UNWUNW
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DiniIndonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DiniDalam proses mendidik anak, peran orang tua harus mempunyai kemampuan dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain gawai, menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, agar anak tidak merasa bosan dan jenuh. Orang tua perlu menerapkan aturan kepada anak-anaknya dalam menggunakan gawai. Untuk bisa memanfaatkan gawai dengan efektif harusnya sebagai orang tua bisa memahami dan menjelaskan mengenai konten yang ada pada gawai. Tanpa adanya pendampingan dari orangtua penggunaan gawai tidak akan berfokus pada apa yang diajarkan orangtua. Media pembelajaran ini ditujukan untuk kalangan anak dan orang tua. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak gawai terhadap anak usia dini melalui media video audio dan visual, yang diharapkan mampu menjadi media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menambah wawasan terhadap orang tua dan anak sehingga diharapkan menambah pengetahuan anak dan orang tua terhadap media pembelajaran animasi interaktif yang sudah dirancang yaitu Multimedia tentang Dampak Gawai Terhadap Anak Usia Dini.
Berdasarkan hasil penelitian, video interaktif edukasi tentang dampak penggunaan gawai terhadap anak usia dini merupakan sarana edukasi yang baik dalam membimbing dan mengawasi anak dalam proses belajar dan beraktivitas.Fitur-fitur media pada gawai dapat menambah wawasan orang tua dan anak.Oleh karena itu, video interaktif ini direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak gawai pada anak usia dini.
Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk menguji efektivitas berbagai jenis konten edukatif dalam format multimedia interaktif terhadap peningkatan pemahaman anak usia dini mengenai topik-topik lain selain dampak gawai. Studi komparatif juga dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas penggunaan multimedia interaktif dengan metode pembelajaran konvensional dalam menyampaikan informasi kepada anak usia dini dan orang tua. Selain itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor kontekstual seperti latar belakang sosial ekonomi keluarga dan tingkat pendidikan orang tua terhadap penerimaan dan pemanfaatan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran di rumah.
| File size | 517.15 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1). Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikutiDari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1). Rerata hasil belajar siswa adalah 73,60. Ketuntasan klasikal sebesar 91,67% (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti
UNWUNW Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek yang digunakanMetode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan
UNWUNW pertemuan antara guru-siswa menjadi sangat penting, sebab dari pertemuan itulah transformasi ilmu yang terdapat di dalam UU Sisdiknas dan Permendikbudpertemuan antara guru-siswa menjadi sangat penting, sebab dari pertemuan itulah transformasi ilmu yang terdapat di dalam UU Sisdiknas dan Permendikbud
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain posttest‑only control group, melibatkan 37 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimenMetode yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain posttest‑only control group, melibatkan 37 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptifHasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pengumpulan data dilakukan dengan tes (kemampuan penalaran matematis) dan nontes (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) untuk mengetahui kemampuanPengumpulan data dilakukan dengan tes (kemampuan penalaran matematis) dan nontes (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) untuk mengetahui kemampuan
ULUMUNAULUMUNA Pendekatan fenomenologis dalam studi agama telah memainkan peran penting dalam mengungkap misteri pengalaman religius. Dengan konsep epoché, yang merujukPendekatan fenomenologis dalam studi agama telah memainkan peran penting dalam mengungkap misteri pengalaman religius. Dengan konsep epoché, yang merujuk
ULUMUNAULUMUNA Penelitian ini memperkenalkan iden-iden baru dalam studi pemikiran Tasawuf. Mengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal,Penelitian ini memperkenalkan iden-iden baru dalam studi pemikiran Tasawuf. Mengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal,