STAIQSTAIQ
Jurnal Pena IslamJurnal Pena IslamPenelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan kompetensi profesional guru tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang, serta mencari tahu upaya kepala sekolah dan guru tahfidz dalam meningkatkan kompetensi profesional mereka dalam pengajaran serta hambatan dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala departemen BPS, guru tahfidz tingkat, dan guru tahfidz senior. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan (mulai Januari hingga Juni) tahun ajaran 2023-2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah, Kepala Divisi Tahfidz, dan Guru Tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang telah melakukan setiap upaya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru tahfidz, yaitu dengan mengikuti bimbingan pelatihan, rapat evaluasi rutin, lokakarya, Al-Quran, dan juga menjalankan program yang diadakan di sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru tahfidz. Berdasarkan hal ini, dapat dilihat bahwa tugas dan tanggung jawab yang dilakukan telah dilaksanakan dengan baik.
Kondisi kompetensi profesional guru tahfidz di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang masih kurang memadai karena guru tahfidz belum sepenuhnya memiliki gelar sarjana dan pengetahuan yang mendalam tentang metodologi pembelajaran, pengalaman mengajar, serta penguasaan bidang studi tahfidz.Upaya peningkatan kompetensi profesional guru tahfidz dilakukan melalui kegiatan seperti mengikuti pelatihan, latihan, lokakarya, rapat evaluasi bulanan, ujian kompetensi persemester, dan seminar internal yang fokus pada pengembangan keterampilan pengajaran, penguasaan materi, serta kemampuan komunikasi dengan siswa.Hambatan yang terjadi termasuk minimnya pelatihan bagi pengajar baru, kurangnya pengalaman mengajar, dan kurangnya motivasi untuk berkolaborasi, namun solusinya melalui rapat evaluasi rutin, diskusi terbuka, dan dorongan untuk mengikuti pendidikan formal keguruan.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana perbandingan program peningkatan kompetensi guru tahfidz antara sekolah boarding di daerah urban dan rural dapat memengaruhi efektivitas pengajaran tahfidz, dengan mengumpulkan data dari survei lapangan dan analisis performa siswa untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat direplikasi di lingkungan pendidikan serupa. Selain itu, apakah penerapan teknologi digital dalam metode tahfidz dapat membangun motivasi dan kompetensi guru sehingga hasil belajar siswa meningkat, dimana studi ini dapat mengukur dampak alat bantu seperti aplikasi Quran interaktif melalui eksperimen jangka panjang dengan kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengetahui variansi pencapaian hafalan siswa. Penelitian juga perlu menyelidiki dampak psikologis hambatan kompetensi profesional pada guru tahfidz, seperti tingkat stres dan burnout, melalui pendekatan studi kasus mendalam di beberapa sekolah Islam untuk mengembangkan intervensi pencegahan yang lebih efektif dan berbasis bukti, sehingga meningkatkan retensi guru berkualitas jangka panjang.
| File size | 395.53 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIMUNSTAIMUN Hal ini tercermin dari peningkatan rata-rata nilai akademik siswa, perbaikan kedisiplinan, peningkatan motivasi belajar dan kehadiran siswa, serta persepsiHal ini tercermin dari peningkatan rata-rata nilai akademik siswa, perbaikan kedisiplinan, peningkatan motivasi belajar dan kehadiran siswa, serta persepsi
STAIMUNSTAIMUN Oleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menitikberatkan pada upaya memperbaiki kompensasi, fasilitas, teknologi dan kepemimpinan partisipatif gunaOleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menitikberatkan pada upaya memperbaiki kompensasi, fasilitas, teknologi dan kepemimpinan partisipatif guna
STAIMUNSTAIMUN Hasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkanHasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan
STITMUBASTITMUBA Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam, observasi pembelajaran, dokumentasi, dan focus group discussion, kemudian dianalisis menggunakanData dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam, observasi pembelajaran, dokumentasi, dan focus group discussion, kemudian dianalisis menggunakan
STAIMUNSTAIMUN Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat daya saing institusi pendidikanTemuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memperkuat daya saing institusi pendidikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
IAIN SUIAIN SU Ayat-ayat tersebut kemudian ditafsirkan menurut Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research)Ayat-ayat tersebut kemudian ditafsirkan menurut Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research)
IAIN SUIAIN SU Langkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukanLangkah-langkah pengembangan kompetensi profesionalisme guru melalui belajar mandiri, mengikuti pelatihan individu, diskusi dan rapat dewan guru, melakukan
Useful /
RUMAHJURNALRUMAHJURNAL Sehingga terjadi peningkatan penjualan secara maksimal dengan adanya pemanfaatan Digital Marketing. Dari uraian didapatkan Kesimpulan yaitu TransactionSehingga terjadi peningkatan penjualan secara maksimal dengan adanya pemanfaatan Digital Marketing. Dari uraian didapatkan Kesimpulan yaitu Transaction
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Keberhasilan ini menciptakan ekosistem kondusif bagi pertumbuhan UMKM dan memperkuat kerja sama antara pelaku usaha, pemerintah daerah, serta pihak terkait.Keberhasilan ini menciptakan ekosistem kondusif bagi pertumbuhan UMKM dan memperkuat kerja sama antara pelaku usaha, pemerintah daerah, serta pihak terkait.
UNPAMUNPAM Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristikKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik
UACUAC Kerangka RSD terdiri dari enam aspek penelitian vertikal dan lima tingkat otonomi horizontal mahasiswa, yang menggambarkan progresi dari ketergantunganKerangka RSD terdiri dari enam aspek penelitian vertikal dan lima tingkat otonomi horizontal mahasiswa, yang menggambarkan progresi dari ketergantungan