IAIN MADURAIAIN MADURA

AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata SosialAL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial

Islam menjiwai dan mewarnai perilaku manusia dalam berpikir, bersikap maupun bertindak dengan batas-batas yang telah ditetapkan, dalam rangka pengabdian kepada Allah swt. Setelah melalui perdebatan sengit selama berabad-abad tentang perilaku bunga uang (ribâ, interest) dalam menentukan perilaku ekonomi manusia, antara diharamkan atau dibolehkan, kini muncul di hadapan kita keputusan di mana terbuka jalan bagi yang mengharamkan bunga dan bagi yang membolehkan atau bahkan mengharuskannya dengan konsep yang lebih Islâmî dan dapat diterima oleh berbagai pihak terutama mayoritas penduduk Indonesia yang notabene beragama Islam dengan apa yang dikenal sebagai bank syarîah dan takâful (asuransi Islâm). Melalui kedua lembaga inilah kita berharap dapat menyaksikan pada satu saat terwujudnya “gurita ekonomi umat yang dahsyat, apabila tingkat kelembagaan ekonomi syarîah (BMI, BSI, BPRS, BMT dan STI) dengan berpedoman pada taâwanû alâ al-birr wa al-taqwâ, wa lâ taâwanû alâ al-itsm wa al-udwân. Kerjasama ini hendaklah profesional. Untuk itu perlu dibangun manajemen yang Islâmî, yang didukung dengan sumber daya terampil, yang bekerja dengan keyakinan dan teguh dalam pendirian serta memiliki moral atau akhlaq yang luhur.

Pengembangan bank syarîah dan takâful di Indonesia menunjukkan kemajuan yang pesat, dengan adanya dorongan dari kebijakan pemerintah dan kesadaran masyarakat.Bank syarîah beroperasi tanpa bunga dan menawarkan sistem bagi hasil sebagai alternatif yang lebih adil untuk perekonomian umat.Penting untuk terus meneliti dan mengembangkan lembaga-lembaga keuangan syarîah agar dapat bersaing dengan sistem keuangan konvensional dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya, perlu dilakukan penelitian mengenai dampak sistem yang diimplementasikan bank syarîah terhadap keputusan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah rural. Selain itu, penelitian lebih dalam mengenai persepsi masyarakat terhadap produk takâful juga diperlukan untuk meningkatkan partisipasi umat dalam jenis asuransi ini. Terakhir, penting untuk mengeksplorasi berbagai strategi pemasaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam agar lembaga keuangan ini dapat menjangkau lebih banyak nasabah, khususnya di kalangan generasi muda yang cenderung berpindah ke layanan digital.

File size355.5 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test