JIMF BIJIMF BI
Journal of Islamic Monetary Economics and FinanceJournal of Islamic Monetary Economics and FinancePertumbuhan e-commerce tidak hanya telah memperluas industri fesyen Muslim tetapi juga mendorong pembelian impulsif di kalangan pelanggan. Artikel ini menganalisis perilaku pelanggan Muslim dengan menggunakan model S-O-R untuk mendeteksi pembelian impulsif dan penyesalan pasca-pembelian berikutnya. Dalam analisis ini, kami mempertimbangkan peran religiusitas dalam hubungan antara keduanya. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi sendiri dari 312 responden Muslim dan dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural Partial Least Square (PLS-SEM) dengan AMOS versi 24.0. Hasilnya menunjukkan bahwa sinyal keterbatasan, fear of missing out, dan live commerce memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Selain itu, sinyal keterbatasan dapat menyebabkan fear of missing out berdasarkan nilai positifnya. Pembelian impulsif juga secara konsisten berujung pada penyesalan pasca-pembelian. Namun, religiusitas melemahkan hubungan antara pembelian impulsif dan penyesalan pasca-pembelian. Religiusitas juga mengurangi penyesalan pasca-pembelian. Hasil penelitian kami dapat membantu pihak berwenang dalam memahami perilaku pembelian Muslim dan selanjutnya merumuskan inisiatif untuk mendorong pembelian fesyen yang bertujuan di kalangan Muslim.
Penelitian ini menemukan bahwa model S-O-R, yang meliputi sinyal keterbatasan, fear of missing out, dan live commerce, berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, yang juga berdampak positif pada penyesalan pasca-pembelian.Sebaliknya, religiusitas terbukti berpengaruh negatif terhadap penyesalan pasca-pembelian serta mampu melemahkan hubungan antara pembelian impulsif dan penyesalan tersebut.Temuan ini memberikan signifikansi bagi praktisi dan peneliti untuk memahami perilaku konsumen Muslim dan merancang inisiatif yang mendorong pembelian yang lebih bertujuan.
Berdasarkan temuan ini, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi arah baru yang lebih mendalam. Pertama, bagaimana hierarki kebutuhan Maslow, seperti kebutuhan akan pengakuan sosial versus pemenuhan diri, dapat memoderasi dampak stimulus live commerce terhadap pembelian impulsif fesyen Muslim? Kedua, apakah peran religiusitas sebagai penyangga penyesalan pasca-pembelian akan konsisten jika diterapkan pada produk yang berbeda, misalnya barang teknologi atau makanan, yang memiliki karakteristik konsumsi tidak sama dengan fesyen? Ketiga, sebuah pertanyaan menarik yang mungkin timbul adalah seberapa efektif penggunaan influencer religius atau penyajian konten live commerce yang secara eksplisit menampilkan nilai-nilai Islam dalam mengurangi pembelian impulsif, dibandingkan dengan hanya mengandalkan tingkat religiusitas individu konsumen. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memberikan pemahaman yang lebih kaya tentang dinamika konsumsi digital di kalangan komunitas Muslim.
- Multivariate Data Analysis (Sixth Edition) | Amsterdam University Press Journals Online. multivariate... aup-online.com/content/journals/10.5117/2006.019.003.007Multivariate Data Analysis Sixth Edition Amsterdam University Press Journals Online multivariate aup online content journals 10 5117 2006 019 003 007
- The Moderators of Post Purchase Regret. moderators purchase regret skip content journal marketing research... ibimapublishing.com/articles/JMRCS/2011/511121The Moderators of Post Purchase Regret moderators purchase regret skip content journal marketing research ibimapublishing articles JMRCS 2011 511121
- Article | KnE Open. article open social sciences issn 668x latest conference proceedings humanities arts... kneopen.com/kne-social/article/view/14291Article KnE Open article open social sciences issn 668x latest conference proceedings humanities arts kneopen kne social article view 14291
- DOI Name 10.3390 Values. name values index type timestamp data serv crossref desc prefix mdpi email admin... doi.org/10.3390DOI Name 10 3390 Values name values index type timestamp data serv crossref desc prefix mdpi email admin doi 10 3390
| File size | 1.08 MB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JIMF BIJIMF BI Dari analisis, kami lebih lanjut mencatat bahwa biaya pembiayaan dan tenaga kerja merupakan sumber utama inefisiensi di bank-bank syariah Malaysia, sementaraDari analisis, kami lebih lanjut mencatat bahwa biaya pembiayaan dan tenaga kerja merupakan sumber utama inefisiensi di bank-bank syariah Malaysia, sementara
JIMF BIJIMF BI Kedua pasar menjadi tidak efisien selama COVID-19, dan prediksi analis tidak lagi berkorelasi dengan efisiensi informasi. Hasil ini menginformasikan praktisiKedua pasar menjadi tidak efisien selama COVID-19, dan prediksi analis tidak lagi berkorelasi dengan efisiensi informasi. Hasil ini menginformasikan praktisi
JIMF BIJIMF BI Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi industri kecantikan halal lokal untuk meningkatkan strategi pemasaran dan berkontribusi pada literaturPenelitian ini memberikan wawasan berharga bagi industri kecantikan halal lokal untuk meningkatkan strategi pemasaran dan berkontribusi pada literatur
JIMF BIJIMF BI Tantangan utama yang masih ada adalah menentukan model ReTakaful yang paling sesuai untuk sektor asuransi Islam di Maroko. Hasil penelitian ini menunjukkanTantangan utama yang masih ada adalah menentukan model ReTakaful yang paling sesuai untuk sektor asuransi Islam di Maroko. Hasil penelitian ini menunjukkan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatanSimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan
JIMF BIJIMF BI Studi ini menggunakan data panel tidak seimbang dari 43 bank syariah di 15 negara antara tahun 2010 dan 2020, yang dikumpulkan secara manual dari laporanStudi ini menggunakan data panel tidak seimbang dari 43 bank syariah di 15 negara antara tahun 2010 dan 2020, yang dikumpulkan secara manual dari laporan
JIMF BIJIMF BI Penelitian ini menyimpulkan bahwa, bertentangan dengan temuan banyak penelitian sebelumnya, pemegang rekening investasi tanpa batasan menerima pengembalianPenelitian ini menyimpulkan bahwa, bertentangan dengan temuan banyak penelitian sebelumnya, pemegang rekening investasi tanpa batasan menerima pengembalian
JIMF BIJIMF BI Akses terbatas terhadap pembiayaan, diikuti dengan kesulitan dalam penyerapan hasil panen, masih merupakan masalah mendasar bagi petani. Penelitian iniAkses terbatas terhadap pembiayaan, diikuti dengan kesulitan dalam penyerapan hasil panen, masih merupakan masalah mendasar bagi petani. Penelitian ini