PERADABANPERADABAN

Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA). Teknik pengambilan data mengunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kesalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%. Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah untuk soal yang cenderung mudah siswa paling banyak melakukan kasalahan tipe penarikan kesimpulan dengan persentase sebesar 62,5%, kesalahan tipe memahami 12,5%, kesalahan tipe transformasi 6,25%, dan kesalahan tipe keterampilan proses 0%.Untuk soal yang cenderung lebih rumit, siswa melakukan kesalahan pada tipe transformasi dengan persentase 62,5%, kesalahan tipe memahami 31,25%, kesalahan tipe membaca 6,25%, kesalahan tipe keterampilan proses dan penarikan kesimpulan 0%.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, seperti gaya belajar, motivasi belajar, atau tingkat pemahaman konsep matematika dasar. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi pada siswa, misalnya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah atau pembelajaran kolaboratif. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran yang interaktif, seperti simulasi 3D atau aplikasi matematika, terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep volume bangun ruang dan mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita.

Read online
File size302.93 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1ky
DMCAReport

Related /

ads-block-test