UNWUNW

Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DiniIndonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Anak merupakan gererasi penerus bangsa yang memiliki karakteristik perkembangan yang menjadikan mereka individu yang unik. Keberadaan anak menentukan maju atau mundurnya perkembangan suatu bangsa di masa sekarang hingga yang akan datang. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru Taman Kanak-Kanak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator, dan innovator dalam pengembangan bakat dan minat anak melalui pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Pengembangan bakat, minat, dan kreativitas anak merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama melalui pembelajaran daring yang memudahkan transfer informasi.Pada masa pandemi, teknologi dan peran guru sangat krusial untuk menyediakan sarana belajar yang efektif di rumah, dengan memanfaatkan berbagai media seperti WhatsApp, Google Classroom, dan aplikasi lainnya.Meskipun terdapat kendala teknis, solusi yang tepat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam penggunaan internet untuk pembelajaran.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas platform digital tertentu, seperti Zoom versus Google Classroom, dalam mendukung pengembangan bakat anak usia dini pada pembelajaran jarak jauh, sehingga dapat memberikan rekomendasi platform yang paling sesuai. Selanjutnya, studi dapat meneliti peran keterlibatan orang tua dalam memperkuat upaya guru sebagai fasilitator bakat dan minat anak selama pembelajaran daring, dengan mengidentifikasi strategi kolaboratif yang meningkatkan hasil belajar. Akhirnya, diperlukan pengembangan dan evaluasi program pelatihan guru yang berfokus pada inovasi identifikasi dan pengembangan bakat di lingkungan daring, untuk menilai dampaknya terhadap motivasi serta pencapaian kompetensi anak.

  1. #motorik anak usia#motorik anak usia
  2. #peran guru pai#peran guru pai
File size381.44 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test