ALJAMIAHALJAMIAH
Al-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesAl-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesDalam situasi sosial-politik global dewasa ini, ketika interpretasi agama yang rigid, ekstrim dan radikal meluas dan mudah dijumpai, kontribusi pendidikan tinggi, khususnya perguruan tinggi Islam, harus tampil dan menjadi bahan diskusi serius. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, terdapat fakta tak terbantahkan bahwa pendidikan Islam termasuk pendidikan tinggi Islam, bukanlah hal baru. Situasi di Indonesia ini mendorong akademisi Islam internasional untuk mempertimbangkan pendidikan tinggi Islam sebagai alternatif dalam inovasi dan transformasi pendidikan, baik dalam hal materi maupun metodologi. Tulisan ini menjelaskan sejarah panjang perkembangan pendidikan Islam. Selain itu, juga mengelaborasi bagaimana sistem pendidikan Islam memodifikasi metode pengajaran dan risetnya agar lebih sesuai dengan perkembangan dan capaian ilmu pengetahuan, khususnya ilmu sosial humaniora dewasa ini. Tulisan ini berfokus pada isu-isu dan unsur-unsur kunci pendidikan tinggi Islam yang sekiranya mampu berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan umat manusia dan bangsa, khususnya perkembangan riset yang memetakan kelemahan dari sistem pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, satu hal yang harus diingat bahwa komunitas akademik dunia tidak bisa menunggu lebih lama lagi solusi untuk menutupi kekurangan - kekurangan tersebut, terlebih karena perkembangan pendidikan agama dan Islam di Timur Tengah, Asia Selatan, dan wilayah lain dunia Islam tidak terlalu menjanjikan terhadap kemanusiaan, kesejahteraan, dan perdamaian global.
Pendidikan tinggi Islam di Indonesia memiliki potensi sebagai model alternatif yang konstruktif dalam merespons tantangan global terkait radikalisme dan ketegangan agama.Perkembangan dari Ulūm al-Dīn ke al-Fikr al-Islāmy dan selanjutnya ke Dirāsāt Islāmiyyah menunjukkan transisi dari pendekatan tekstual tradisional menuju pendekatan kritis dan ilmiah yang terintegrasi.Integrasi ketiga aliran pengetahuan Islam ini—tradisional, pemikiran Islam, dan studi Islam kontemporer—diperlukan untuk membangun wawasan global yang inklusif, mengatasi isolasi intelektual, dan berkontribusi pada perdamaian dunia melalui pendidikan yang humanis dan ilmiah.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model kurikulum terpadu yang mengintegrasikan Ulūm al-Dīn, al-Fikr al-Islāmy, dan Dirāsāt Islāmiyyah dalam satu program pendidikan tinggi, dengan fokus pada bagaimana mahasiswa dapat belajar mengkritisi teks religius menggunakan pendekatan ilmu sosial dan humaniora tanpa kehilangan makna spiritualnya. Selain itu, perlu diteliti bagaimana media digital dan sosial memengaruhi persepsi mahasiswa terhadap keberagaman interpretasi agama, serta bagaimana pendidikan tinggi Islam dapat meresponsnya secara akademis dan etis. Terakhir, studi komparatif antara perguruan tinggi Islam di Indonesia dengan lembaga serupa di negara berpenduduk Muslim minoritas di Eropa dan Amerika Utara dapat mengungkap strategi adaptasi yang efektif dalam membangun dialog antarbudaya dan mengurangi stereotip, sehingga memberikan kerangka praktis bagi penyebaran pendekatan moderasi Islam secara global.
- DOI Name 10.14421 Values. name values index type timestamp data serv crossref desc jami research centre... doi.org/10.14421DOI Name 10 14421 Values name values index type timestamp data serv crossref desc jami research centre doi 10 14421
- Islamic Studies in Higher Education in Indonesia: Challenges, Impact and Prospects for the World Community... doi.org/10.14421/ajis.2017.552.391-426Islamic Studies in Higher Education in Indonesia Challenges Impact and Prospects for the World Community doi 10 14421 ajis 2017 552 391 426
| File size | 652.51 KB |
| Pages | 36 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIMUNSTAIMUN Strategi optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan, terbuktiStrategi optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan, terbukti
UINSATUUINSATU Pencapaian sejarah ini penting untuk dipedomani sebagai pengingat bagi umat Islam kontemporer untuk membangun kembali masa keemasan masa lalu yang terletakPencapaian sejarah ini penting untuk dipedomani sebagai pengingat bagi umat Islam kontemporer untuk membangun kembali masa keemasan masa lalu yang terletak
STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI Untuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. OlehUntuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. Oleh
APPIHIAPPIHI Dalam konteks hukum nasional, kewarganegaraan mencerminkan hubungan hukum antara individu dan negara, dimana warga negara mempunyai hak dan kewajiban untukDalam konteks hukum nasional, kewarganegaraan mencerminkan hubungan hukum antara individu dan negara, dimana warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk
STAIMTASTAIMTA Tulisan ini menawarkan lembaga wakaf sebagai solusi pembiayaan yang fundamental, legal, dan islami. Wakaf merupakan amal jariah yang dapat menyediakanTulisan ini menawarkan lembaga wakaf sebagai solusi pembiayaan yang fundamental, legal, dan islami. Wakaf merupakan amal jariah yang dapat menyediakan
STAIMTASTAIMTA Pendidikan Islam adalah proses transformatif kesadaran yang berlangsung secara berkelanjutan. Oleh karena itu, tugas dan fungsi pendidikan Islam adalahPendidikan Islam adalah proses transformatif kesadaran yang berlangsung secara berkelanjutan. Oleh karena itu, tugas dan fungsi pendidikan Islam adalah
IAIN SUIAIN SU Artikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. BerdasarkanArtikel ini menegaskan khazanah Islam tentang etika pendidik sangat kaya dan harus diaktualisasikan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Berdasarkan
IAIN SUIAIN SU 20 Tahun 2003, didapati banyak isinya yang tidak selaras, bertentangan antara satu ayat dan pasal dengan ayat dan pasal lain, bahkan bertentangan dengan20 Tahun 2003, didapati banyak isinya yang tidak selaras, bertentangan antara satu ayat dan pasal dengan ayat dan pasal lain, bahkan bertentangan dengan
Useful /
UIN WALISONGOUIN WALISONGO Peran mediasi disregulasi emosi menyoroti mekanisme kritis di mana defisit dalam fungsi eksekutif terkait dengan perilaku NSSI. Studi ini memberikan fondasiPeran mediasi disregulasi emosi menyoroti mekanisme kritis di mana defisit dalam fungsi eksekutif terkait dengan perilaku NSSI. Studi ini memberikan fondasi
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yaitu kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrolPenelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yaitu kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrol
IAIN SUIAIN SU Selanjutnya, untuk mengungkap makna-makna serta simbol-simbol dalam ayat-ayat Al-Quran tentang rumusan profesionalitas guru, penulis menggunakan pendekatanSelanjutnya, untuk mengungkap makna-makna serta simbol-simbol dalam ayat-ayat Al-Quran tentang rumusan profesionalitas guru, penulis menggunakan pendekatan
IAIN SUIAIN SU Pemberlakuan regulasi ini memperkuat teori positivisasi hukum Islam dan paradigma hukum profetik, sekaligus menolak teori receptio, serta menunjukkan keselarasanPemberlakuan regulasi ini memperkuat teori positivisasi hukum Islam dan paradigma hukum profetik, sekaligus menolak teori receptio, serta menunjukkan keselarasan