UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Motivasi mengajar guru merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menguji motivasi mengajar guru di daerah tertinggal yang dipengaruhi oleh iklim sekolah dan konsep diri melalui kepuasan kebutuhan dasar psikologis. Subjek penelitan ini adalah guru berjumlah 241 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala iklim sekolah, skala konsep diri, skala kepuasan kebutuhan dasar psikologis, dan skala motivasi mengajar. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian ini adalah perhatian terhadap guru yang mengajar di daerah tertinggal menunjukkan bahwa iklim sekolah dan konsep diri guru secara berbeda memberikan peran penting pada motivasi mengajar yang dimediasi oleh kepuasan kebutuhan dasar psikologis. Hal itu berarti bahwa motivasi mengajar merupakan hasil dari peran dari iklim sekolah sebagai faktor eksternal dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis serta konsep diri sebagai faktor internal. Implikasi penelitian ini adalah perlu adanya program-program pengembangan motivasi guru di daerah tertinggal dengan mengoptimalkan dan mempertimbangkan iklim sekolah, konsep diri, dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis sebagai faktor yang berpengaruh.

Perhatian terhadap guru yang mengajar di daerah tertinggal menunjukkan bahwa iklim sekolah dan konsep diri guru secara berbeda memberikan peran penting pada motivasi mengajar yang dimediasi oleh kepuasan kebutuhan dasar psikologis.School climate sebagai faktor eksternal menunjukkan kondisi bahwa lingkungan sekolah dan hubungan interpersonal mendukung dan berperan penting dalam mengembangkan motivasi mengajar guru.Selain itu, dukungan untuk iklim sekolah yang baik dapat dilihat dari setting sekolah, di mana guru yang termotivasi dapat mengatur dan mengelola kelas dengan baik.Selain faktor eksternal, konsep diri sebagai dukungan internal dapat menjadi sumber motivasi ketika individu termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan internalisasi diri, dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis juga berperan penting dalam mendukung motivasi mengajar guru.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengaruh faktor lingkungan strategis seperti akses ke teknologi dan sumber daya pendidikan terhadap motivasi mengajar guru di daerah tertinggal. Selain itu, perlu diadakan studi komparatif antara daerah tertinggal di berbagai provinsi Indonesia untuk memahami perbedaan budaya dan konteks lokal dalam membangun kepuasan kebutuhan psikologis. Akhirnya, penelitian bisa mengkaji efektivitas program pelatihan yang dikembangkan untuk meningkatkan konsep diri guru melalui pendekatan komunitas belajar atau mentoring berbasis teknologi.

  1. STRUCTURAL MODEL OF COUNSELING COMPETENCE | Jurnal Cakrawala Pendidikan. structural model counseling... doi.org/10.21831/cp.v38i1.21509STRUCTURAL MODEL OF COUNSELING COMPETENCE Jurnal Cakrawala Pendidikan structural model counseling doi 10 21831 cp v38i1 21509
  2. CAPTURING TEACHING MOTIVATION OF TEACHER IN THE DISADVANTAGED AREAS | Jurnal Cakrawala Pendidikan. capturing... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/26411CAPTURING TEACHING MOTIVATION OF TEACHER IN THE DISADVANTAGED AREAS Jurnal Cakrawala Pendidikan capturing journal uny ac index php cp article view 26411
  1. #guru daerah tertinggal#guru daerah tertinggal
  2. #motivasi sumber daya#motivasi sumber daya
File size426.92 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test