ISI YogyakartaISI Yogyakarta
Resital: Jurnal Seni PertunjukanResital: Jurnal Seni PertunjukanArtikel ini mendeskripsikan model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan memanfaatkan perkakas tangan sebagai media kreativitasnya. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Bandung ini mengungkap tentang rancangan, implementasi, dan efektivitas model pembelajaran, serta upaya pencapaian tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi musikal siswa. Penelitian ini menggunakan action research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dengan berbasis pada kegiatan eksperimen musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran komposisi musik sekolah dengan mendayagunakan keunikan sekolah kejuruan yakni penggunaan perkakas tangan sebagai media kreativitas siswa, sangat efektif dan efisien dalam mengembangkan proses pembelajaran seni musik, khususnya dalam membangun dan mengembangkan kompetensi musikal siswa.
Penelitian ini telah mencapai tujuannya yaitu mendeskripsikan rancangan, efektivitas, dan mengimplementasikan model pembelajaran komposisi musik berbasis komposisi musik sekolah melalui pemanfaatan perkakas tangan sebagai media kreatif di SMKN 12 Bandung.Model ini diterapkan dengan mempertimbangkan kondisi objektif siswa dan dipadukan dengan bimbingan serta latihan guru.Hasil analisis data menunjukkan peningkatan dan pengembangan kreativitas siswa, serta perubahan mendasar berupa rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, kepekaan, dan produktivitas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan perkakas tangan terhadap perkembangan kreativitas musikal siswa dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat kreativitas secara lebih objektif. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran komposisi musik dengan memanfaatkan perkakas tangan pada jenjang pendidikan yang berbeda, seperti sekolah dasar atau perguruan tinggi, untuk mengetahui adaptasi dan efektivitas model tersebut. Ketiga, penelitian dapat dilakukan untuk menginvestigasi potensi penggunaan perkakas tangan dalam pengembangan musik tradisional atau musik kontemporer, serta bagaimana integrasi ini dapat memperkaya khazanah musik Indonesia. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan musik yang inovatif dan relevan dengan konteks budaya serta kebutuhan siswa.
| File size | 1.58 MB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Dengan platform digital, siswa dapat mengakses sumber informasi keragaman budaya, memperkaya pengetahuan, empati, dan toleransi. Integrasi teknologi melaluiDengan platform digital, siswa dapat mengakses sumber informasi keragaman budaya, memperkaya pengetahuan, empati, dan toleransi. Integrasi teknologi melalui
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Hasil menunjukkan transmisi tinggi struktur musik inti dengan variasi adaptif sistematis dalam konten teks, mendukung prediksi teori penarikan budaya tentangHasil menunjukkan transmisi tinggi struktur musik inti dengan variasi adaptif sistematis dalam konten teks, mendukung prediksi teori penarikan budaya tentang
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkanHasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Pembonang memegang peranan utama dalam sajian gending sekaten, karena bonang berfungsi sebagai pamurba lagu dan pamurba wirama, sementara pengrawit lainnyaPembonang memegang peranan utama dalam sajian gending sekaten, karena bonang berfungsi sebagai pamurba lagu dan pamurba wirama, sementara pengrawit lainnya
Useful /
UTMUTM Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkayaPengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkaya
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengintegrasikan analisis etnomusikologis, observasi lapangan, dan kerangka interpretatif untuk mengkajiMenggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengintegrasikan analisis etnomusikologis, observasi lapangan, dan kerangka interpretatif untuk mengkaji
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Fenomena ini menandakan pergeseran makna dan fungsi, di mana masyarakat tidak lagi berada pada posisi identitas yang mapan, melainkan berada dalam ruangFenomena ini menandakan pergeseran makna dan fungsi, di mana masyarakat tidak lagi berada pada posisi identitas yang mapan, melainkan berada dalam ruang
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Penelitian ini menekankan peran musik film sebagai media revitalisasi nilai-nilai tradisional di tengah tantangan modernisasi dan pelemahan tradisi lisan.Penelitian ini menekankan peran musik film sebagai media revitalisasi nilai-nilai tradisional di tengah tantangan modernisasi dan pelemahan tradisi lisan.