UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir siswa dari jawaban tertulis mereka dalam keterampilan membaca. Dengan mengetahui tingkat keterampilan berpikir mereka, hal ini digunakan sebagai dasar bagi para guru untuk merancang proses pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif, analisis konten, yang menganalisis dokumen jawaban siswa dalam keterampilan membaca. Data penelitian adalah jawaban siswa dalam keterampilan membaca dengan menggunakan teknik herringbone. Data menunjukkan bahwa 18 siswa berada dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Rendah (LOTS) di mana dalam membuat beberapa pertanyaan berdasarkan pertanyaan WH-, mereka hanya melakukan pengulangan dan peniruan dari informasi yang diberikan, 11 siswa berada dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Menengah (MOTS) di mana mereka mampu berpikir dalam domain yang berbeda, dan hanya 1 siswa berada dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) di mana ia dapat mengembangkan dan menciptakan ide dari informasi yang diberikan.
Delapan belas siswa berada pada tingkat Keterampilan Berpikir Tingkat Rendah (LOTS), di mana dalam membuat beberapa pertanyaan berdasarkan pertanyaan WH-, mereka hanya mampu mengulang dan meniru berdasarkan informasi yang diterima.Sementara itu, sebelas siswa berada pada tingkat Keterampilan Berpikir Tingkat Menengah (MOTS), di mana mereka mampu berpikir dalam domain yang berbeda.Dan hanya satu dari seluruh siswa yang memiliki Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), di mana ia mampu mengembangkan dan menciptakan ide dari informasi yang diberikan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih berada pada tingkat keterampilan berpikir rendah hingga menengah dalam pembelajaran bahasa Inggris, dengan sangat sedikit yang mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Hasil ini memunculkan beberapa pertanyaan penting untuk studi lanjutan. Pertama, akan sangat bermanfaat jika ada penelitian yang secara langsung menguji efektivitas teknik Herringbone atau metode pengajaran lain yang dirancang khusus untuk meningkatkan HOTS pada siswa SMP. Apakah penggunaan teknik ini secara konsisten dalam jangka waktu tertentu benar-benar dapat mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis dan kreatif, tidak hanya dalam konteks membaca tetapi juga dalam aspek pembelajaran bahasa lainnya? Pengukuran sebelum dan sesudah intervensi, serta perbandingan dengan kelompok kontrol, dapat memberikan bukti yang lebih kuat mengenai potensi pedagogis dari teknik ini. Kedua, mengingat rendahnya proporsi siswa dengan HOTS, penelitian selanjutnya bisa menggali lebih dalam faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi pencapaian keterampilan berpikir siswa. Misalnya, adakah korelasi antara latar belakang pendidikan guru, kurikulum yang diterapkan di sekolah, atau bahkan kondisi sosial ekonomi siswa dengan kemampuan mereka mengembangkan HOTS? Memahami akar masalah ini akan membantu perancang kebijakan pendidikan dan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung. Ketiga, temuan tentang adanya kesalahan tata bahasa meskipun siswa menunjukkan HOTS menarik perhatian pada hubungan antara kemahiran bahasa dan keterampilan berpikir. Oleh karena itu, penelitian di masa depan dapat menyelidiki bagaimana tingkat kemahiran tata bahasa atau kosakata siswa dalam bahasa Inggris mempengaruhi kemampuan mereka untuk menunjukkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Apakah ada ambang batas kemahiran bahasa tertentu yang diperlukan sebelum siswa dapat sepenuhnya mengembangkan HOTS mereka dalam bahasa asing, atau apakah kedua keterampilan ini dapat berkembang secara paralel dengan strategi pengajaran yang tepat?.
| File size | 1.05 MB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Dengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa. Penggunaan game Wordwall meningkatkan keaktifan mahasiswa sebesarDengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa. Penggunaan game Wordwall meningkatkan keaktifan mahasiswa sebesar
DDIPOLMANDDIPOLMAN Untuk mengetahui pengaruh komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran yang menjadi tujuan dilaksanakannya penelitian.Untuk mengetahui pengaruh komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran yang menjadi tujuan dilaksanakannya penelitian.
UNDIKSHAUNDIKSHA Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling.Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total anggota populasi 6658 siswa menggunakan teknik area proportional simple random sampling.
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Melalui menulis, individu dapat menghasilkan ide-ide menarik dan mengolahnya menjadi tulisan. Metode Mind Mapping diterapkan untuk mengkaji pengaruhnyaMelalui menulis, individu dapat menghasilkan ide-ide menarik dan mengolahnya menjadi tulisan. Metode Mind Mapping diterapkan untuk mengkaji pengaruhnya
UPN VeteranUPN Veteran Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemerintah Spanyol dalam penanganan COVID-19 di Spanyol sangat berdampakBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemerintah Spanyol dalam penanganan COVID-19 di Spanyol sangat berdampak
IDEBAHASAIDEBAHASA Melalui peningkatan budaya membaca siswa ini juga meningkatkan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi Newsela dapat membantu guru danMelalui peningkatan budaya membaca siswa ini juga meningkatkan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi Newsela dapat membantu guru dan
UNIDAUNIDA Data diperoleh melalui kuesioner, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian menggunakanData diperoleh melalui kuesioner, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan
UNIDAUNIDA Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ceritaAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
Useful /
POLNAMPOLNAM Adapun tujuan dari penelitian ini, didapatkan bahwa dari data hasil penelitian menunjukkan siswa lebih termotivasi dengan belajar bahasa Inggris di kelasAdapun tujuan dari penelitian ini, didapatkan bahwa dari data hasil penelitian menunjukkan siswa lebih termotivasi dengan belajar bahasa Inggris di kelas
PTTIPTTI Kegiatan ini berperan sebagai pengalaman belajar langsung bagi anak, meningkatkan literasi baca, dan menumbuhkan kecintaan baca sejak dini. Hambatan utamaKegiatan ini berperan sebagai pengalaman belajar langsung bagi anak, meningkatkan literasi baca, dan menumbuhkan kecintaan baca sejak dini. Hambatan utama
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
UNMUNM Temuan ini menunjukkan bahwa budaya kolaboratif terstruktur secara formal dan birokratis. Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma,Temuan ini menunjukkan bahwa budaya kolaboratif terstruktur secara formal dan birokratis. Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma,