JIMF BIJIMF BI
Journal of Islamic Monetary Economics and FinanceJournal of Islamic Monetary Economics and FinanceStudi ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku nasabah perbankan syariah Indonesia dalam memanfaatkan layanan perbankan digital dengan menggunakan Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi (UTAUT 2). Faktor-faktor yang diteliti meliputi harapan efort dan kinerja, pengaruh sosial, kondisi memfasilitasi, nilai harga, motivasi hedonik, kebiasaan, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual. Studi ini juga menguji apakah gaya hidup Islam memoderasi peran pengaruh sosial, kebiasaan, dan motivasi spiritual dalam kecenderungan memanfaatkan perbankan digital syariah. Data dikumpulkan dari 195 milenial Indonesia dan dianalisis menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil menunjukkan bahwa tidak semua faktor memiliki efek positif terhadap kecenderungan memanfaatkan layanan perbankan digital syariah. Harapan kinerja, pengaruh sosial, nilai harga, kebiasaan, dan gaya hidup Islam memiliki efek positif yang kuat terhadap keinginan menggunakan perbankan digital. Sementara itu, kondisi memfasilitasi, motivasi hedonik, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual hanya berdampak sedikit terhadap niat penggunaan. Akhirnya, studi ini mencatat tidak adanya peran moderasi dari gaya hidup Islam.
Studi ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku nasabah perbankan syariah Indonesia dalam memanfaatkan layanan perbankan digital dengan menggunakan Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi (UTAUT 2).Faktor-faktor yang diteliti meliputi harapan efort dan kinerja, pengaruh sosial, kondisi memfasilitasi, nilai harga, motivasi hedonik, kebiasaan, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual.Studi ini juga menguji apakah gaya hidup Islam memoderasi peran pengaruh sosial, kebiasaan, dan motivasi spiritual dalam kecenderungan memanfaatkan perbankan digital syariah.Data dikumpulkan dari 195 milenial Indonesia dan dianalisis menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).Hasil menunjukkan bahwa tidak semua faktor memiliki efek positif terhadap kecenderungan memanfaatkan layanan perbankan digital syariah.Harapan kinerja, pengaruh sosial, nilai harga, kebiasaan, dan gaya hidup Islam memiliki efek positif yang kuat terhadap keinginan menggunakan perbankan digital.Sementara itu, kondisi memfasilitasi, motivasi hedonik, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual hanya berdampak sedikit terhadap niat penggunaan.Akhirnya, studi ini mencatat tidak adanya peran moderasi dari gaya hidup Islam.Harapan kinerja, pengaruh sosial, nilai harga, kebiasaan, dan gaya hidup Islam secara signifikan meningkatkan niat penggunaan perbankan digital syariah, sedangkan faktor-faktor seperti harapan usaha, kondisi memfasilitasi, motivasi hedonik, motivasi spiritual, dan kemampuan mencoba tidak berpengaruh signifikan.Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana pengalaman pengguna digital banking syariah yang berbeda berdasarkan tingkat pemahaman agama mereka memengaruhi keputusan mereka untuk terus menggunakan layanan tersebut.Selain itu, bisa dikembangkan studi yang membandingkan niat penggunaan digital banking antara nasabah syariah dan konvensional di kalangan milenial Indonesia, untuk melihat apakah nilai-nilai keagamaan benar-benar menjadi pembeda utama dalam adopsi teknologi keuangan.Terakhir, penelitian yang mengintegrasikan aspek budaya lokal seperti kebiasaan bertransaksi tradisional atau pengaruh komunitas desa/kota dapat menjadi pendekatan baru untuk memahami mengapa beberapa faktor seperti motivasi spiritual dan kemampuan mencoba tidak berpengaruh signifikan dalam konteks Indonesia, sehingga model UTAUT2 bisa disesuaikan lebih tepat dengan realitas sosial-keagamaan masyarakat setempat.Temuan ini menunjukkan bahwa strategi promosi perbankan syariah harus fokus pada manfaat fungsional, norma sosial, harga yang sepadan, dan penguatan kebiasaan penggunaan, sementara upaya meningkatkan motivasi spiritual atau kemampuan mencoba tidak perlu menjadi prioritas utama.THE ISLAMIC BANKING CUSTOMERS INTENTION TO USE DIGITAL BANKING SERVICES.Studi ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku nasabah perbankan syariah Indonesia dalam memanfaatkan layanan perbankan digital dengan menggunakan Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi (UTAUT 2).Faktor-faktor yang diteliti meliputi harapan efort dan kinerja, pengaruh sosial, kondisi memfasilitasi, nilai harga, motivasi hedonik, kebiasaan, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual.Studi ini juga menguji apakah gaya hidup Islam memoderasi peran pengaruh sosial, kebiasaan, dan motivasi spiritual dalam kecenderungan memanfaatkan perbankan digital syariah.Data dikumpulkan dari 195 milenial Indonesia dan dianalisis menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).Hasil menunjukkan bahwa tidak semua faktor memiliki efek positif terhadap kecenderungan memanfaatkan layanan perbankan digital syariah.Harapan kinerja, pengaruh sosial, nilai harga, kebiasaan, dan gaya hidup Islam memiliki efek positif yang kuat terhadap keinginan menggunakan perbankan digital.Sementara itu, kondisi memfasilitasi, motivasi hedonik, kemampuan mencoba, dan motivasi spiritual hanya berdampak sedikit terhadap niat penggunaan.Akhirnya, studi ini mencatat tidak adanya peran moderasi dari gaya hidup Islam.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana pengalaman pengguna digital banking syariah yang berbeda berdasarkan tingkat pemahaman agama mereka memengaruhi keputusan mereka untuk terus menggunakan layanan tersebut. Selain itu, bisa dikembangkan studi yang membandingkan niat penggunaan digital banking antara nasabah syariah dan konvensional di kalangan milenial Indonesia, untuk melihat apakah nilai-nilai keagamaan benar-benar menjadi pembeda utama dalam adopsi teknologi keuangan. Terakhir, penelitian yang mengintegrasikan aspek budaya lokal seperti kebiasaan bertransaksi tradisional atau pengaruh komunitas desa/kota dapat menjadi pendekatan baru untuk memahami mengapa beberapa faktor seperti motivasi spiritual dan kemampuan mencoba tidak berpengaruh signifikan dalam konteks Indonesia, sehingga model UTAUT2 bisa disesuaikan lebih tepat dengan realitas sosial-keagamaan masyarakat setempat.
| File size | 436.34 KB |
| Pages | 26 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JIMF BIJIMF BI Berdasarkan hasil potensi peningkatan, pembiayaan dan biaya tenaga kerja merupakan sumber utama inefisiensi di bank-bank syariah Malaysia, dimana asetBerdasarkan hasil potensi peningkatan, pembiayaan dan biaya tenaga kerja merupakan sumber utama inefisiensi di bank-bank syariah Malaysia, dimana aset
JIMF BIJIMF BI Namun demikian, tantangan utama adalah menentukan model kontribusi ReTakaful yang sesuai untuk sektor asuransi Islam Maroko dengan memastikan kepatuhanNamun demikian, tantangan utama adalah menentukan model kontribusi ReTakaful yang sesuai untuk sektor asuransi Islam Maroko dengan memastikan kepatuhan
JIMF BIJIMF BI Penelitian ini menginvestigasi tingkat pengembalian yang disesuaikan dengan risiko yang diterima oleh pemegang rekening investasi tanpa batasan dan pemegangPenelitian ini menginvestigasi tingkat pengembalian yang disesuaikan dengan risiko yang diterima oleh pemegang rekening investasi tanpa batasan dan pemegang
JIMF BIJIMF BI Penelitian ini meneliti pengaruh kredibilitas influencer dan kesadaran halal terhadap niat pembelian serta peran nilai persepsi sebagai faktor mediasi.Penelitian ini meneliti pengaruh kredibilitas influencer dan kesadaran halal terhadap niat pembelian serta peran nilai persepsi sebagai faktor mediasi.
Useful /
BERPUSIBERPUSI Data dikumpulkan menggunakan Panduan Wawancara. Peneliti menyimpulkan bahwa para peserta penelitian memandang pelaksanaan program Catch‑Up Friday sebagaiData dikumpulkan menggunakan Panduan Wawancara. Peneliti menyimpulkan bahwa para peserta penelitian memandang pelaksanaan program Catch‑Up Friday sebagai
JIMF BIJIMF BI Sebaliknya, religiusitas terbukti berpengaruh negatif terhadap penyesalan pasca-pembelian serta mampu melemahkan hubungan antara pembelian impulsif danSebaliknya, religiusitas terbukti berpengaruh negatif terhadap penyesalan pasca-pembelian serta mampu melemahkan hubungan antara pembelian impulsif dan
JIMF BIJIMF BI Ukuran DPS, frekuensi rapat, keberagaman gender, dan keberadaan anggota asing tidak berpengaruh signifikan terhadap risiko kebangkrutan, menunjukkan bahwaUkuran DPS, frekuensi rapat, keberagaman gender, dan keberadaan anggota asing tidak berpengaruh signifikan terhadap risiko kebangkrutan, menunjukkan bahwa
UMBUMB Tujuan penelitian ini adalah merancang workstation dengan prinsip ergonomi untuk membantu mengurangi keluhan fisik pekerja. Metode penelitian dalam studiTujuan penelitian ini adalah merancang workstation dengan prinsip ergonomi untuk membantu mengurangi keluhan fisik pekerja. Metode penelitian dalam studi