplikasi di lingkungan pendidikan serupa. Selain itu, apakah penerapan teknologi digital dalam metode tahfidz dapat membangun motivasi dan kompetensi guru sehingga hasil belajar siswa meningkat, dimana studi ini dapat mengukur dampak alat bantu seperti aplikasi Quran interaktif melalui eksperimen jangka panjang dengan kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengetahui variansi pencapaian hafalan siswa. Penelitian juga perlu menyelidiki dampak psikologis hambatan kompetensi profesional pada guru tahfidz, seperti tingkat stres dan burnout, melalui pendekatan studi kasus mendalam di beberapa sekolah Islam untuk mengembangkan intervensi pencegahan yang lebih efektif dan berbasis bukti, sehingga meningkatkan retensi guru berkualitas jangka panjang.

  1. #pengembangan profesional guru#pengembangan profesional guru
  2. #kompetensi guru tahfidz#kompetensi guru tahfidz
Read online
File size395.53 KB
Pages16
DMCAReport

Related /

ads-block-test