KOMPETIFKOMPETIF
Jurnal Daya SaingJurnal Daya SaingTujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli produk Baso Aci Ena Yogyakarta. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan 50 responden menggunakan purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai 0,00 dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai 0,03. Pada hasil uji F, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,00.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta.Kualitas Pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.Secara simultan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta.
Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi kepuasan konsumen, seperti harga dan lokasi. Selain itu, penelitian dapat diperluas dengan menambahkan variabel lain seperti citra merek atau pengaruh media sosial terhadap kepuasan konsumen. Terakhir, studi komparatif antara UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta dengan UMKM serupa di daerah lain dapat dilakukan untuk melihat perbedaan dan kesamaan dalam faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen.
| File size | 274.91 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
KOMPETIFKOMPETIF Pengembangan kuliner lokal olahan ikan patin di Kampung Patin Koto Mesjid Kabupaten Kampar dipengaruhi oleh 14 faktor internal dan 13 faktor eksternalPengembangan kuliner lokal olahan ikan patin di Kampung Patin Koto Mesjid Kabupaten Kampar dipengaruhi oleh 14 faktor internal dan 13 faktor eksternal
KOMPETIFKOMPETIF Pertama, citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning. Kedua, kualitas produk berpengaruhPertama, citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli ponsel Samsung pada mahasiswa Universitas Lancang Kuning. Kedua, kualitas produk berpengaruh
KOMPETIFKOMPETIF Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan hubungannya dengan masalah penelitian dan keberadaannya diJumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan hubungannya dengan masalah penelitian dan keberadaannya di
ILOMATAILOMATA Kualitas layanan dan harga memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian, sedangkan ketiga faktor tersebut berpengaruh lebih kuat terhadapKualitas layanan dan harga memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian, sedangkan ketiga faktor tersebut berpengaruh lebih kuat terhadap
Useful /
KOMPETIFKOMPETIF Harga tidak memengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online di Shopee. Ulasan produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Harga tidak memengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online di Shopee. Ulasan produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
KOMPETIFKOMPETIF Bisnis ritel masih diminati oleh banyak pelaku bisnis, salah satunya karena peluang mendapatkan keuntungan yang masih tinggi, sebagaimana data ritel salesBisnis ritel masih diminati oleh banyak pelaku bisnis, salah satunya karena peluang mendapatkan keuntungan yang masih tinggi, sebagaimana data ritel sales
ILOMATAILOMATA Teknologi ini memiliki potensi untuk mengubah secara mendasar profesi akuntansi dan meningkatkan kepercayaan dalam komunitas bisnis. Penggunaan blockchainTeknologi ini memiliki potensi untuk mengubah secara mendasar profesi akuntansi dan meningkatkan kepercayaan dalam komunitas bisnis. Penggunaan blockchain
ILOMATAILOMATA Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh Rasio Kecukupan Modal (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) dengan pemoderasi Rasio Kredit Bermasalah (NPL)Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh Rasio Kecukupan Modal (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) dengan pemoderasi Rasio Kredit Bermasalah (NPL)