IBI DarmajayaIBI Darmajaya

Jurnal Bisnis DarmajayaJurnal Bisnis Darmajaya

Kepemimpinan karismatik merupakan tipe kepemimpinan yang mampu mempengaruhi nilai‑nilai anggotanya. Penelitian ini ditujukan untuk melihat faktor‑faktor employer branding dari kepemimpinan karismatik berdasarkan persepsi anggota berdasarkan generasi (generasi X dan Y) dan gender (laki‑laki dan perempuan). Berdasarkan hasil uji beda independent t‑Test, hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan berdasarkan generasi dan gender pada dimensi‑dimensi kepemimpinan karismatik. Berdasarkan gender karyawan laki‑laki mempunyai persepsi lebih positif pada dimensi kepercayaan diri, inspirasi yang memotivasi dan pengaruh ideal, sedangkan karyawan perempuan mempunyai persepsi lebih positif pada dimensi pertimbangan individual dan pengetahuan intelektual. Berdasarkan usia, karyawan remaja akhir dan dewasa awal mempunyai persepsi paling tinggi pada dimensi pengaruh ideal, karyawan usia dewasa akhir dan karyawan usia di atas 45 tahun mempunyai persepsi paling tinggi pada dimensi inspirasi yang memotivasi.

Penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan persepsi karyawan terhadap dimensi kepemimpinan karismatik berdasarkan gender, di mana karyawan laki‑laki lebih positif pada dimensi kepercayaan diri, inspirasi yang memotivasi, dan pengaruh ideal, sementara karyawan perempuan lebih positif pada dimensi pertimbangan individual serta pengetahuan intelektual.Analisis berdasarkan usia mengungkapkan bahwa karyawan usia 18‑21 tahun memiliki persepsi tertinggi pada dimensi pengaruh ideal dan terendah pada kepercayaan diri, sedangkan kelompok usia 22‑30 tahun menunjukkan persepsi tertinggi pada pengaruh ideal dan terendah pada pengetahuan intelektual.kelompok usia 31‑45 tahun menilai inspirasi yang memotivasi paling tinggi dan pengetahuan intelektual paling rendah.serta karyawan di atas 45 tahun menilai inspirasi yang memotivasi paling tinggi dan pengaruh ideal paling rendah.Secara keseluruhan, temuan ini menegaskan bahwa variabel demografis (gender dan usia) memengaruhi persepsi terhadap kepemimpinan karismatik, yang selanjutnya dapat dijadikan dasar pengembangan strategi employer branding di Rumah Batik Komar.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana media digital memengaruhi pembentukan citra employer brand di kalangan karyawan muda pada industri batik, dengan mengidentifikasi platform paling efektif serta konten yang meningkatkan daya tarik perusahaan; selanjutnya, diperlukan analisis peran mediasi budaya organisasi dalam hubungan antara kepemimpinan karismatik dan komitmen karyawan, khususnya membandingkan generasi X dan Y untuk memahami dinamika nilai‑nilai yang berbeda; terakhir, disarankan melakukan studi longitudinal yang menilai dampak program pelatihan terarah pada peningkatan kompetensi kepemimpinan karismatik, serta mengukur perubahan persepsi employer branding seiring waktu, sehingga dapat memberikan bukti empiris tentang efektivitas intervensi dalam meningkatkan loyalitas dan produktivitas tenaga kerja.

  1. #usia dewasa#usia dewasa
  2. #persepsi karyawan#persepsi karyawan
File size745.42 KB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test