ISI YogyakartaISI Yogyakarta

Resital: Jurnal Seni PertunjukanResital: Jurnal Seni Pertunjukan

Artikel ini mendeskripsikan model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan memanfaatkan perkakas tangan sebagai media kreativitasnya. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Bandung ini mengungkap tentang rancangan, implementasi, dan efektivitas model pembelajaran, serta upaya pencapaian tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi musikal siswa. Penelitian ini menggunakan action research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dengan berbasis pada kegiatan eksperimen musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan mendayagunakan keunikan sekolah kejuruan yakni penggunaan perkakas tangan sebagai media kreativitas siswa, sangat efektif dan efisien dalam mengembangkan proses pembelajaran seni musik, khususnya dalam membangun dan mengembangkan kompetensi musikal siswa.

Penelitian ini telah mencapai tujuannya yaitu mendeskripsikan rancangan, efektivitas, dan mengimplementasikan model pembelajaran komposisi musik berbasis komposisi musik sekolah melalui pemanfaatan perkakas tangan sebagai media kreatif di SMKN 12 Bandung.Model ini diterapkan dengan mempertimbangkan kondisi objektif siswa dan dipadukan dengan bimbingan serta latihan guru.Hasil analisis data menunjukkan peningkatan dan pengembangan kreativitas siswa, serta perubahan mendasar berupa rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, kepekaan, dan produktivitas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan perkakas tangan terhadap perkembangan kreativitas musikal siswa dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat kreativitas secara lebih objektif. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran komposisi musik dengan memanfaatkan perkakas tangan pada jenjang pendidikan yang berbeda, seperti sekolah dasar atau perguruan tinggi, untuk mengetahui adaptasi dan efektivitas model tersebut. Ketiga, penelitian dapat dilakukan untuk menginvestigasi potensi penggunaan perkakas tangan dalam pengembangan musik tradisional atau musik kontemporer, serta bagaimana integrasi ini dapat memperkaya khazanah musik Indonesia. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan musik yang inovatif dan relevan dengan konteks budaya serta kebutuhan siswa.

  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
File size1.58 MB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test