KOMPETIFKOMPETIF

Jurnal Daya SaingJurnal Daya Saing

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli produk Baso Aci Ena Yogyakarta. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan 50 responden menggunakan purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai 0,00 dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai 0,03. Pada hasil uji F, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,00.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta.Kualitas Pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.Secara simultan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta.

Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kepuasan konsumen, seperti harga dan lokasi. Selain itu, penelitian dapat diperluas dengan menambahkan variabel lain seperti citra merek atau pengaruh media sosial terhadap kepuasan konsumen. Terakhir, studi komparatif antara UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta dengan UMKM serupa di daerah lain dapat dilakukan untuk melihat perbedaan dan kesamaan dalam faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen.

  1. #halal kualitas produk#halal kualitas produk
File size274.91 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test