ISI YogyakartaISI Yogyakarta

Resital: Jurnal Seni PertunjukanResital: Jurnal Seni Pertunjukan

Media ajar berupa nyanyian atau lagu dipandang sangat penting untuk membantu pencapaian tujuan pendidikan yang dilakukan dalam suatu proses belajar mengajar baik formal maupun nonformal. Salah satu media ajar yang dapat digunakan untuk membantu anak-anak prasekolah dalam memahami pesan pendidikan adalah lagu anak-anak. Tujuan pokok penelitian ini adalah menguji penciptaan lagu anak-anak dikaitkan dengan daya gunanya untuk menyampaikan pesan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode terapan. Subjek penelitian adalah para guru prasekolah. Langkah uji dilakukan dengan cara memperdengarkan lagu dan menirukan lagu yang diperdengarkan dan disampaikan pesan lagu dalam bentuk nyanyian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru tampak tertarik dengan lagu yang diperdengarkan. Selain itu, guru dapat dengan mudah menirukan lagu yang diperdengarkan dan menangkap isi atau pesan lagu.

Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk lagu anak-anak yang diujicobakan pada para guru yang menjadikan produk ini sebagai media bahan ajar untuk menyampaikan pesan pendidikan pada anak-anak prasekolah yang dilakukan dengan cara bernyanyi.Guru dengan mudah menyanyikan lagu tersebut sebagai media bahan ajar untuk para anak didik prasekolah.Guru dapat menangkap pesan lagunya seolah ia telah mengajarkannya pada anak didik.

Penelitian ini membuka peluang untuk kajian lebih lanjut yang lebih mendalam. Karena uji coba hanya dilakukan pada guru, penelitian selanjutnya bisa fokus untuk mengukur dampak langsung lagu-lagu ini terhadap anak prasekolah sebagai target akhir, dengan meneliti sejauh mana lagu-lagu tersebut benar-benar dapat meningkatkan pemahaman dan mengubah perilaku anak. Selanjutnya, mengingat kendala guru dalam menciptakan lagu, sebuah penelitian dapat dikembangkan untuk merancang dan menguji efektivitas sebuah program pelatihan khusus yang bertujuan memberdayakan guru agar mampu menciptakan karya lagu pendidikan sendiri yang relevan dengan konteks budaya dan kebutuhan lokal siswa. Terakhir, menarik untuk meneliti mengapa anak-anak lebih tertarik pada lagu dewasa dengan membandingkan elemen musik dan lirik dari lagu-lagu populer dewasa dengan lagu anak ciptaan peneliti untuk menemukan formula pembuatan lagu pendidikan yang lebih modern dan menarik, sehingga tidak kalah saing dengan lagu-lagu di media mainstream.

  1. Music As An Integrated Education Tool for Preschool Students | Wadiyo | Harmonia: Journal of Arts Research... doi.org/10.15294/harmonia.v15i2.4691Music As An Integrated Education Tool for Preschool Students Wadiyo Harmonia Journal of Arts Research doi 10 15294 harmonia v15i2 4691
  1. #coba produk lagu#coba produk lagu
File size601.71 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test