LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Autopilot pada pesawat dikembangkan berdasarkan pada modus gerak pesawat yaitu modus gerak longitudinal dan lateral-directional. Pada makalah ini, dirancang autopilot pada modus gerak lateral-directional untuk pesawat LSU-05. Autopilot dirancang pada range kecepatan operasi pesawat yaitu 15 m/dtk, 20 m/dtk, 25 m/dtk, dan 30 m/dtk dengan ketinggian 1000 m. Autopilot yang dirancang adalah Roll Attitude Hold, Heading Hold dan Waypoint Following. Autopilot dirancang berdasarkan model linier dalam bentuk state-space. Pengendali yang digunakan adalah pengendali Proportional-Integral-Derivative (PID). Hasil simulasi menunjukan nilai overshoot/undershoot tidak melebihi 5% dan settling time kurang dari 30 detik jika diberikan perintah step.

Sistem lateral-directional autopilot untuk pesawat LSU-05 menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan data preliminary.Autopilot roll attitude hold menunjukkan hasil yang baik menggunakan pengendali PI.Dengan settling time kurang dari 1,5 detik dan overshoot kurang dari 1,3%.Heading hold dirancang berdasarkan sudut bank yang diperlukan.Settling time untuk setiap kecepatan kurang dari 30 detik, dan overshoot kurang dari 1,7%.

Penelitian lanjutan dapat melibatkan integrasi algoritma pengendali berbasis jaringan saraf tiruan atau fuzzy logic untuk meningkatkan kestabilan dinamis pesawat. Selain itu, perlu dilakukan analisis efek gangguan eksternal seperti angin atau turbulensi terhadap kinerja autopilot. Perbaikan parameter δ pada waypoint following untuk meminimalkan cross-track error semakin kecil perlu diuji lebih lanjut.

File size1.13 MB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test