STAINUSANTARASTAINUSANTARA

Jurnal Ikhtibar NusantaraJurnal Ikhtibar Nusantara

Karakter sebagai akumulasi interaksi nilai dengan psikologi manusia telah menjadi objek kajian psikologis hingga saat ini. Perdebatan menanyakan nilai‑nilai yang relevan dalam pengembangan diri untuk memperkuat karakter. Meskipun telah terjadi revolusi kognitif, belum ada penelitian yang melibatkan nilai‑nilai dhikrullah sebagai rangsangan karakter. Getaran dhikrullah mengandung nilai‑nilai yang dapat berfungsi mengembangkan kesadaran diri guna memperkuat karakter. Penelitian ini merupakan respons akademik terhadap kebutuhan nilai‑nilai sebagai rangsangan dalam penguatan karakter. Penulis mengumpulkan data kualitatif untuk menemukan nilai‑nilai dhikrullah yang relevan sebagai rangsangan memperkuat karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai‑nilai dhikrullah dapat menjadi rangsangan yang memperkuat karakter serta menjadi variabel rangsangan untuk meningkatkan kesadaran diri. Efek dhikrullah memengaruhi emosi seperti perasaan, menangis, dan kegembiraan. Oleh karena itu, penulis menyimpulkan bahwa kesadaran berkelanjutan terhadap nilai‑nilai yang terkandung dalam zikrullah dapat memperkuat karakter. Temuan ini berguna untuk membangun karakter melalui pendekatan nilai‑nilai dhikrullah.

Penulis menyimpulkan bahwa zikrullah sebagai ajaran Islam mengandung nilai‑nilai vibrasi, pernapasan, religius, dan spiritual yang berfungsi sebagai rangsangan untuk memperkuat karakter serta membangun kesadaran diri.Suara yang dihasilkan memengaruhi sistem saraf, persepsi, emosi, dan karakter individu, dengan aktivitas pernapasan dan vokal selama dhikrullah menunjukkan hubungan yang kuat dengan emosi.Peneliti mengaitkan ilmu pernapasan dan suara untuk mendukung nilai‑nilai dhikrullah sebagai stimulus pembentukan karakter.

Sebuah penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana variasi frekuensi dan durasi praktik dhikrullah memengaruhi aktivitas gelombang otak alfa yang diukur dengan elektroensefalografi pada kelompok usia yang berbeda, sehingga dapat memperkuat bukti neurofisiologis atas efeknya terhadap karakter. Penelitian kedua dapat membandingkan efek dhikrullah dengan teknik mindfulness sekuler dalam meningkatkan kesadaran diri dan penguatan karakter, dengan menggunakan desain eksperimental berkelanjutan untuk menilai perubahan psikologis jangka panjang. Selanjutnya, studi ketiga dapat mengevaluasi integrasi nilai‑nilai dhikrullah ke dalam kurikulum pendidikan formal pada siswa remaja, mengamati dampaknya terhadap perkembangan karakter selama satu tahun ajaran melalui metode campuran kualitatif‑kuantitatif. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat mengatasi keterbatasan sampel kecil dan pendekatan kualitatif semata pada penelitian awal, serta memberikan data empiris yang lebih robust. Selain itu, penggunaan instrumen psikometri standar akan meningkatkan validitas hasil. Dengan demikian, pemahaman tentang mekanisme psikologis dan pendidikan nilai dhikrullah dapat lebih diperdalam, mendukung aplikasi praktis yang lebih luas dalam konteks pembangunan karakter.

Read online
File size205.11 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test