45MATARAM45MATARAM

JURNAL ECONOMINAJURNAL ECONOMINA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan pelanggan dapat mempengaruhi hubungan dari kualitas layanan, kualitas produk dan harga yang ada dalam proses usaha restaurant Mie Gacoan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian kuantitatif dan untuk memperoleh sample dalam penelitian ini penulis menggunakan metode purposive sampling. Besaran sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 125 responden dan terfokus pada pelanggan Mie Gacoan yang juga mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Variabel kualitas layanan, Variabel kualitas produk dan Variabel harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel kualitas layanan dan Variabel kualitas produk terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Pelanggan sedangkan Variabel harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Variabel Kepuasan Pelanggan. Variabel Kepuasan Pelanggan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Sehingga variabel Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi variabel kualitas layanan dan variabel harga tetapi mampu memediasi variabel kualitas produk. Penulis menyadari bahwa dalam penelitian ini mempunyai kekurangan dan keterbatasan, meskipun begitu penulis mengharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Penelitian ini dapat digunakan untuk memperkaya pengetahuan dan melengkapi literatur mengenai analisis Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada produk Mie Gacoan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dimana penulis menganalisis terkait Kualitas Layanan sebagai variabel X1, Kualitas Produk sebagai variabel X2, Harga sebagai variabel X3, Kepuasan Pelanggan sebagai variabel Y dan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel Z sehingga penulis menarik kesimpulan sebagai berikut.Kualitas Layanan tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Kualitas Produk tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.Kualitas Layanan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan 5.Kualitas Produk terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan 6.Harga tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Kepuasan Pelanggan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan 8.Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan 9.Kepuasan Pelanggan mampu memediasi Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan 10.Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan.

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah penulis uraikan, maka saran yang dapat direkomendasikan adalah: 1. Bagi Peneliti Selanjutnya: a. Dalam penelitian selanjutnya disarankan untuk mengambil sample yang lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk keakuratan data yang lebih baik dalam penelitiannya. b. Melakukan penelitian yang berkelanjutan, hal ini agar dapat melihat dan menilai setiap perubahan perilaku responden dari waktu ke waktu. c. Diharapkan adanya variabel lain yang mungkin juga mempengaruhi banyak hal dalam penelitian ini. 2. Bagi Perusahaan: a. Diharapkan perusahaan lebih meningkatkan kualitas layanan, kualitas produk yang diberikan kepada pelanggan. b. Adanya inovasi menu agar loyalitas pelanggan tetap terjaga.

  1. Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan... doi.org/10.17358/jabm.5.2.231Pengaruh Pengetahuan Konsumen Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan doi 10 17358 jabm 5 2 231
  2. PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI... doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5658PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO JEK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI doi 10 24036 jmpe v1i4 5658
  1. #variabel x#variabel x
  2. #kualitas produk promosi#kualitas produk promosi
Read online
File size650.32 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test