IBI DarmajayaIBI Darmajaya

Jurnal Bisnis DarmajayaJurnal Bisnis Darmajaya

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analsis harga terhadap room occupancy pada hotel dan penginapan di Kota Pangkalpinang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder mengenai harga (tarif kamar) dan tingkat hunian kamar (room occupancy) pada 13 hotel dan 7 penginapan di Kota Pangkalpinang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Temuan dari penelitian ini adalah harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap room occupancy. Sedangkan, berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, pengaruh harga terhadap room occupancy Hotel di Kota Pangkalpinang adalah sangat kuat, yakni sebesar 74,8%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 25,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kualitas layanan, kepuasan pelanggan, promosi dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Temuan dalam kajian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga dengan tingkat hunian kamar (room occupancy), dimana setiap peningkatan harga kamar sebesar satu persen, maka akan mengakibatkan tingkat hunian kamar pada hotel dan penginapan di Kota Pangkalpinang meningkat sebesar 0,20.Sedangkan berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi dan determinasi, pengaruh harga terhadap tingkat hunian kamar hotel dan penginapan di Kota Pangkalpinang adalah sangat kuat, yakni sebesar 74,8%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 25,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kualitas layanan, kepuasan pelanggan, promosi dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Saran penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah, bagaimana pengaruh promosi dan strategi pemasaran terhadap tingkat hunian kamar di hotel dan penginapan di Kota Pangkalpinang? Pertanyaan ini penting untuk mengetahui faktor-faktor tambahan yang dapat meningkatkan occupancy rate. Selain itu, penelitian lain dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan pada gilirannya mempengaruhi tingkat hunian. Akhirnya, penting juga untuk mengkaji pengaruh harga kompetitif di hotel dengan kategori berbeda, untuk memahami lebih dalam tentang perilaku konsumen dalam memilih akomodasi.

  1. #pengaruh harga produk#pengaruh harga produk
File size278.25 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test