UNP KEDIRIUNP KEDIRI
EfektorEfektorKualitas pendidikan ditentukan oleh hasil belajar siswa, yang mencerminkan perubahan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan guru dalam mengajar, kecerdasan sosial, dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental (korelasional). Populasi penelitian mencakup 136 orang, terdiri dari 127 siswa dan 9 guru di SD Negeri Sembung, dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumen rapor siswa selanjutnya dianalisis menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial thitung > ttabel, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa antara keterampilan guru dalam mengajar (thitung = 3,296), kecerdasan sosial (thitung = 2,346), dan gaya belajar (thitung = 7,204) dengan (ttabel = 1,6615). Secara simultan, ketiga variabel tersebut berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, semakin baik keterampilan guru, kecerdasan sosial, dan gaya belajar siswa, semakin tinggi hasil belajar yang dicapai.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara parsial masing-masing variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.Semakin tinggi keterampilan mengajar guru, semakin baik hasil belajar siswa.Demikian pula, semakin tinggi kecerdasan sosial siswa, semakin baik capaian akademiknya.Selain itu, kesesuaian gaya belajar dengan metode pembelajaran yang digunakan juga berkontribusi positif terhadap hasil belajar.Secara simultan, ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, yang menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan guru, kecerdasan sosial, dan kesesuaian gaya belajar akan mendorong hasil belajar siswa yang lebih optimal.
Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi lebih dalam mengenai interaksi antara keterampilan guru, kecerdasan sosial siswa, dan gaya belajar dalam konteks pembelajaran yang berbeda, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran daring. Hal ini penting untuk memahami bagaimana kombinasi faktor-faktor tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan instrumen pengukuran kecerdasan sosial siswa yang lebih valid dan reliabel, serta menguji efektivitas program intervensi untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa di sekolah dasar. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran faktor-faktor lain, seperti dukungan orang tua dan lingkungan sosial, dalam memengaruhi hasil belajar siswa, serta bagaimana faktor-faktor tersebut dapat diintegrasikan dalam program peningkatan mutu pendidikan. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa dan memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif.
- Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review) | Jurnal Pendidikan Siber... doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14Faktor Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik Literature Review Jurnal Pendidikan Siber doi 10 38035 jpsn v1i1 14
- Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa | Marpaung | KOPASTA: Journal of the Counseling... doi.org/10.33373/kop.v2i2.302Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Marpaung KOPASTA Journal of the Counseling doi 10 33373 kop v2i2 302
- Analisis Prinsip dan Peran Asesmen Autentik pada Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik | Edukasi Elita... doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.133Analisis Prinsip dan Peran Asesmen Autentik pada Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Edukasi Elita doi 10 62383 edukasi v1i2 133
| File size | 405.9 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami perubahan dalam penyelesaian masalah, khususnya masalahTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami perubahan dalam penyelesaian masalah, khususnya masalah
UIGMUIGM Tingginya antusiasme terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan mengajukan pertanyaan pada sesi talkshow interaktif. Pelayanan kesehatan komprehensifTingginya antusiasme terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan mengajukan pertanyaan pada sesi talkshow interaktif. Pelayanan kesehatan komprehensif
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 884 orang remaja, dimana menggunakan teknik cluster random sampling yang tersebar di beberapa kota di JawaSampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 884 orang remaja, dimana menggunakan teknik cluster random sampling yang tersebar di beberapa kota di Jawa
UMPWRUMPWR Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) pengetahuan guru terkait strategi pembelajaran fisika berbasisData penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) pengetahuan guru terkait strategi pembelajaran fisika berbasis
Useful /
UIGMUIGM FunMath dirancang untuk meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman konsep matematika siswa, sejalan dengan prinsip kurikulum tersebut. PkM ini menggunakanFunMath dirancang untuk meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman konsep matematika siswa, sejalan dengan prinsip kurikulum tersebut. PkM ini menggunakan
UIGMUIGM Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Mitra yang memfasilitasi pelatihan dan praktik struktur pondasi ramah gempa, meliputi penyajian materi pelatihanKegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Mitra yang memfasilitasi pelatihan dan praktik struktur pondasi ramah gempa, meliputi penyajian materi pelatihan
UNISTIUNISTI Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian asosiatif. Jenis data dalam penelitian ini adalahSumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian asosiatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah
UMPWRUMPWR Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media website edutainment fisika, dapat disimpulkan bahwa media website edutainment tersebut sangat valid danBerdasarkan hasil penelitian pengembangan media website edutainment fisika, dapat disimpulkan bahwa media website edutainment tersebut sangat valid dan