LAPANLAPAN
Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi DirgantaraPrediksi dari beban aerodinamika yang terjadi pada sayap menjadi salah satu tahap yang penting dalam analisis struktur perancangan pesawat. Beberapa metode telah digunakan untuk mengestimasi besarnya beban aerodinamika pada sayap. Metode Schrenk umum digunakan untuk estimasi cepat perhitungan besar distribusi gaya angkat di sepanjang sayap. Guna mencapai tingkat akurasi yang tinggi dari prediksi aerodinamika, simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan berbasis persamaan Navier-Stokes dapat digunakan. Pesawat nirawak LSU dipilih untuk merepresentasikan analisis aerodinamika pada pesawat nirawak dengan konfigurasi twin-tailboom pusher. Fokus dari studi yang dilakukan adalah untuk memverifikasi dari metode pendekatan dari Schrenk dengan menggunakan metode yang memiliki akurasi tinggi seperti simulasi CFD. Tujuan dari studi adalah untuk menghitung distribusi gaya angkat sepanjang sayap dan menentukan seberapa besar error dari kedua metode.
Dalam kasus profil sayap pesawat nirawak kecil, deviasi tertinggi terjadi saat distribusi mencapai ujung sayap.Metode Schrenk cenderung menghasilkan nilai yang lebih tinggi di ujung sayap karena kontribusi distribusi gaya angkat planform.Namun, hasil metode Schrenk menunjukkan kesamaan dengan simulasi CFX.Dengan demikian, kedua hasil tersebut telah diverifikasi dalam analisis pembebanan sayap pesawat nirawak kecil.
Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam penerapan metode Schrenk pada berbagai konfigurasi sayap pesawat nirawak dengan variasi geometri yang lebih kompleks. Selain itu, perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pengaruh faktor lingkungan seperti kecepatan angin dan ketinggian penerbangan terhadap akurasi metode Schrenk. Penelitian juga dapat mengembangkan metode hibrida yang menggabungkan kelebihan metode Schrenk dan simulasi CFD untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam perhitungan distribusi beban aerodinamis.
| File size | 771.73 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
AIRAAIRA Karya mendatang akan melibatkan peningkatan berulang dan integrasi dengan fitur seperti umpan balik pelanggan dan analitik data untuk lebih menyempurnakanKarya mendatang akan melibatkan peningkatan berulang dan integrasi dengan fitur seperti umpan balik pelanggan dan analitik data untuk lebih menyempurnakan
LAPANLAPAN Sistem lateral-directional autopilot untuk pesawat LSU-05 menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan data preliminary. Autopilot roll attitude holdSistem lateral-directional autopilot untuk pesawat LSU-05 menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan data preliminary. Autopilot roll attitude hold
LAPANLAPAN Pada penelitian ini digunakan pegas dengan kekakuan k = 120.000 N/m, faktor redaman = 0,0503 dan massa muatan (m) = 10,5 kg, dengan percepatan sebesarPada penelitian ini digunakan pegas dengan kekakuan k = 120.000 N/m, faktor redaman = 0,0503 dan massa muatan (m) = 10,5 kg, dengan percepatan sebesar
LAPANLAPAN Analisis dilakukan pada sudu SKEA 50 kW LAPAN. Rotor dipasang pada menara setinggi 18 m. Dengan menggunakan Modifikasi dari Gerak Lurus Berubah BeraturanAnalisis dilakukan pada sudu SKEA 50 kW LAPAN. Rotor dipasang pada menara setinggi 18 m. Dengan menggunakan Modifikasi dari Gerak Lurus Berubah Beraturan
Useful /
UKIPUKIP Kerangka penelitian ini mengacu pada konsep Triple Bottom Line dan Resource-Based View. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran denganKerangka penelitian ini mengacu pada konsep Triple Bottom Line dan Resource-Based View. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan
LAPANLAPAN Penebalan bagian tengah tabung dapat menurunkan tegangan bending dan buckling, tetapi ketebalan maksimum tidak boleh melebihi 10 mm untuk menghindari konsentrasiPenebalan bagian tengah tabung dapat menurunkan tegangan bending dan buckling, tetapi ketebalan maksimum tidak boleh melebihi 10 mm untuk menghindari konsentrasi
LAPANLAPAN Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh komposisi AP (AP halus (APh): AP kasar (APk)) terhadap sifat fluida slurry yang meliputiOleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh komposisi AP (AP halus (APh): AP kasar (APk)) terhadap sifat fluida slurry yang meliputi
LAPANLAPAN Star sensor adalah sensor untuk menentukan sikap satelit dengan akurasi tinggi. Star sensor memberikan data posisi bintang dengan cara membandingkan posisiStar sensor adalah sensor untuk menentukan sikap satelit dengan akurasi tinggi. Star sensor memberikan data posisi bintang dengan cara membandingkan posisi