PERADABANPERADABAN
Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaJurnal Dialektika Program Studi Pendidikan MatematikaAkhlak dan moral siswa yang semakin menurun merupakan salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang harus segera diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi integrasi agama dan sains dalam pembelajaran sebagai alternative solusi untuk masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh pembelajaran berbasis integrasi agama dan sains yang dilakukan menggabungkan disiplin ilmu yang serumpun, khususnya memasukkan nilai-nilai agama disetiap pembelajaran yang bertujuan selain untuk mengetahui pemahaman tentang materi, siswa juga dapat mengetahui nilai-nilai Islam yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari.
Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa Implementasi Integrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VI SDIT Harapan Umat Brebes meliputi tiga aspek yaitu klasifikasi kurikulum integratif pada pembelajaran matematika, pendekatan-pendekatan pada pembelajaran matematika, dan karakteristik kurikulum integratif pada pembelajaran matematika.Guru dalam melakukan pembelajaran di kelas sebelumnya menceritakan fenomena melalui cerita Islami yang menjadi pusat perhatian sebagai motivasi kepada siswa untuk bertanya dan mengetahui lebih lanjut mengenai materi yang akan dipelajarinya.Siswa memungkinkan untuk memahami fenomena dari segala sisi, sehingga hal itu akan lebih memberi makna kepada siswa.Selain itu, siswa memahami dari hasil belajarnya sendiri bukan sekedar dari apa yang disampaikan oleh guru di kelas, melainkan juga berdasarkan pengalaman diri sendiri, sehingga informasi dan pengetahuan yang diperoleh siswa menjadi lebih otentik.Oleh karena itu, dalam melaksanakan pembelajaran berbasis integrasi agama dan sains yang dilakukan ada korelasi konteks kehidupan nyata, karena pada akhirnya siswa harus mengetahui dan memahami kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama dan sains dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik yang menggabungkan sejumlah mata pelajaran dalam sebuah tema, serta mengaitkan materi matematika dengan nilai-nilai agama yang relevan. Selain itu, penting juga untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah sendiri, menemukan contoh-contoh, dan mencoba keterampilan-keterampilan dalam pembelajaran matematika berbasis integrasi agama dan sains. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya memahami konsep matematika, tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
| File size | 254.59 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1kv |
| DMCA | Report |
Related /
PERADABANPERADABAN Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematikaTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar matematika
PERADABANPERADABAN Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode mind mapping. HasilPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode mind mapping. Hasil
PERADABANPERADABAN Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar di setiap siklus. Rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 56,67 pada kondisiHasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar di setiap siklus. Rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 56,67 pada kondisi
PERADABANPERADABAN Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkanPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang berdasarkan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Pada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanianPada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanian
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu untuk demonstrasi praktis, workshop ini berhasil mencapai tujuannya untuk mempromosikan pilihanMeskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu untuk demonstrasi praktis, workshop ini berhasil mencapai tujuannya untuk mempromosikan pilihan
UNISMUHUNISMUH Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerjaPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja
UNISMUHUNISMUH 3) Terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum dan setelah diajar dengan menerapkan konsep accelerated teaching3) Terdapat peningkatan yang berarti antara motivasi belajar fisika siswa kelas X sebelum dan setelah diajar dengan menerapkan konsep accelerated teaching
Useful /
RUMAHJURNALRUMAHJURNAL Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah memanfaatkanTeknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah memanfaatkan
POLNESPOLNES Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis statistik sederhana. Data dikumpulkan melalui wawancara daring,Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis statistik sederhana. Data dikumpulkan melalui wawancara daring,
POLNESPOLNES Populasi penelitian tersebut pengunjung Objek Wisata Gunung Kelud, dengan total kunjungan pada tahun 2022 sebanyak 129.703 orang. Sampel dipilih menggunakanPopulasi penelitian tersebut pengunjung Objek Wisata Gunung Kelud, dengan total kunjungan pada tahun 2022 sebanyak 129.703 orang. Sampel dipilih menggunakan
UNISMUHUNISMUH Dalam penelitian ini tahap penyebaran (desiminate) dilakukan namun tidak sampai pada melihat hasilnya hanya pada sebatas pengemasan produk. Teknik pengumpulanDalam penelitian ini tahap penyebaran (desiminate) dilakukan namun tidak sampai pada melihat hasilnya hanya pada sebatas pengemasan produk. Teknik pengumpulan