UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanMotivasi mengajar guru merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menguji motivasi mengajar guru di daerah tertinggal yang dipengaruhi oleh iklim sekolah dan konsep diri melalui kepuasan kebutuhan dasar psikologis. Subjek penelitan ini adalah guru berjumlah 241 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala iklim sekolah, skala konsep diri, skala kepuasan kebutuhan dasar psikologis, dan skala motivasi mengajar. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian ini adalah perhatian terhadap guru yang mengajar di daerah tertinggal menunjukkan bahwa iklim sekolah dan konsep diri guru secara berbeda memberikan peran penting pada motivasi mengajar yang dimediasi oleh kepuasan kebutuhan dasar psikologis. Hal itu berarti bahwa motivasi mengajar merupakan hasil dari peran dari iklim sekolah sebagai faktor eksternal dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis serta konsep diri sebagai faktor internal. Implikasi penelitian ini adalah perlu adanya program-program pengembangan motivasi guru di daerah tertinggal dengan mengoptimalkan dan mempertimbangkan iklim sekolah, konsep diri, dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis sebagai faktor yang berpengaruh.
Perhatian terhadap guru yang mengajar di daerah tertinggal menunjukkan bahwa iklim sekolah dan konsep diri guru secara berbeda memberikan peran penting pada motivasi mengajar yang dimediasi oleh kepuasan kebutuhan dasar psikologis.School climate sebagai faktor eksternal menunjukkan kondisi bahwa lingkungan sekolah dan hubungan interpersonal mendukung dan berperan penting dalam mengembangkan motivasi mengajar guru.Selain itu, dukungan untuk iklim sekolah yang baik dapat dilihat dari setting sekolah, di mana guru yang termotivasi dapat mengatur dan mengelola kelas dengan baik.Selain faktor eksternal, konsep diri sebagai dukungan internal dapat menjadi sumber motivasi ketika individu termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan internalisasi diri, dan kepuasan kebutuhan dasar psikologis juga berperan penting dalam mendukung motivasi mengajar guru.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengaruh faktor lingkungan strategis seperti akses ke teknologi dan sumber daya pendidikan terhadap motivasi mengajar guru di daerah tertinggal. Selain itu, perlu diadakan studi komparatif antara daerah tertinggal di berbagai provinsi Indonesia untuk memahami perbedaan budaya dan konteks lokal dalam membangun kepuasan kebutuhan psikologis. Akhirnya, penelitian bisa mengkaji efektivitas program pelatihan yang dikembangkan untuk meningkatkan konsep diri guru melalui pendekatan komunitas belajar atau mentoring berbasis teknologi.
- STRUCTURAL MODEL OF COUNSELING COMPETENCE | Jurnal Cakrawala Pendidikan. structural model counseling... doi.org/10.21831/cp.v38i1.21509STRUCTURAL MODEL OF COUNSELING COMPETENCE Jurnal Cakrawala Pendidikan structural model counseling doi 10 21831 cp v38i1 21509
- CAPTURING TEACHING MOTIVATION OF TEACHER IN THE DISADVANTAGED AREAS | Jurnal Cakrawala Pendidikan. capturing... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/26411CAPTURING TEACHING MOTIVATION OF TEACHER IN THE DISADVANTAGED AREAS Jurnal Cakrawala Pendidikan capturing journal uny ac index php cp article view 26411
| File size | 426.92 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
HTPHTP Keterpaparan informasi merupakan faktor determinan paling dominan yang berhubungan dengan perilaku SADARI. Dukungan sosial tidak menunjukkan hubungan signifikanKeterpaparan informasi merupakan faktor determinan paling dominan yang berhubungan dengan perilaku SADARI. Dukungan sosial tidak menunjukkan hubungan signifikan
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Jika mahasiswa merasakan manfaat, kemudahan dan merasakan minimnya risiko yang diterima ketika menggunakan layanan QRIS maka akan mendorong mereka untukJika mahasiswa merasakan manfaat, kemudahan dan merasakan minimnya risiko yang diterima ketika menggunakan layanan QRIS maka akan mendorong mereka untuk
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FEB UNESA angkatan 2021, berjumlah 73 mahasiswa, dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini fokusPopulasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FEB UNESA angkatan 2021, berjumlah 73 mahasiswa, dengan teknik sampel jenuh. Penelitian ini fokus
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Strengthening the entrepreneurial mindset at the Vocational High School (SMK) level is a strategic urgency in preparing adaptive, creative, and independentStrengthening the entrepreneurial mindset at the Vocational High School (SMK) level is a strategic urgency in preparing adaptive, creative, and independent
Useful /
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Woman on board tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Perusahaan perlu meningkatkan kinerja lingkungan untuk memperkuat citra dan kepercayaanWoman on board tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Perusahaan perlu meningkatkan kinerja lingkungan untuk memperkuat citra dan kepercayaan
KJPUPIKJPUPI Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan,Revolusi Industri ke-4 (I4) menekankan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan,
DINASTIREVDINASTIREV Artikel ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi sistem berpikir kebenaran pendidikan Islam, yaitu pengetahuan, keyakinan, relativitas, nilai dan akhlak.Artikel ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi sistem berpikir kebenaran pendidikan Islam, yaitu pengetahuan, keyakinan, relativitas, nilai dan akhlak.
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Penelitian ini menerapkan perspektif pergelaran (performance perspective) untuk mengkaji aktivitas ritual keagamaan untuk mengungkap peran aspek-aspekPenelitian ini menerapkan perspektif pergelaran (performance perspective) untuk mengkaji aktivitas ritual keagamaan untuk mengungkap peran aspek-aspek