BERPUSIBERPUSI

Journal of General Education ScienceJournal of General Education Science

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi guru tingkat menengah di sekolah umum mengenai pelaksanaan program Catch‑Up Day. Enam (6) guru tingkat menengah dari sebuah sekolah umum berpartisipasi dalam studi kasus tunggal ini, yang bertujuan memahami pandangan guru terhadap program yang dirancang untuk mendukung siswa yang mengalami kesulitan belajar. Data dikumpulkan menggunakan Panduan Wawancara.

Peneliti menyimpulkan bahwa para peserta penelitian memandang pelaksanaan program Catch‑Up Friday sebagai tantangan yang signifikan namun berpotensi memberikan manfaat bagi siswa.Meskipun program ini menambah beban kerja guru, guru menilai program ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.Kendala seperti peningkatan beban kerja, kesulitan pemahaman bacaan siswa, dan kurangnya dukungan orang tua dihadapi dengan strategi kolaboratif, penyediaan kegiatan take‑home, dan komunikasi aktif dengan orang tua.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana penyediaan materi ajar yang terstandarisasi memengaruhi beban kerja guru dan hasil belajar siswa dalam program Catch‑Up Friday, sehingga dapat mengidentifikasi apakah sumber daya yang lebih terstruktur mengurangi beban administratif dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selanjutnya, studi dapat menguji dampak intervensi keterlibatan orang tua, misalnya melalui pelatihan atau komunikasi rutin, terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa dan partisipasi mereka di hari penebusan, guna mengatasi kurangnya dukungan keluarga yang menjadi salah satu hambatan utama. Terakhir, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas penggunaan alat digital interaktif, seperti aplikasi membaca berbasis game, dalam meningkatkan motivasi siswa, mengurangi rasa bosan, dan memperbaiki hasil membaca, dengan membandingkan kelompok yang menggunakan teknologi tersebut dengan kelompok kontrol yang menjalankan metode tradisional.

  1. OSF. 0 doi.org/10.17605/OSF.IO/9JXW3OSF 0 doi 10 17605 OSF IO 9JXW3
  2. Impact of Related Activities on Reading Comprehension of EFL Students | Alghonaim | English Language... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/0/42277Impact of Related Activities on Reading Comprehension of EFL Students Alghonaim English Language ccsenet journal index php elt article view 0 42277
  3. Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment | International... doi.org/10.1186/s41239-019-0147-0Investigating self directed learning and technology readiness in blending learning environment International doi 10 1186 s41239 019 0147 0
  4. The Effectiveness of Peer Tutoring in Enhancing Reading Comprehension of Ninth Grade Students | Canadian... doi.org/10.53103/cjlls.v3i4.108The Effectiveness of Peer Tutoring in Enhancing Reading Comprehension of Ninth Grade Students Canadian doi 10 53103 cjlls v3i4 108
  1. #guru motivasi siswa#guru motivasi siswa
  2. #catchup friday program#catchup friday program
File size322.51 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test