LAPANLAPAN

Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi Dirgantara

Prediksi dari beban aerodinamika yang terjadi pada sayap menjadi salah satu tahap yang penting dalam analisis struktur perancangan pesawat. Beberapa metode telah digunakan untuk mengestimasi besarnya beban aerodinamika pada sayap. Metode Schrenk umum digunakan untuk estimasi cepat perhitungan besar distribusi gaya angkat di sepanjang sayap. Guna mencapai tingkat akurasi yang tinggi dari prediksi aerodinamika, simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan berbasis persamaan Navier-Stokes dapat digunakan. Pesawat nirawak LSU dipilih untuk merepresentasikan analisis aerodinamika pada pesawat nirawak dengan konfigurasi twin-tailboom pusher. Fokus dari studi yang dilakukan adalah untuk memverifikasi dari metode pendekatan dari Schrenk dengan menggunakan metode yang memiliki akurasi tinggi seperti simulasi CFD. Tujuan dari studi adalah untuk menghitung distribusi gaya angkat sepanjang sayap dan menentukan seberapa besar error dari kedua metode.

Dalam kasus profil sayap pesawat nirawak kecil, deviasi tertinggi terjadi saat distribusi mencapai ujung sayap.Metode Schrenk cenderung menghasilkan nilai yang lebih tinggi di ujung sayap karena kontribusi distribusi gaya angkat planform.Namun, hasil metode Schrenk menunjukkan kesamaan dengan simulasi CFX.Dengan demikian, kedua hasil tersebut telah diverifikasi dalam analisis pembebanan sayap pesawat nirawak kecil.

Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam penerapan metode Schrenk pada berbagai konfigurasi sayap pesawat nirawak dengan variasi geometri yang lebih kompleks. Selain itu, perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pengaruh faktor lingkungan seperti kecepatan angin dan ketinggian penerbangan terhadap akurasi metode Schrenk. Penelitian juga dapat mengembangkan metode hibrida yang menggabungkan kelebihan metode Schrenk dan simulasi CFD untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam perhitungan distribusi beban aerodinamis.

  1. Home Page. home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies... Doi.OrgHome Page home page foundation profit organization govern digital object identifier system behalf agencies Doi Org
  1. #sayap pesawat nirawak#sayap pesawat nirawak
  2. #sayap pesawat lsu#sayap pesawat lsu
File size771.73 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test