PERADABANPERADABAN
Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA). Teknik pengambilan data mengunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kesalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%. Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kasalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%.Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, seperti gaya belajar, motivasi belajar, atau tingkat pemahaman konsep matematika dasar. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi pada siswa, misalnya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran kolaboratif. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran yang interaktif, seperti simulasi 3D atau aplikasi matematika, terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep volume bangun ruang dan mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita.
| File size | 302.93 KB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-1ky |
| DMCA | Report |
Related /
PERADABANPERADABAN Selain itu, siswa memahami dari hasil belajarnya sendiri bukan sekedar dari apa yang disampaikan oleh guru di kelas, melainkan juga berdasarkan pengalamanSelain itu, siswa memahami dari hasil belajarnya sendiri bukan sekedar dari apa yang disampaikan oleh guru di kelas, melainkan juga berdasarkan pengalaman
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasilKegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasil
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semesterPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semester
UNISMUHUNISMUH Analisis N-Gain yang diperolah sebesar 0,64 yang berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbingAnalisis N-Gain yang diperolah sebesar 0,64 yang berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat analisis korelasional dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat gaya belajar visual, auditorialPenelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat analisis korelasional dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat gaya belajar visual, auditorial
UNISMUHUNISMUH Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar. Instrument yang digunakan adalah angket sikap ilmiah dengan 3 indikator yaituPopulasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 14 Makassar. Instrument yang digunakan adalah angket sikap ilmiah dengan 3 indikator yaitu
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerjaPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja
Useful /
RUMAHJURNALRUMAHJURNAL Ia menekankan pentingnya keadilan, transparansi dan intervensi pemerintah di pasar untuk mencegah eksploitasi dan ketidakadilan. Konsep equal price yangIa menekankan pentingnya keadilan, transparansi dan intervensi pemerintah di pasar untuk mencegah eksploitasi dan ketidakadilan. Konsep equal price yang
AIRAAIRA Sampai saat ini, pembayaran pajak kendaraan bermotor telah dicatat menggunakan buku besar untuk setiap transaksi, sehingga sangat sulit bagi pelangganSampai saat ini, pembayaran pajak kendaraan bermotor telah dicatat menggunakan buku besar untuk setiap transaksi, sehingga sangat sulit bagi pelanggan
UACUAC Namun, banyak hal yang akan menantang studi semacam ini, sesuatu yang baru bagi konsep studi konfirmatif di Indonesia, termasuk beberapa istilah baru dalamNamun, banyak hal yang akan menantang studi semacam ini, sesuatu yang baru bagi konsep studi konfirmatif di Indonesia, termasuk beberapa istilah baru dalam
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IA2 yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan data di dilakukan dengan tes pemahamanPenelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IA2 yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan data di dilakukan dengan tes pemahaman