TSBTSB

JURNAL PENDIDIKAN BAHASAJURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses mental karakter utama dalam film Horse Girl menggunakan teori Linguistik Fungsional Sistemik Halliday. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Film Horse Girl berfungsi sebagai sumber data yang diunduh dari Netflix. Ujaran karakter utama dikenal sebagai data. Metode pengumpulan data meliputi mengunduh, menonton, membaca, mengidentifikasi (menjeda, membuat anotasi, mengambil tangkapan layar), mengklasifikasi, dan mengkode materi yang mengandung proses mental. Temuan peneliti disajikan, dijelaskan, diinterpretasikan, dan disimpulkan untuk menerapkan metodologi analisis data. Berdasarkan temuan dan analisis data peneliti, ditemukan bahwa data mengandung proses mental, yaitu persepsi, yang berasal dari analisis ujaran yang mengungkapkan emosi Sarah; afeksi, yang berasal dari interpretasi respons Sarah terhadap sesuatu; dan kognisi, yang berasal dari interpretasi ujaran yang menyoroti pemikiran dan pengetahuan Sarah. Proses mental kemudian dianalisis secara mendalam untuk menciptakan pemahaman komprehensif mengenai proses mental yang mencakup kedua partisipan, yaitu senser dan fenomena.

Peneliti menemukan data yang mengandung proses mental yaitu persepsi, afeksi, dan kognisi.Persepsi berasal dari analisis ujaran yang mengungkapkan emosi Sarah, sementara afeksi berasal dari interpretasi ujaran respons Sarah terhadap sesuatu, dan kognisi berasal dari interpretasi ujaran yang menyoroti pemikiran dan pengetahuan Sarah.Proses mental dalam film Horse Girl didasarkan pada ujaran dan perilaku karakter utama yang pada awalnya tampak normal, namun akhirnya merasa berbeda dari orang lain karena selalu mengalami hal-hal aneh dan merasa dirinya sebagai klon alien akibat gangguan mental, sehingga harus dirawat oleh dokter spesialis.Afeksi, persepsi, dan kognisi dalam proses mental yang ditemukan dalam ujaran Sarah dalam film ini secara khas merefleksikan perjalanannya melalui pertumbuhan emosional, pemahaman, dan kesadaran diri.

Penelitian ini memberikan fondasi yang kuat dalam memahami proses mental karakter utama Sarah melalui pendekatan Linguistik Fungsional Sistemik. Untuk mengembangkan temuan ini, penelitian lanjutan dapat mempertimbangkan beberapa arah baru. Pertama, akan sangat menarik untuk menganalisis proses mental karakter pendukung atau bahkan membandingkan pola proses mental antara Sarah dengan karakter lain dalam film yang sama atau film lain yang juga mengeksplorasi tema kesehatan mental. Hal ini dapat mengungkapkan perbedaan atau kesamaan dalam representasi linguistik kondisi psikologis yang beragam. Kedua, mengingat film ini menyoroti kondisi kesehatan mental Sarah, studi berikutnya dapat lebih jauh menyelidiki bagaimana penggunaan spesifik proses afeksi, persepsi, dan kognisi secara linguistik mencerminkan perkembangan atau manifestasi gejala gangguan mental Sarah sepanjang narasi film. Penyelidikan ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi korelasi antara pola bahasa dan tahapan kondisi mental. Ketiga, melampaui fokus pada proses mental saja, penelitian mendatang dapat memperluas cakupan analisis SFL dengan memasukkan proses transitivitas lainnya seperti proses material, perilaku, atau relasional. Dengan menganalisis bagaimana tindakan fisik, ekspresi verbal, dan hubungan karakter dikonstruksikan secara linguistik, pemahaman kita tentang bagaimana bahasa secara komprehensif membangun identitas dan realitas mental karakter di film akan semakin mendalam. Pendekatan multi-aspek ini akan memberikan pandangan yang lebih holistik mengenai kompleksitas narasi dan pengembangan karakter dalam konteks sinematik.

  1. HOW THE PARTICIPANTS IN MENTAL PROCESSES INVOLVING THE VERBS “MAKE,” “TAKE,”... doi.org/10.33197/ejlutama.v8i1.242HOW THE PARTICIPANTS IN MENTAL PROCESSES INVOLVING THE VERBS AuMAKE Ay AuTAKE Ay doi 10 33197 ejlutama v8i1 242
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #sumber data kolektif#sumber data kolektif
Read online
File size175.97 KB
Pages5
DMCAReport

Related /

ads-block-test